Skip to content

Penjaga Rumah Yang Setia

December 8, 2008

Masalah keamanan dewasa ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang amat penting. Terutama bagi sebagian masyarakat yang tinggal di kota besar dengan karakteristik intensitas tindak kriminal yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan kebutuhan akan rasa aman menjadi primer dan sudah barang tentu sebanding dengan cost yang harus dikeluarkan. Penyedia jasa keamanan melihat hal ini sebagai sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan menawarkan jasa tenaga-tenaga keamanan (security) tidak hanya di lingkungan perkantoran, pusat perbelanjaan, melainkan merambah sampai komplek perumahan hiingga rumah tinggal pribadi. Penggunaan jasa manusia sebagai tenaga keamanan, khususnya pada tempat hunian, memang tidak dapat digantikan dengan alat apapun. Namun mengingat secara alamiah, manusia memiliki keterbatasan, maka penggunaan beberapa jenis hewan sebagai sarana penjaga rumah pun dapat diandalkan.

trouwehond1

Hewan yang dapat digunakan sebagai penjaga keamanan rumah yang setia dan sudah lazim adalah anjing. Anjing merupakan hewan sosial, kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing dapat dilatih, diajak bermain, dan tinggal bersama manusia sebagai tuannya. Kesetiaan dan pengabdian anjing kepada sang majikan, bahkan dapat menjadikannya sangat berbahaya apabila bertemu dengan orang asing atau orang yang memiliki niat jahat terhadap majikannya. Indera pendengaran anjing sangat peka pada suara frekuensi rendah 16-20Hz (manusia hanya mendengar frekuensi 20-70 Hz), dan suara frekuensi tinggi dari 70-100 kHz (manusia hanya dapat mendengar frekuensi 13-20 kHz). Anjing juga memiliki indera penciuman yang sensitif terhadap bau. Kelebihan-kelebihan inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai penjaga rumah yang setia.

angsa

Binatang lain yang memiliki naluri sebagai penjaga yang baik adalah angsa. Angsa adalah sebangsa burung air yang memiliki populasi tersebar di daerah subtropis. Di negara kita spesies angsa ini biasanya memiliki bulu berwarna putih dan berleher panjang, dengan ukuran badan sekitar 2-3 kali ukuran badan bebek biasa. Angsa memiliki suara yang khas, sambil menjulurkan lehernya yang panjang ke arah datangnya manusia/makhluk lainnya. Angsa tak kenal kompromi, jangankan terhadap gerakan orang lain bahkan terhadap pemiliknya sendiri pun dia akan berteriak dan mendatanginya. Indera inilah yang dapat dimanfaatkan dengan menempatkan angsa di sudut-sudut tertentu atau bagian dari rumah yang perlu mendapat perhatian.

Nah sekarang silakan anda memilih, jasa keamanan apa yang akan anda gunakan sebagai penjaga rumah yang setia !

3 Comments leave one →
  1. December 9, 2008 8:19 pm

    Mungkin kalau polling, anjing penjaga masih nomor urut satu sebagai penjaga rumah yang setia. Setelah baca artikel Dan, teringat lagi adanya rencana RUU tentang Keamanan Negara dan Keamanan Nasional (padahal apa bedanya ya..?) yang bikin rumit saja. Ternyata ada yang ingin kebagian “Job” sebagai penjaga keamanan DAGRI. Banyak orang yang syirik dengan kewenangan polisi.. Bukankah Polri yang paling setia sejak negara ini berdiri? Kenapa tidak fokus saja pada cita-cita bangsa ya..? Aya..aya wae.. BTW, salam dari Jakarta, Dan.

    @ Roganda : Iya bro, kalo dah begitu politis jadinya, kuat2an di tingkat atas sono no..🙂 Wah saya kira dulu bergabung kesini ternyata dah sekolah duluan, okelah sukses ya..

  2. arvinwa permalink
    December 17, 2008 10:26 pm

    Saya kebetulan senang dg anjing, dan sangat setuju kalau anjing saat ini sebagai hewan yang dapat membantu menjaga. Pernah ada pengalaman dengan anjing penjaga Mas ?

    @ arvinwa : makasih udah mampir mas, kebetulan saya pribadi belum pernah memelihara anjing, tapi temen2 saya ada beberapa yang menggunakan anjing untuk membantu menjaga rumah.

  3. gagarin permalink
    August 15, 2009 11:33 pm

    Kami punya kandang ayam di ladang dan dikompleks itu kami juga menaruh angsa. Maksudnya supaya bisa sebagai penjaga.namun beberapa waktu lalu ayam kami hilang dan tidak ada bunyi ayam maupun angsanya.Apakah ada yang membuat angsa tak berdaya, misalnya ayam dgn bawang jadi tidak berkutik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: