Skip to content

Latihan Search And Rescue (SAR) Taruna Akpol

July 11, 2008

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki tingkat kerawanan terhadap berbagai bencana alam yang cukup tinggi. Seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, dan banjir, yang seringkali terjadi di berbagai tempat di tanah air. Untuk mengantisipasi sedini mungkin kerugian yang diakibatkan oleh bencana khususnya bencana alam maka di upayakan penanggulangan bencana alam secara maksimal, penyelamatan, rehabilitasi, dan rekonstruksi baik sebelum, pada saat, dan setelah terjadi. Maka upaya penanggulangan bencana merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya pembangunan itu sendiri, sebab kejadian yang di timbulkan oleh bencana merupakan salah satu kendala dalam pelaksanaan pembangunan, karena dapat menimbulkan korban jiwa, harta benda, sarana dan prasarana umum.

Polri sebagai salah satu ujung tombak dalam penanganan bencana, memiliki tugas fungsi kepolisian dalam memberikan pertolongan terhadap korban bencana, maka Taruna Akpol diberikan pelatihan Search And Resque (SAR), yang merupakan salah satu wujud nyata untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang penanggulangan bencana alam.

Pelatihan ini biasanya dilakukan pada saat Taruna memasuki tahap akhir tingkat I, dan mengambil lokasi di wilayah kabupaten Temanggung – Banjarnegara, Jawa Tengah selama 4-5 hari. Materi latihan berupa pertolongan pertama terhadap korban bencana, rapling dan mounteneering, arung jeram, aplikasi peta kompas, dan beberapa materi lain yang mendukung. Dengan bekal ketrampilan ini, diharapkan Taruna Akpol dapat melaksanakan tugas-tugas kepolisian yang menuntut kemampuan untuk memberikan pertolongan kepada korban bencana alam.

5 Comments leave one →
  1. October 28, 2008 1:10 pm

    kren abiss………..

  2. February 20, 2009 10:19 am

    pelatihan itu dilakukan dengan cara bagai mana?apakah dngn waktu yang menentukan atau fisik yang ditunggu atau bagai mana pak?
    dengan [pelatihan yang sudah2, kelemahan yang sering terjadi disegi mana ya pak?tlg djawab ke email saya .please

  3. imam syafii permalink
    October 29, 2009 9:08 am

    sy dr akpelni,,

    sy dukung taruna/taruni akpol,,,,
    itu kegiatan yang positif ,, dan pasti nantinya bisa berguna bagi masyarakat,, tapi menurut saya waktu nya harus d tambah dan tempat nya
    stiap tahun nya berganti,,,
    dan saya apabila bisa kami dari unit kegiatan kami yaitu rangers cops ingin sekali ikut bergabung,,,

  4. January 12, 2010 8:49 pm

    buat bangkit dananjaya yang enak tuh sambil menyelam minum teh botol

  5. September 10, 2012 2:05 am

    SELAMAT BERTUGAS @@

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: