Skip to content

Penugasan Pasukan Garuda Bhayangkara di Darfur Sudan

December 23, 2008

fpu

Pemerintah Indonesia khususnya dalam hal ini Polri, tahun 2008 ini telah mengirimkan satu kontingen Satuan Tugas Formed Police Unit (FPU) ke Sudan sebagai bagian dari peacekeeping force dibawah bendera PBB. Satuan tugas ini tergabung dalam UNAMID (United Nations African Union Hybrid Mission In Darfur) seperti yang tertera dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1769. Pengiriman satgas FPU ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mengemban amanat pendiri bangsa yang tercantum pada pembukaan UUD 1945 alenia yang keempat. Hal ini merupakan yang pertama bagi Polri untuk mengirimkan pasukan dalam jumlah besar dalam sebuah Peacekeeping Operation. Selama ini Polri lebih banyak mengirimkan personelnya secara individual sebagai UN Civillian Police. Selanjutnya satuan tugas ini dinamakan Kontingen Garuda Bhayangkara I.

Formed Police Unit (FPU) adalah sebuah satuan tugas yang terdiri dari 140 personel polisi berseragam yang memiliki ketrampilan khusus kepolisian, seperti dalam pengendalian massa, menggunakan persenjataan dengan dibekali teknik dan taktik pertempuran kota, pembebasan sandera, serta mempu mengatasi gangguan keamanan bersenjata dalam tingkat intensitas resiko yang tinggi, dan mampu bergerak dengan cepat di dalam lingkup area penugasan misi perdamaian PBB.

Konflik di Darfur sendiri meletus pada tahun 2003, yang menyebabkan 2,7 juta manusia terpaksa mengungsi di IDP (Internally Displaced Persons) camps, dan sekitar 300 ribu orang terbunuh akibat konflik berkepanjangan yang melibatkan faksi-faksi pemberontak yang melawan pemerintah Sudan. Dimana pemerintah Sudan sendiri menggunakan milisi bayaran dari suku keturunan Arab yang dikenal sebagai “Janjaweed” untuk menghadapi pemberontak yang berasal dari suku asli Afrika itu.

Tugas-tugas yang diemban FPU antara lain yaitu memberikan dukungan kepada individual Police officer PBB untuk melaksanakan program-programnya, memberikan perlindungan kepada personel PBB, fasilitas, instansi, perlengkapan, serta memberikan keamanan untuk pergerakan staf PBB dan pekerja kemanusiaan Internasional, memberikan perlindungan kepada komunitas sipil yang rentan terhadap ancaman tindak kekerasan dengan melakukan patroli “confidence building” dan pengawalan, memberikan kontribusi keamanan di lingkungan IDP (Internally Displaced Persons) camps serta mendorong para pengungsi lokal dalam IDP itu untuk kembali ke tempat tinggalnya masing-masing, serta tugas-tugas kepolisian lain seperti Pengendalian massa dan Pengawalan VIP.

Saat ini FPU Indonesia I atau Kontingen Garuda Bhayangkara I memiliki Area Of Rensponsbility (AOR) di Kota El Fasher, ibukota North Sector Darfur. Indonesia merupakan FPU kedua yang berada di Darfur setelah FPU Bangladesh yang ditempatkan di kota Nyala, South Sector. Keseluruhan seharusnya ada 19 FPU yang direkomendasikan oleh UNAMID. Sejak di “deploy” pada tanggal 12 Oktober 2008, telah cukup banyak tugas-tugas yang dilaksanakan. Tugas rutin yang sementara ini menjadi tanggung jawab FPU Indonesia adalah pengawalan Police Adviser Unamid untuk melaksanakan Community Policing di tiga IDP camps besar di El Fasher, yaitu Al Salaam, Abu Shouk, dan Zam zam, serta Patroli malam yang dilakukan gabungan dengan unsur militer dari Rwanda Defense Force. Sebagai Komandan kotingen Garuda Bhayangkara I adalah Akbp. Drs. Johni Asadoma, M. Hum dan sebagai Wadan Akbp. Reinhard Hutagaol, Sik. Dimana berita-berita terkini seputar penugasan FPU Indonesia ini dapat dimonitor dari blog beliau di http://reinhardjambi.wordpress.com

 

21 Comments leave one →
  1. December 25, 2008 10:23 am

    Hebat…Indonesia juga harus aktif berperan mewujudkan kedamaian di dunia. salut buat anggota POLRI dan TNI yang berada di Darfur jadilah Pahlawan Indonesia. Indonesia really need a hero. semoga sukses.

  2. December 28, 2008 2:19 am

    Bravo kepolisian Indonesia yang telah mengirimkan pasukan perdamian di bawah bendera PBB, hal itu sangat bagus sekali dan saya pun sebagai jurnalis mendukung, Pengiriman satgas FPU ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mengemban amanat pendiri bangsa yang tercantum pada pembukaan UUD 1945 alenia yang keempat. Hal ini merupakan yang pertama bagi Polri untuk mengirimkan pasukan dalam jumlah besar dalam sebuah Peacekeeping Operation. Selama ini Polri lebih banyak mengirimkan personelnya secara individual sebagai UN Civillian Police. Good Like

  3. January 23, 2009 5:34 pm

    GBU ALL…. MY Husband juga lho… Pasti kenal… Hmmmm His name…. Ssstttt a secret…!!! Good Luck!!!

  4. Briptu Diki Syahputra permalink
    April 1, 2009 11:06 am

    hebat pasukan garuda bhayangkara I, semoga saya dapat segera ,menyusul. sekedar informasi saya merupakan Pers Polda sumut yang telah diseleksi oleh PBB untuk menjadi Pol Adviser. 14 pers lain bahkan sudah berangkat ke sudan ( AKBP Marua Siagian,dkk). Sampai saat ini saya masih menyimpan harapan agar bisa bergabung dengan teman teman disana.

    • Sigit C.W.U permalink
      October 12, 2009 1:07 pm

      kapan yah kita bisa berangkat kesana teman.sampe skr belum ada panggilan negara.kita tunggu aja giliran kita.ok bro bravo POLRI

  5. hendra permalink
    April 28, 2009 10:03 am

    POLRI ….. harus memperbaiki citra INSTITUTNYA ,,,, dengan pengiriman POLRI ke SUDAN polri sudah punya prestasi yg luar biasa yg di percaya oleh PBB untuk mengirim anggotanya ke SUDAN dalam mengemban tugas perdamaian dan keamanan DUNIA ….. !!!!

  6. September 15, 2009 3:50 pm

    Saya Bangga bisa bergabung dengan polri,saya juga pernah berangkat ke daerah operasi dan bergabung dalam operasi tegak rencongI,ijinkan saya untuk lebih mengabdi pada negara ina dan berangkat bersama rekan rekan disana,saya dari polres brebes.

  7. September 15, 2009 3:56 pm

    Briptu Eko Prasetiyo Nrp 81060892 Polres Brebes,ijinkan saya bergabung dan lebih mengabdi pada negara dan bangsa indonesia

  8. Sigit C.W.U permalink
    October 12, 2009 1:04 pm

    saya setuju dengan briptu diki syahputra.kita2 udah lolos seleksi police adviser oleh PBB cuma nunggu panggilan Negara Indonesia untuk bisa bergabung dengan rekan2 yang telah berangkat duluan untuk mengabdi pada negara dengan membawa bendera merah putih ke sudan untuk menciptakan perdamaian disana. BRAVO KEPOLISIAN INDONESIA…. salam BRIGADE

  9. November 4, 2009 6:53 pm

    BRAVO GARUDA BHAYANGKARA
    MUDAH-MUDAHAN SUATU SAAT NANTI SAYA BISA MENGIKUTI JEJAK PARA SENIOR MENGHARUMKAN MERAH PUTIH DI DUNIA INTERNASIONAL

  10. BRIPTU MUHAMAD RIYADI permalink
    February 9, 2010 1:35 pm

    semoga polisi INA makin jaya dan mudah-mudahan saya bisa mengemban tugas yang mulia yaitu menjadi pasukan penjaga perdamaian.

  11. BRIPTU MUHAMAD RIYADI permalink
    February 9, 2010 1:40 pm

    semoga polisi INA makin jaya dan mudah-mudahan saya( BRIPTU M.RIYADI DIT PAM PAR POLDA YOGYAKARTA)bisa mengemban tugas yang mulia yaitu menjadi pasukan penjaga perdamaian dan mengharumkan nama baik bangsa.

  12. August 28, 2010 1:42 pm

    ijin,…..
    kapan ada penerimaan pasukan garuda?…..
    kalau ada kabar,saya mohon informasinya….
    nama : FERROW.BRAEVY.ROEY
    pangkat/nrp : BRIPTU/88O8OO88
    tinggi/berat badan : 175 cm / 76 kg
    tempat tugas : POLDA MALUKU UTARA

    mohon info’nya….
    thank’s….
    BRAVO POLRI…………….

  13. BRIPDA EDHO PERMAN permalink
    December 11, 2010 5:33 pm

    Saya ingin bergabung dengan Formed Police Unit,,saya menunggu rekruitmen di Polda Jateng..
    -BRIPDA EDHO PERMANA, Reskrim, Polsek Semarang Tengah

  14. BRIPDA EDHO PERMANA permalink
    December 11, 2010 5:35 pm

    Insyaallah saya siap … saya menunggu rekruitmen Garuda Bhayangkara di Polda Jateng..

  15. BRIPDA EDHO PERMANA permalink
    December 11, 2010 5:37 pm

    Insyaallah saya siap … saya menunggu rekruitmen Garuda Bhayangkara di Polda Jateng..
    edhopermana@gmail.com

  16. July 12, 2012 10:36 am

    insaalloh sy menyusul utk fpu V hbs lebaran lat pra ops, mdh2hn di berikan kelancaran dan kesehatan amin,,,,,,slm bt semua kontingen garuda bayangkara, polri semakin jaya.

  17. September 1, 2012 3:14 am

    saya sudah ikut seleksi FPU V tingkat polda tp gak lulus,mohon sarannya para senior dan rekan2 bagaimana caranya biar bisa lulus….BRIPTU RAHMAT POLDA JAMBI

  18. Bripka Bapong permalink
    October 1, 2012 8:41 am

    Bravo bhayangkara Indonesia, makan kami FPU INDONESIA V agar sukses dalam melaksanakan tugas di darfur , Sudan..

  19. IPTU Jendrival,SH permalink
    October 21, 2012 9:38 am

    Saya Iptu Jendrival,SH dr Satbrimob Polda Sumbar skrg sedang melaksanakan Pre Training Mission Garuda Bhayangkara III FPU INDONESIA V di Police Language Center (SEBASA) Polri, Pusat Pelatihan Multifungsi Polri Cikeas dan skrg sdg melaksanakan Aplikasi di Pelabuhan Ratu, Sukabumi smpai tgl 24 okt nanti.
    Yang pasti,merupakan suatu kehormatan &kebanggaan bagi sy pribadi,keluarga dan kesatuan asal bs bergabung dlm Satgas Garuda Bhayangkara FPU V dibawah bendera PBB sbg UN PEACE KEEPER yg dlm wkt dekat akan dikrm ke Darfur,Sudan.
    Saya tergabung dlm BRAVO PLATOON as CHIEF OF UNIT 1,
    FPU V…. huya…huya…huya

  20. yossy permalink
    November 7, 2012 8:27 pm

    saya bripka yossy dari Detasemen gegana Satbrimob Polda kaltim yang sekarang tergabung di PASUKAN GARUDA INDONESIA V 2012 bersama rekan dari beberapa polda di seluruh indonesia,merasa bangga tentunya secara tidak langsung membawa nama satuan pada umunya dan keluarga pada khususnya.mohon doa restu dari rekan-rekan seprofesi di seluruh antero Indonesia khususnya NNZZ dan SPDT…salam peacekeeper!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: