Skip to content

FPU Indonesia Serahkan Zakat Kepada Masyarakat IDP Camp di Darfur

September 21, 2009
Dankon FPU Indonesia secara simbolik menyerahkan zakat

Dankon FPU Indonesia secara simbolik menyerahkan zakat

Internally Displaced Person (IDP) camp adalah suatu wilayah yang digunakan untuk menampung pengungsi dari masyarakat lokal dalam suatu negara. Di kota El Fasher, Darfur Utara ini terdapat tiga IDP camp besar yang masing-masing ditinggali oleh puluhan ribu jiwa, yaitu IDP camp Abu Shouk, El Salam, dan Zamzam. Masyarakat yang tinggal di IDP camp ini terusir dari perkampungan asal mereka ketika terjadi peperangan antar faksi dan milisi pemerintah Sudan yang sudah berlangsung sejak tahun 2003 yang lalu sehingga telah memakan banyak korban jiwa serta menghancurkan rumah-rumah tinggal di tempat asal mereka. Karena pengungsian ini sudah lama sekali keberadaannya, sehingga pemandangan yang tampak seperti layaknya perkampungan biasa.

Di camp-camp IDP inilah basis pelaksanaan tugas FPU Indonesia, terutama di IDP camp Abu Shouk dan El Salam. Setiap hari kami mengawal sejumlah Police Adviser yang melakukan kegiatan community policing. Sehingga kita pun dapat berinteraksi dengan masyarakat di camp ini. Melihat dari dekat bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kehidupan dalam suasana yang serba kekurangan. Mereka sangat tergantung pada bantuan dari badan-badan kemanusiaan di bawah PBB maupun LSM-LSM internasional. Baik berupa air bersih, makanan, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Seiring dengan kondisi itulah, pada akhir bulan ramadan yang lalu Satgas FPU Indonesia telah memberikan bantuan berupa penyerahan zakat fitrah, zakat mal, infaq, sodagoh, dan pakaian bekas layak pakai kepada masyarakat IDP camp. Ternyata hasil zakat dan infaq yang terkumpul lumayan besar, yaitu berupa uang sekitar 5500 SDG (Sudanese Pound) atau senilai 23 juta rupiah, selanjutnya dari logistik kontingen pada saat yang bersamaan juga menyerahkan bingkisan berupa bahan makanan pokok, tikar, dan sajadah. Kesemua zakat dan bantuan ini dibagi kepada dua masjid yang nantinya akan diteruskan kepada masyarakat di IDP camp Abu Shouk dan El Salam.

Tentu saja jumlah bantuan itu masih jauh dari mencukupi kebutuhan pokok masyarakat IDP camp, tapi kami berharap semoga setidaknya dapat meringankan beban kehidupan mereka. Walaupun pada hari Raya Idul Fitri ini, kami juga tidak dapat berkumpul dan merayakannya dengan keluarga, namun kami tetap ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat IDP camp di Darfur. Masyarakat yang telah menjadi bagian dari tugas dan kehidupan kami setahun terakhir. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita diterima Allah Swt.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: