Skip to content

Eksotisme Wisata Alam di Kep. Karimun Jawa

August 1, 2008
tags:

Sekitar pertengahan tahun 2007, saya mendapat kesempatan untuk mendampingi para Taruna melakukan latihan Scuba Diving di Karimun Jawa. Lokasinya berada di sebelah utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, meskipun belum dioptimalkan sebagai obyek wisata oleh Pemerintah, namun kepulauan ini mempunyai eksotisme keindahan alam yang memukau. Kep. Karimun Jawa ini lebih dikenal sebagai lokasi wisata penyelaman. Kepulauan Karimunjawa terdapat rangkaian 27 pulau. Dari 27 pulau itu, lima di antaranya dihuni penduduk, yaitu Pulau Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk, dan Genting. Sebagian besar penduduk fokus pada sektor perikanan.

Diperlukan waktu sekitar 6-7 jam berangkat dari pelabuhan Kartini Jepara menggunakan KM Muria menyeberangi laut untuk tiba di Kep. Karimun Jawa. Kapal ini beroperasi 2 kali seminggu. Apabila ingin lebih cepat, bisa berangkat dengan Kapal Cepat Kartini, memerlukan waktu sekitar 2-3 jam dari Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang. Keberangkatan menuju Kepulauan Karimunjawa, baik dari Jepara maupun Semarang, hanya berlangsung dua kali dalam seminggu. Salah satunya, hari Sabtu pukul 09.00 WIB.

Pada saat saya disana selama kurang lebih satu minggu, saya tinggal di sebuah homestay. Karimun Jawa ini memiliki sekitar 20 homestay dengan kapasitas yang berbeda-beda. Kalo menurut saya homestay-homestay ini merupakan cikal bakal hotel-hotel nantinya, apabila lokasi wisata ini dikelola dengan baik sehingga semakin ramai dengan wisatawan. Namanya juga daerah dengan potensi utama perikanan, jadi setiap kali makan lauk pauknya tidak pernah jauh dari makanan jenis ikan. Bisa jadi makan pagi dengan ikan digoreng kering, siangnya dibikin sup ikan, dan malam harinya ikan dibakar. Jadi intinya ya ikan-ikan juga. Karimun Jawa juga dijadikan sebagai Taman Nasional, sehingga berbagai jenis flora masih tumbuh secara alami disini.

Jadi apabila ada kesempatan, terutama anda yang memiliki hobby menyelam, menginginkan suasana alam yang masih natural, silakan berkunjung dan berlibur di pulau ini. Saya yakin anda akan ketagihan untuk datang lagi dan lagi di kepulauan ini.

4 Comments leave one →
  1. August 2, 2008 2:45 pm

    bener pak, pulaunya masih “perawan”.. namun mungkin belum begitu dioptimalkan. Setau saya yang bermain di sana adalah dari kalangan swasta…

  2. cantigi permalink
    August 2, 2008 7:24 pm

    ini keren bgt..
    tugas, jalan2, scuba diving, foto2..
    *kapan ya mas wahyu ngajak saya*
    wew.. mantap bro..😀

  3. August 5, 2008 1:50 pm

    wah ternyata dalamnya cantik juga ya, selama ini cuma lewat aja ! salam kenal pak polisi !

    @ gusti27 : makasih, salam kenal kembali.

  4. nun1k04a permalink
    August 20, 2008 11:43 am

    artikel anda :

    http://pariwisata.infogue.com/
    http://pariwisata.infogue.com/eksotisme_wisata_alam_di_kep_karimun_jawa

    promosikan artikel anda di http://www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: