Skip to content

Akpol 2009 menerima Taruna dari sumber Sarjana dan SMA

April 23, 2009

tarunaDalam rangka mendukung kebijakan akselerasi transformasi kultural pada Program Quick Wins Kapolri, untuk rekrutmen Polri yang bersih, transparan dan akuntabel, maka saya postingkan info terbaru untuk penerimaan Taruna Akpol tahun 2009. Seluruh rangkaian kegiatan penerimaan dan seleksi tidak dipungut biaya. Tahun 2009 ini direncanakan Polri akan menerima Taruna dengan input sumber Sarjana S1/S2 dan lulusan SMA. Ketentuannya sebagai berikut :

PERSYARATAN UMUM

Warga Negara Indonesia (Pria dan Wanita).

Beriman dan bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang–Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan.

Sehat jasmani dan rohani.

Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian.

PERSYARATAN CALON

1. Calon Taruna Sumber SMA/Sederajat :

 Berijazah SMA/sederajat jurusan IPA/IPS.

Umur Maksimal pada saat pembukaan pendidikan 21 (dua puluh satu) tahun.

Telah berdomisili di wilayah Polda pendaftaran minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP setempat dan KK atau Raport yang disyahkan oleh kepala sekolah yang bersangkutan.

Bagi lulusan SMA/sederajat diluar daerah asalnya dapat mendaftarkan diri didaerah asal/daerah kelahiran yang dibuktikan dengan Akte kelahiran setempat atau KTP.

Belum pernah Nikah dan sanggup tidak Nikah selama dalam Pendidikan Pembentukan.

2. Calon Taruna Sumber Sarjana :

Berijazah serendah-rendahnya Sarjana / S1

Berasal dari Perguruan Tinggi dengan program studi yang terakreditasi A dan B serta menyerahkan transkip nilai dengan IPK Min 2,75 (dua koma tujuh lima) untuk S1 dan 3,0 (tiga koma nol) untuk S2.

Disiplin ilmu yang dipersyaratkan yaitu :

- Fak. Hukum jurusan : Ilmu Hukum

- Fak. Fisip jurusan : Antropologi Sosial, Hub Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Kriminologi dan Sosiologi.

Usia Maksimal pada saat pembukaan pendidikan adalah :

- Lulusan S1 : 28 tahun

- Lulusan S2 : 30 tahun

3. Calon Taruna Sumber Brigadir Polri :

Brigadir Polri yang telah mempunyai masa dinas 1 (satu) tahun terhitung setelah masa magang.

Berijazah SMA/sederajat jurusan IPA/IPS.

Melampirkan Daftar penilaian (Dapen) dengan nilai minimal 75 (tujuh puluh lima) dan Surat Keterangan Hasil Penelitian (SKHP) dari yang berwenang

Usia Maksimal pada saat pembukaan pendidikan 24 (dua puluh empat) tahun.

Bagi calon yang sedang melaksanakan tugas khusus di wilayah atau diluar satkernya dapat mendaftar dilokasi satker/Panda setempat.

Bagi calon yang yang memiliki ijazah sarjana berlaku ketentuan penerimaan Calon Taruna Sumber Sarjana.

PERSYARATAN LAIN

Tinggi badan minimal dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku :

Untuk sumber penerimaan SMA dan Brigadir Polri :

- Pria : 163 (seratus enam puluh tiga) Cm

- Wanita : 160 (seratus enam puluh) Cm

Untuk sumber penerimaan sarjana S1/S2 :

- Pria : 160 (seratus enam puluh) Cm

- Wanita : 155 (seratus lima puluh lima) Cm

Bersedia menjalani IDP (Ikatan Dinas Pertama) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Inspektur Polisi.

Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun.

Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain.

Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/ karyawan/ anggota Polri :

- Mendapat persetujuan/ rekomendasi dari Kepala Jawatan/ Instansi/ Satker yang bersangkutan.

- Bersedia diberhentikan dari status pegawai/ karyawan/ anggota Polri, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol.

Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :

Di Tingkat Panda (Panitia Daerah) : Pemeriksaan Administrasi Awal, Pemeriksaan Kesehatan Tahap I, Pemeriksaan Psikologi, Pemeriksaan Kesehatan Tahap II, Tes kemampuan jasmani, Pemeriksaan Administrasi Akhir, Pengumuman kelulusan sementara.

Di Tingkat Pusat : Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan, Pemeriksaan Psikologi, Tes kemampuan jasmani, Pengujian akademis yang meliputi : (a) Tes Potensi Akademik (TPA) (b) Undang-undang Kepolisian (c) Bahasa Inggris

QUOTA

Jumlah peserta didik sebanyak 300 orang. Terdiri dari Sumber SMA/sederajat 200 orang (175 Pria dan 25 Wanita) dan sumber S1/S2 100 orang (75 Pria dan 25 Wanita).

LAMA PENDIDIKAN

Perwira Karir (Akpol) yang bersumber dari Sarjana S1 / S2 dengan nama Sekolah Inspektur Polisi, lamanya waktu pendidikan adalah 1 Tahun 4 Bulan.

Perwira Karir (Akpol) yang bersumber dari SMU dengan nama tetap Akpol, lamanya waktu pendidikan adalah 3 Tahun 4 Bulan.

PENDAFTARAN

Pendaftaran dimulai tanggal 4 Mei s/d 8 Juni 2009 di Polda seluruh Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat diperoleh di Biro Personel Polda /Polwil/ Polres setempat.

About these ads
234 Comments leave one →
  1. tree permalink
    April 23, 2009 8:42 pm

    Mohon ijin mau tanya pak..apakah yang pendaftaran akpol yg dari S1 tidak menerima dar jurusan ekonomi manajemen?tahunkemarin saya bisa ikut tapi hanya sampe pantokir panda..mhon petunjuknya?terima kasih

  2. Alex permalink
    April 24, 2009 4:52 am

    terimakasih infonya… saya mau nanya apakah jurusan ilmu pemerintahan termasuk juga dalam kriteria penerimaan akpol tahun 2009..soalnya nama jurusan saya tidak ada dalam kriteria di atas..tapi untuk bidang ilmu sebenarnya jurusan saya lebih ke arah ilmu politik…apakah ketika tes administrasi perbedaan nama bidang ilmunya akan menjadi pertimbangan juga??? n sekalian mau nanya juga dalam tes kesehatan apakah varices juga dipertimbangkan??? ada tips cara mengatasinya??? terimakasih atas perhatiannya Pak Polisi..

  3. RBP permalink
    April 24, 2009 4:29 pm

    trimakasih atas infonya mas, wah sumber sarjana S1/S2 namanya jadi SIP ya ? statusnya sama PPSS gimana mas? dan peluang karirnya dengan akpol sama tidak? ini sudah tetap mas peraturannya ? untuk jurusan yang sarjana memang fokusnya ke jurusan sosial ya..ok deh mas..trimakasih ya mas..balasan dari mas..sangat diharapkan..

    @ RBP : nanti berbeda pendidikannya dengan PPSS , PPSS akan tetap ada untuk bidang keilmuan yang lain, dan namanya Perwira Polri Bantuan Teknis (PPBT).

  4. renta siahaan permalink
    April 24, 2009 5:04 pm

    permisi…

    Koq lowongan untuk apoteker ga ada y??

  5. brata immanuel permalink
    April 24, 2009 10:31 pm

    Mohon di pikirkan kembali nasib kami pak putra-putri bangsa ini yang ingin mengabdi pada bangsa dan negara ini pak, mohon di rubah kembali syarat untuk mendaftar taruna akpol 2009?
    masa dari SMU bisa ikut daftar???
    S1 nya juga knapa disiplin ilmunya di rubah lagi???
    bagaimana jadinya sumber daya manusia polri ini kedepannya nanti???
    sudah bagus2 2 tahun kemaren dari S1 di rubah lagi? Ngga jelas sekali..
    (Apa karena ada anak pejabat polri/jenderal polri yang baru lulus SMU ya pak? karena kepentingan orang sesaat yang lain yang lebih baik jadi korban)
    terima kasih..

    • cesar rehoboth permalink
      May 11, 2009 11:26 am

      selama lulusan smu itu bisa berdedikasi dengan baik, knapa tidak

    • May 24, 2009 10:47 am

      Bos, sepertinya kl penjurusan tergantung kebutuhan. Kl jurusan yg tahun kemarin dibuka tapi tahun ini tidak mungkin kebutuhan untuk jurusan tersebut sudah terpenuhi dan akan dibuka jika memang dibutuhkan lagi. Logikanya seperti recruitment di PNS/BUMN aza

    • jemmy rafsan zani permalink
      May 28, 2009 1:18 pm

      Maaf pak bapak tidak boleh berpendapat sepihak seperti itu

      Jujur saya tamatan smu tahun 2009 saya juga ingin mengabdi pada negara

      Gimana dengan saya???

      Saya juga punya hak yang sama tentunya dengan orang 2 yg latar pendidikannya mungkin di atas ataupun dibawah saya

      Jadi coba bapak pikirkan matang 2 sebelum berbicara

  6. April 25, 2009 10:15 am

    Mau daftar udah telat (umur), hiks hiks …

  7. donny permalink
    April 25, 2009 2:22 pm

    siang pak, saya mo tanya… apakah dalam 2 kali(tahun 2008 dan tahun 2009 ) perekrutan personil polri yang bersumber dari S-1 (Akpol), ada menerima dari bidang kesehatan, misalnya dari jurusan Kedokteraan, Akper, Kesehatan masyarakat/penyuluh dll..?
    saya berkeinginan untuk bergabung di Polri, saya dari S-1 jurusan Kesehatan masyarakat, dan saran saya untuk tahun depan bapak Kapolri dapat menerima dari jurusan yang lain, Supaya Polri mendapat Energi baru dari S-1/S-2 yang handal dan energik. terima kasih.

    donny

    • Andy permalink
      April 30, 2009 5:57 pm

      Untuk jurusan km diterimanya di PPSS (Penerimaan Perwira Sumber Sarjana) utk penerimaan thn 2009 lama pendidikannya 6 bulan sudah jd pak pol deh….dengan pangkat Inspektur Satu (Ipda) gitu loh…ayo siapin berkasmu buruan daftar awal Mei’09, ok get luck…

      • R.A.anton permalink
        June 6, 2009 8:54 pm

        pak…klo berumur 18 apa bole mendaftar akpol??

        thankyue

    • May 24, 2009 10:48 am

      kl dari kedokteran, kesehatan ikut PPSS aja bos. udah buka tuh. Ini linknya

  8. m. agung. subkhi permalink
    April 25, 2009 9:48 pm

    pak, mohon informasinya di spesifikasikan. jadi memudahkan untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin.
    terimakasih..

  9. M.Royani Maulana SE permalink
    April 25, 2009 10:30 pm

    Kenapa untuk pendaftaran Taruna Akpol tahun ini tidak ada untuk sarjana ekonomi, padahal peminatnya lumayan banyak dari sarjana ekonomi?

    Kenapa penerimaan Taruna Akpol tahun 2009 lebih banyak SMU yang di terima ketimbang dari lulusan Sarjana?

  10. M.Royani Maulana SE permalink
    April 25, 2009 10:37 pm

    setahu saya Kepolisian mau meningkatkan sumber daya manusia (SDM)-nya.
    tapi kenapa untk penerimaan tahun ini malah lebih banyak lulusan SMU yang di terima,artinya percuma kami sekolah tinggi-tinggi, tapi tetap kalah pamor sama Lulusan SMU. Apalagi untuk tahun ini tidak ada penerimaan dari lulusan sarjana ekonomi. Saya mohon untuk bapak pertimbangkan kembali

  11. Manusia tak berarti permalink
    April 26, 2009 10:11 am

    bang bwat tek mesin da ga untuk masuk POLRI tamtama juga bleh…….. pokok e kerja bang….
    da 2 taon e nganggur…… umur q 25 bang…. bisa ga….?
    tolong bang ya info e…….
    atenk bawa kayu thank kyu bwat abang polisi
    terimah kacih

  12. abdi ariadi permalink
    April 26, 2009 3:50 pm

    mohon ijin..
    trima kasih banyak atas infonya..
    adanya penerimaan taruna lulusan sma membuat saya kembali bersemangat untuk ikut dalam pendaftaran akpol..

    jaya bangsaku, jayalah polri

  13. Teraniaya permalink
    April 26, 2009 5:53 pm

    kami mohon kepada pak kapolri melalui desumdaman agar penerimaan akpol sumber sarjana tahun 2009 ini disiplin ilmunya di tambah lagi, sy lulusan ekonomi manajemen, sy sangat ingin sekali mendaftar di tahun ini, kemaren sy bisa ikut tp gagal di pantohir, kok sekarang peraturannya berubah lagi, satu lg yang ingin saya tanyakan mengapa akpol terima lagi dari lulusan SMU, bagaimana polri mau menciptakan SDM yang baik kedepannya jikalau Polrinya hanya lulusan SMU, tolong kami pak sarjana dari disiplin ilmu yang berbeda ini merasa teraniaya. terima kasih.

  14. andri perdiansyah permalink
    April 27, 2009 10:13 am

    mohon ijin Pak saya anggota Polri dari Sarjana mau daftar Akpol cuma sayang dari jurusan bahasa inggris ga da. apakah bisa persyaratan disiplin ilmu ya ditambah. trimz…………………….!!!!!

  15. Hilda Shayang permalink
    April 27, 2009 11:00 am

    Ijin bicara komandan…
    begini, saya bangga sekali dengan kepolisian saat ini…
    tapi, permasalahannya, untuk penerimaan entah itu, akpol, Caba, itu,,,kok masih yah, Kolusinya!!!
    dan dengan money politik juga…
    gimana, polisi kedepannya???
    kalo, baru masuk aja udah pake duit ratusan juta!!( red ini under ground ). terus, kalo saya boleh saran untuk Setiap penerimaan baik itu yang diterima, dan akhirnya masuk keseleksi berikutnya di beri ketrangan, begitu juga yang tidak lolos!! intinya Transparan….Nilainya, pointnya,dll.
    selanjutnya, untuk tahun 2009 kan yang di terima itu, dari S1 dan SMA/ SEDERAJAT!!! So, apakah itu tidak, menjadiakn diskriminasi!!
    yah, klo bisa Dari SMA/Sederajat Itu pendidikannyaterpisah dengan yang S1.karena secara kualitas juga berbeda.
    Itu aja komandan…
    terima ksih

  16. alquadhri permalink
    April 27, 2009 11:16 am

    maaf…knp penerimaan AKPOL tidak menerima S1 Bahasa Inggris?
    thanks.

  17. yogi dewanto permalink
    April 27, 2009 12:13 pm

    loh..untuk DIII kenapa tidak diberi kesempatan ???
    SMA saja diterima,masa DIII tidak

    • Wawan permalink
      January 27, 2010 8:32 am

      maaf mas…..
      Q pkir kalo masalah SMA di terima trus yang D III nggak…itu nggak apa2…..
      coba aja mendaftar pake ijazah SMA….pasti bisa….

      tapi umurnya berapa dulu?

  18. andi permalink
    April 27, 2009 1:02 pm

    terima kasih bank atas informasinya,….
    semoga kami bisa menjadi seorang perwira …..

  19. ronald permalink
    April 27, 2009 9:11 pm

    ijin bertanya pak
    apa ada penerimaan akpo, lulusan SMK?
    mohon dijawab.
    trims

  20. ronald permalink
    April 27, 2009 9:12 pm

    ijin bertanya pak
    apa ada penerimaan akpol, lulusan SMK?
    mohon dijawab.
    trims

  21. ronald permalink
    April 27, 2009 9:24 pm

    ijin bertanya pak
    apa ada penerimaan akpol, lulusan SMK jurs. teknik bangunan ?
    mohon dijawab.
    trims

  22. surya permalink
    April 28, 2009 12:07 am

    aduh untuk sarjana ekonominya kok ngga ada??????????? padahal peminatnya buanyak banget Pak,mohon dipertimbangkan lagi. Terima kasih.

  23. dito ari permalink
    April 28, 2009 10:21 am

    untung dari komunikasi…daftaaaaaaaarrrrrr aaaaaahhhhhh ^^

  24. mona permalink
    April 28, 2009 11:00 am

    permisi. .
    saya mau menanyakan,
    syarat-syarat pendaftaran polwan yg lengkap

  25. Joko Martoni permalink
    April 28, 2009 8:41 pm

    Pak Kapolri, saya lulusan Hubungan Internasional ingin mendaftar AKPOL tanggal 4 Mei 2009. Apa saja ya Pak persyaratan yang harus saya bawa dan Ijasah S1 saya masi dalam proses oleh pihak kampus, takutnya tanggal 4 mei Ijasah saya belum dibagikan….Minta Petunjuknya Pak, Terima Kasih…

  26. S. Yudha permalink
    April 29, 2009 2:18 pm

    Ijin bertanya pak, untuk batas minimum umur dalam pendaftaran AKPOL itu berapa tahun? dan pendidikan dimulai bulan apa ya pak? Saya sangat berminat untuk menjadi taruna Akpol, terima kasih sebelumnya.

  27. itok permalink
    April 29, 2009 4:36 pm

    Untuk S1 apa hanya berlaku untuk fak. yg dsbt diatas pak,untuk fak.ekonomi akuntansi gak di perbolehkan berarti?mohon petunjuknya Pak……..

    @ itok : betul hanya dibuka untuk fak hukum dan fisip.

  28. zeteer permalink
    April 29, 2009 7:34 pm

    iya nie…masa SMA boleh ikut tapi D3 ga ad…….lucu ah….
    spertinya ada bau2 ga enak,,,,,masa dirubah2 terus……..
    kalaun memang dirubah mbok ya tolong ada sosialisasi dari keopolisian……………….
    wah remuk2…….banyak membuyarkan mimpi orang…wakakakkakaa………..
    AYO OM POLISI KATANYA MENDENGAR ASPIRASI MASYARAKAT………….

    @ zeteer : karena memang pendidikannya berbeda antara sma dan sarjana, dan hanya dibuka untuk 2 kelompok itu, sedangkan D3 mungkin bisa menggunakan ijasah SMA nya.

  29. awan permalink
    April 30, 2009 8:19 pm

    Pak Syarat akreditasi apa Mutlak? padahal kan ada edaran Dirjen Dikti yg mengatakan Ijin penyelengaraan merupakan Akreditasi Dikti. knapa masih mensyaratkan akreditasi dr BAN – PT.

    trim atas Jawabannya.

  30. ega rubenansa permalink
    April 30, 2009 9:35 pm

    kapan di buka pendaftaran akpol 20009

    saya lulusan MA bia gak?????????????

    • jikujikuji permalink
      May 6, 2009 8:41 pm

      kalo akpol 20.009 sih kayanya masih lamaaaaa..banget..
      hahaha..peace out regards.peace..

    • jikujikuji permalink
      May 6, 2009 9:21 pm

      saya siswa SMAN 2 Kuningan. sangat berminat masuk akpol 2009/ 2010.
      bagaimana gambaran susahnya masuk akpol? gimana kalo dibandingin sama SNMPTN ?
      test-nya seperti apa dan materi apa aja yang diujikannya apa aja??
      maaf ya banyak tanya.
      ditunggu jawabannya.
      d mychem_dji@yahoo.com
      maksih banyak. :D

      @ jikujikuji : tes masuk akpol tentu berbeda dengan UMPTN, karena untuk tes akpol tidak hanya di tes dari segi akademis saja. Tks.

      • gery permalink
        November 12, 2010 1:11 am

        aduh…….. tanya kang hendy 2006 atuh…… eta lulusan akpol……..

    • babydragoon permalink
      May 27, 2009 9:38 am

      @ega rubenansa: SMA/SEDERAJAT jadi MA bisa lah

  31. branzki permalink
    May 1, 2009 1:54 am

    kenapa penerimaan akpol tidak menerima jurusan bahasa dari SMA?

  32. arie wirawan budhi prasetyo permalink
    May 1, 2009 12:22 pm

    pak saya arie,..,.,apakah persyaratan untuk akpol dari smu itu berdasarkan nilai raport bagaimana????apakah berpengaruh sebagai persyaratannya/?/????saya sangat ingin mencobanya.,.,.,

  33. taufik muhlis permalink
    May 1, 2009 7:49 pm

    aslm..
    pak kalao dari STM bisa daptar akpol gak??

  34. ade putra permalink
    May 1, 2009 8:12 pm

    mohon ijin..

    klau yang dari smk tk ada ya pak

  35. Surwin permalink
    May 1, 2009 8:29 pm

    Izin tanya pak?Apa ada penerimaan akpol untuk smk jurusan tek.Komputer?Mohon d jawab,saya bingung bgt nh,mohon djelasin yah pak?

    @ Surwin : mungkin bisa, lebih lengkapnya silakan hubungi polda/polres setempat.

  36. shillton permalink
    May 1, 2009 8:51 pm

    selamat berjuang! !

  37. jaka permalink
    May 1, 2009 8:58 pm

    pak emangnya apa aja sih tesnya! tolong lebih detail lagi! apa ada tes tertulis?

  38. widhi permalink
    May 1, 2009 11:02 pm

    heh3,
    smangat-smangat!!!!!
    yang penting digojlok fisiknya bos, dicek tuh gigi bolong nya ma tes varikokel (sapa taw ), ambeiennya noh jangan lupa dicek di DKT/Rs bayangkara,xixixixixiix.,

    smoga tahun ini nyampek panpus ah kagak panda doank..doain ya bang wahyu,.
    wah keren juga nie bang wahyu bisa masuk UN , bararti berprestasi nie bang?ho3,.

  39. widhi permalink
    May 1, 2009 11:06 pm

    oiya varises nya dicek juga yah teman2,.he3

    oiya bang wahyu kasih tips buat ujian parade yach,?trimakasih

  40. widhi permalink
    May 1, 2009 11:07 pm

    bang minta tips bwt ujian parade ya?terimakasih

  41. panji 16 permalink
    May 2, 2009 11:46 am

    horee…ternyata SMA masih di trima jadi siswa AKPOL ya…oia mas gosip2nya kedepannya SMA udh gak di trima lagi ya..sedih donk :-(
    tapi itu hanya gosip kan? semoga aja kalo saya lulus SMA nanti tahun 2011 ntar masih di buka pendaftaran akpol untuk SMA.amien…..

  42. aziz permalink
    May 2, 2009 1:43 pm

    Saya mau tanya pak??
    Apakah lulusan s1 ekonomi manajemen bisa ikut daftar akpol???
    Tahun 2008 kemaren yang saya tahu bisa ikut daftar…
    Mohon penjelasannya and terimakasih……

    Aziz

  43. rich permalink
    May 2, 2009 8:14 pm

    pnerimaan akpol koq ga ada dr ekonomi y!!!

  44. sang permalink
    May 2, 2009 9:30 pm

    makasih atas infonya. . . . .
    saya ingin masuk taruna AKPOL,mohon doanya yah . . . . . . .
    THANK. . . . . . .

  45. sang permalink
    May 2, 2009 9:33 pm

    makasih atas infonya PAK. . . . .
    saya ingin masuk taruna AKPOL,mohon doanya yah . . . . . . .
    THANK. . . . . . .

  46. May 3, 2009 12:54 am

    Pak,saya lulusan s2 hubungan internasional.Jurusan saya masuk kuota penerimaan akpol.Saya mau tanya apa kira2 berkas yang spesifik yang harus saya persiapkan dan kalau gigi belakang atas saya dicabut bisa lulus tes kesehatan ngga.Thanks

    @ Aldo : berkas selengkapnya bisa diambil di biro pers polda setempat, kalo gigi dicabut saya kira tidak masalah, namun nanti akan mengurangi dalam penilaiannya saja.

  47. asti permalink
    May 3, 2009 1:56 pm

    makasi infonya..
    jadi semangat mau nyoba daftar lagi…

  48. sony nugraha permalink
    May 4, 2009 12:25 pm

    standar nilai pendaftaran akpol itu berapa????

  49. Revolusiner permalink
    May 4, 2009 1:09 pm

    pak Kapolri, kalau Polri kita ingin gesit seperti agen2 di Eropa, jawabnya cuma satu harus merekrut calon taruna dari SARJANA. sebab pemikiran dan tingkah laku mereka sudah matang dan sudah bisa berfikir secara objektif. tidak berdasarkan nafsu saja.

  50. Areis permalink
    May 4, 2009 5:24 pm

    Maaf pak . . .
    mau tanya,apakah dari lulusan SMA jurusan BAHASA tidak bisa mendaftar ?
    kalau tidak boleh, kenapa ?
    dengan alasan apa ?

    TOLONG !!!!!

  51. m. rivaldi permalink
    May 4, 2009 5:37 pm

    bgaimana klo yang sma belum ada ijazahnya???
    mksdx pengumuman uan nya blum keluar

  52. midas permalink
    May 5, 2009 12:58 am

    saya adalah lulusan dari psikologi UI, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan.
    1. adakah situs resmi atau sumber informasi lainnya yang berkaitan dengan proses rekruitmen AKPOL yang dapat saya akses?
    2. apakah terbuka kesempatan bagi lulusan S1 yang berasal dari disiplin ilmu selain yang disebutkan di atas, untuk bisa mendaftar dalam proses rekruitmen AKPOL?
    Saya tunggu balasannya.
    Terima kasih

    @ midas : 1. situs resmi polri http://www.polri.go.id atau bisa mendatangi biro personel polda setempat. 2. untuk tahun ini Akpol hanya menerima untuk disiplin ilmu tersebut.

  53. bimbellccrawamangun permalink
    May 5, 2009 11:23 am

    Berikut ada pengunjung yang menumpang beriklan..

    PENGAJAR TETAP DI BIMBINGAN BELAJAR BERGENGSI LP3I COURSE CENTER (LCC) CABANG RAWAMANGUN

    Dibutuhkan segera Tutor tetap :
    1. Matematika SMA (M-1)
    2. Fisika SMA (F-1)
    3. Bahasa Inggris (E-1)
    4. IPS Terpadu ( Sejarah, Geografi dan Sosiologi ) (S-1)
    5. SD Terpadu (Semua Pelajaran ) (S-1)

    Dengan kualifikasi :
    1. Telah lulus PTN, dengan IPK minimal 3.00
    2. Menguasai Mata pelajaran yang dipilh
    3. Mempunyai Pengalaman Mengajar minimal 1 tahun
    4. Berpenampilan menarik, supel dan mudah bergaul.
    5. Diutamakan bisa berbahasa Inggris.

    Fasilitas ;
    1. Gaji menarik
    2. Bonus berbasis prestasi
    3. Fasilitas internet
    4. Training Peningkatan Skill

    Alur
    1. Berkas lamaran ( Surat lamaran, Biodata diri, transkip nilai, foto copy KTP,dan lain-lain ) diserahkan langsung ke LCC Cabang Rawamangun
    Jl. Balai Pustaka Timur No. B22, Rawamangun Jakarta Timur. Tlp : 4786963. sebelum 8 Mei 2009
    Email:
    guntoro_putrapetir@yahoo.com
    Atau website: http://www.lcc-ptc.com
    2. Mengikuti ujian tertulis pada tanggal 10 Mei 2009 pukul 10.00
    3. Hasil Ujian akan diumumkan melalui website http://www.lcc-ptc.com pada tanggal 31 Mei 2009.
    4. Peserta yang lulus akan mengikuti tes wawancara dan micro teaching

  54. Fanny permalink
    May 5, 2009 12:45 pm

    Apa dari Teknik informatika tahun skrg ga bisa ??
    Bagaimana sih pak, saya ngambil jurusan itu karena saya ingin masuk akpol, kenapa skrg malah ga ada ??
    Terus bagaimana nih ?? Kenapa ada perubahan ?? Tahun2 sebelumnya kan ada ekonomi,akutansi, kesehatan, mipa sains, tknik informatika dsb.
    Kenapa skrg tdk ada??
    Untuk lulusan SMA, saya sdkt lega..tp jika saya tdk lulus tes, saya mau ngambil S1 dulu,,dan saya udah ditrima di fkultas teknik jurusan informatika, Tapi skrg GAK ADA ???
    Bagaimana ? Jd memutuskan semangat saya dan skrg saya bingung !!
    Dan tolong dipertimbangkan untuk akreditasnya !
    Trims pak. . . .
    M0h0n info nya dn bntUanya. . .

    @ Fanny : ini merupakan pilihan hidup saudara, anda bisa saja memutuskan untuk masuk akpol dengan ijasah SMA.

  55. frans sitorus permalink
    May 5, 2009 2:00 pm

    Trimksi atas infonya…
    Tp buat saran kepada POLRI untuk penerimaan dr S1 diperbanyak
    krn PORLI butuh perwira-perwira yg berkualitas.Tolong..informasi sediakan transfaran dan singkron antara pengguman pusat dan daerah.Sukses POLRI

  56. dedy kurniawan permalink
    May 5, 2009 2:16 pm

    good

  57. dedy kurniawan permalink
    May 5, 2009 2:22 pm

    bagaiman yang lulus S1 ,dengan udah nikah ? apa bisa daftar akpol??tlong di balas penjelasannya lwat email

  58. entry permalink
    May 5, 2009 8:00 pm

    bagaimana dg th 2010?????
    apa tetap ada pengambilan unt ijazah sma????

  59. tia permalink
    May 6, 2009 10:16 am

    SELAMAT PAGI!!!
    pak, tinggi badan untuk bintara polri kurangi lagi jadi 158cm dong pa!
    tinggi badan saya kurang 1cm pak, padahal saya pengin banget pak jadi polwan. saya pengin mengabdi lewat kepolisian pak!tolong saya pak..ini kesempatan terakhir saaya untuk lulusan SMA pak.. mohon ada pemberitahuan selanjutnya untuk pendaftaran bintara.
    terima kasih

  60. santa monica permalink
    May 6, 2009 11:18 am

    kalau daftar taruni lulusan sma, boleh apa tidak kalau tingginya 155 cm?

  61. arie azhar permalink
    May 6, 2009 8:29 pm

    mau tanya kalo yang di tutup tanggal 16 mei apa ya??

  62. heni permalink
    May 7, 2009 8:47 am

    pagi mas..mo nanya dikit ni..infonya akpol dr sarjana syarat umurnya S1 max 28 pas pembukaan dik,kalo mei ini umurnya pas msk 28 msh bs daftar nggak mas?

    @ heni : pembukaan pendidikan direncanakan tanggal 20 agustus, kalo sebelum itu sudah lewat umur maksimal jadi tidak bisa.

  63. NANA CUTE permalink
    May 7, 2009 7:46 pm

    Q orang terniaya. . . .
    Pgn bgd jadi polwan buat bantu org tua :)

  64. May 8, 2009 10:41 am

    Assalamualaikum mas wahyu…
    Apa kabar..?
    Semoga dalam lindungan Nya selalu.

    Saya yani, yang pernah comment di blog mas ttg “Fasilitas Pendidikan di Akademi Kepolisian” dan lainnya.

    Saya bersyukur sekali, jurusan saya( Antropologi Sosial) masih masuk dalam daftar penerimaan Taruna Akpol, dan terlebih-lebih persyaratan tinggi badan untuk tamatan S1 wanita, bisa saya capai. (Alhamdulillah)

    Semoga saat saya selesai kuliah nanti (insya allah 2010), persyaratannya tidak banyak berubah dan saya bisa menjadi seorang Taruni Akademi Kepolisian.
    Mohon Doa dan Dukungan semua.

    Trimakasih untuk ruang sharingnya mas…

    HIPUP POLRI….!!!

    Salam.
    Sidriani H. Desky

  65. May 8, 2009 10:57 am

    HIDUP POLRI….!!!

  66. May 8, 2009 8:24 pm

    Salam sejahtera pak. .
    Saya lulusan SMA tahun 2008. .
    Saat saya lulus tahun 2008 penerimaan akpol harus dari S1, ,demi keinginan saya untuk mengabdi pada negara, , akhirny sekarang saya melanjutkan ke fakultas hukum di salah satu PTN di jogjakarta demi mengikuti persyaratan S1 yg telah d tetapkan tahun 2008. .
    Tapi kenapa peraturan penerimaan polri 2009 d rubah kembali melibatkan lulusan SMA untuk dpt diterima di akpol?
    (Apakah peraturan ini di cipakan para pejabat tinggi polri yg punya anak SMA agar lbh cepat jadi perwira polisi?)
    Padahal calon perwira adalah calon pemimpin. . Dan lulusan SMA belum punya latar pendidikan yg cukup untuk menjadi seorang pemimpin. .
    Apakah ad pembagian pendidikan untuk SMA dan S1/S2 saat ini?
    Karna para lulusan S1/S2 merasa di rugikan jika pendidikan d samakan dengan para lulusan SMA. .
    Tolng d balas untuk kejelasannya

    @ Gibran : mungkin jawaban saya tidak dapat mewakili institusi Polri, tapi setiap kebijakan yang diambil pasti didasari kajian sebelumnya. Apabila sdr mau mencoba mendaftar tentu bisa menggunakan ijasah SMA dengan konsekuensi pendidikan untuk lulusan SMA dan Sarjana akan berbeda.

  67. May 8, 2009 8:26 pm

    Salam sejahtera pak. .
    Saya lulusan SMA tahun 2008. .
    Saat saya lulus tahun 2008 penerimaan akpol harus dari S1, ,demi keinginan saya untuk mengabdi pada negara, , akhirny sekarang saya melanjutkan ke fakultas hukum di salah satu PTN di jogjakarta demi mengikuti persyaratan S1 yg telah d tetapkan tahun 2008. .

    Tapi kenapa peraturan penerimaan polri 2009 d rubah kembali melibatkan lulusan SMA untuk dpt diterima di akpol?

    Padahal calon perwira adalah calon pemimpin. . Dan lulusan SMA belum punya latar pendidikan yg cukup untuk menjadi seorang pemimpin. .

    Apakah ad pembagian pendidikan untuk SMA dan S1/S2 saat ini?

    Karna para lulusan S1/S2 merasa di rugikan jika pendidikan d samakan dengan para lulusan SMA. .

    Tolng d balas untuk kejelasannya

  68. bintang permalink
    May 9, 2009 5:42 pm

    pak saya mohon infonya apa ada penerimaan akpol dari lulusan D3? trims

  69. anonim permalink
    May 10, 2009 6:10 pm

    penerimaan anggota polri tidak dipungut biaya ????
    believe it or not…..

  70. putra permalink
    May 11, 2009 12:05 pm

    Selamat pagi pak, mau menanyakan apakah benar sumber sarjana S1 dan S2 jurusan dari ilmu komputer bisa? mohon maaf jika pertanyaannya berulang, supaya tidak ragu2 pak, jawaban dari bapak sangat diharapkan, trimakasih.

    @ putra : sesuai persyaratan demikian.

  71. gwajagataukudubuatidapaan permalink
    May 11, 2009 7:45 pm

    makin lama makin tambah turun neh penerimaan sdm polisi, masa dari sma aja, penjahat aja skrg dah minimal lulusan d3 boss, masa di laga ma tamatan sma? sama kek petani aja jadinya.
    mohon di pertimbangkan s1 nya, n mengenai akreditasinya tlg di longgarkan kasian yg s1 yg bermutu tapi ga bisa ikut test karena akreditasi, kan bukan rahasia umum kalo univ akreditasi tinggi bayaran juga tinggi, sama aja buka pendaftran buat yg kaya kalo syaratnya gitu boss, blom tentu kualitas bagus

  72. May 12, 2009 1:29 am

    hallo pak polisi… gimana perkembangan polisi perdamaian kita….

  73. May 12, 2009 11:31 am

    umu saya 21 tahun 1 bulan setengah pada saat masuk pendidikan apa bisa saya daftar akpol dengan segala perimbangan.

  74. mita permalink
    May 13, 2009 10:36 am

    apakah harus ipk 2,75? saya masih kuliah, dan akan sidang skripsi, saya perkirakan akan lulus tengah tahun ini, tapi transkrip nilai menyusul, bagaimana? bisa?
    thx infonya

  75. ansori permalink
    May 13, 2009 10:57 am

    mas. klo punya bekas tindik di telinga apakah boleh daftar akpol?????

    @ ansori : kalo bekasnya sudah hilang saya kira bisa saja.

  76. Raju andai permalink
    May 13, 2009 2:48 pm

    hihiiii…..

    Pak poLisi baik baNgetS…
    SMA biSa teS akpoL ……

    so swEet….
    8:)

  77. Fikri Faiz Muhammad permalink
    May 13, 2009 6:28 pm

    Terima kasih ats informasinya.setelah saya membaca rangkaian penerimaan taruna akpol.menurut bapak lebih potensi mana masuk dari Setelah Lulus SMA atau setelah lulus S1?saya mohon penjelasan positif dan negatif baik SMA maupun S1 dari bapak polisi agar saya bisa mempertimbangkan.terima kasih

    @ Fikri Faiz Muhammad : secara karir nantinya biasanya yang dari sarjana akan diuntungkan dgn masa dinas surut, tapi tentu karena umur mereka juga lebih dewasa dibanding yang sma. Namun secara keseluruhan jalur karir sama karena jalur pendidikannya sama.

  78. kusuma permalink
    May 13, 2009 7:07 pm

    om mau nanya kalo tinngi saya 160cm n berat saya 56kg saya diterima gak ya mau ikut ppss

    @ kusuma : saya kira itu cukup ideal

  79. kiki permalink
    May 13, 2009 7:52 pm

    pak..
    kalo punya penyakit asma bisa g tu lulus akpol pak??
    tlong sekali d jawab pak..
    saya pengen banged masuk akpol pak..

    @ kiki : tentu akan mengurangi penilaian di bidang kesehatan

  80. kaharuddin permalink
    May 14, 2009 10:30 am

    ass.pak terimah kasih atas informasinya ,saya sekarang mahasiswa fakultas sastra jurusan bahasa inggris semester 4,apakah jurusan saya ini termasuk dalam kategori ilmu sosial atau ilmu komunikasi.rencana mau daftar akpol setelah lulus s1 tapi akreditasi jurusan saya masih C apakah ada kemungkinan persyaratan bahwa setelah saya lulus syarat akreditasi bisa berubah.soalnya yang saya tau sudah banyak dari fakultas saya yang telah bergabung denga anggota kepolisian?mengapah persyaratan akpol selalu berubah?terimah kasih mohon dipertimbangkan ……….dan satu lagi teman saya perempuan mau daftar jadi polwan tapi tidak bersedia melepaskan jilbabnya walaupun dia lulus….apakah ada pengecualian untuk seorang muslimah?

  81. Sutrisno permalink
    May 14, 2009 11:49 am

    Dear,

    Pak bos, coba semua keluhan dan komentar itu ditanggapi dengan baik dan masukkan dalam agenda rapat kepolisian…
    jika kepolisian indonesia menginginkan sdm yang handal dan kompeten berarti lakukan dengan baik…
    1. lebih banyak penerimaan sma dari sarjana why???
    2. tinggi badan sarjana 160 why??kerdil sementara security bisa 168cm
    3. kepolisian mensyaratkan IPK hanya 2,75 Why?? why not 3,00 / 3,50
    4. lakukan pendaftaran – test – pantokhir (panda & pusat) didaerah masing2 sehingga tidak memberatkan semua calon anggota terbaik….

    sekian terimakasih…

    sutrisno

  82. Revie permalink
    May 17, 2009 8:20 am

    Misi bang, bagus bgt infonya..
    Saya setuju tu thn ini nerima sma juga, krn anak sma juga gak kalah sama yg dah sarjana, malah dalam hal fisik mereka lebih fresh..
    Adek saya mo ikut daftar tahun ini, saya mau tau soal tes akademiknya..
    Undang2 kepolisian itu gmana tesnya?
    Apa untuk anak sma juga dpt tes itu? Ato cma buat yg sarjana? Klo iya, bentuk tesnya seperti apa?
    Thanx buat infonya…
    Btw ab Ikastara ya? TN brapa bang? Perkenalkan saya TN 14..
    Mohon bantuannya buat informasi seputar pendftran ini bang, terimakasih :)

    @ Revie : salam kenal kembali, ya saya angkatan VIII. Tes tentang UU Kepolisian biasanya berkaitan dengan tugas pokok, fungsi, dan peranan Polri sebagaimana yang diamanatkan dalam UU. Silakan cari UU No 2 Tahun 2002 ttg Polri saja bisa dipelajari.

  83. karanza permalink
    May 18, 2009 1:49 pm

    pag…

    kok bwt yg cewek dkit amat yah??????

    emg segitu y??

  84. May 18, 2009 2:44 pm

    knpa dri smk/stm gak bsa msuk akpol pak..

    coba bsa, byk loh nak smk yg unggul pgen masuk akpol..

    nilai tggi, fisik ok, pus up ja 65/ ment..

    restock ja ada yang sanggup sampai 25..

    mw bukti!! lihat ja smk2 taruna swaasta yg d bwah naungan polri/tni..

  85. Kurnia Desyanto Sianturi permalink
    May 19, 2009 9:34 am

    mohon doanya supaya saya bisa lulus tes akpol 2009.
    thnk’s before…

  86. May 19, 2009 1:55 pm

    pak apakah dari sekolah tinggi ilmu pelayran n perikanan bleh msukk..?

  87. ilham permalink
    May 20, 2009 11:46 pm

    wahh…dari teknik mesin ga bisa ya

  88. struggler permalink
    May 21, 2009 8:49 am

    mohon ijin ndan!!!!!!!!!
    sy brharap pnerimaan Catar AKPOL th.09 adlah murni,tdk ada cmpur tngan dr oknum2 yg gila uang ktor dr Catar akpol. mreka itu smua yg trlbat adlh musuh dlm slimut yg mrusak dedikasi dn kprcyaan msyrkat thdp polri. slma msh ad kparat2 yg spt itu sy ykin negara in ga akn prnh brubah dr kterpurukan.
    sy mau dftar akpol,dn sy brjnji kl sy dtrima,sy akn junjung kjujuran dlm jiwa polisim wlopun sy sy hrs dipcat,dihjar,dn dbnuh sy ttp akn brkta bnar dn brjlan lurus. . . itulah yg di impikan msyrkt. police is our family not our enemy.

  89. Didik istanto permalink
    May 21, 2009 5:56 pm

    selamat sore pak.
    saya lulusan sma.th2007,saya mau bertanya apbila semua berkas sudah lengkap apkah bisa dikirim lewat pos,dan tolong kasih tau alamat lengkanya.terima kasih

    @ Didik istanto : silakan datang ke biro personel, polda setempat

  90. Yanuar permalink
    May 21, 2009 8:23 pm

    Mas saya kul di jrusan teknik industri,apakah saya bisa daftar ke apol?

  91. raz permalink
    May 21, 2009 11:12 pm

    ijin bertanya pak!
    apakah S1 dari jurusan teknik informatika bisa ikut daftar akpol?

  92. sastro permalink
    May 22, 2009 4:05 pm

    SIAP NDAN…….!

  93. desy anggraini permalink
    May 23, 2009 9:11 am

    pak apakah tamat d3 bisa mengikuti tes ini

    @ desy anggraini : untuk ijasah D3 tidak bisa

  94. Ferry Wirawan permalink
    May 23, 2009 12:00 pm

    Selamat siang pak.
    Mohon informasinya ttg penerimaan AKPOL untuk program S2.
    Pasca Sarjana saya dari Fak Ekonomi UMJ, apakah tahun depan bisa ikut mendaftar? Terima Kasih

    @ Ferry Wirawan : saya belum tau untuk kebijakan rekrutmen tahun depan bagaimana mas.

  95. May 24, 2009 10:54 am

    Bang, mohon koreksi ya. Andai saja nanti lulus seleksi, untuk sumber S1/S2 ini pendidikannya hanya 1.4 thn ya ? dengan masa surut 2 th ya ?
    mohon pencerahan. thx ya bang

    @ Harri : kalo pendidikannya benar 1 th 4 bln, tapi untuk masa dinas surut belum konfirm bro.

  96. May 25, 2009 8:47 am

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya mau nanya mas…
    Saya kuliah di Fak Hukum semester akhir, dan InsyaAllah thn 2010 saya sudah Lulus.
    Setalah lulus saya ingin sekali masuk Akpol maupun PPSS, Tinggi saya 165 dengan BB 54, apakah dengan kualfikasi fisik saya ini, saya bisa mendaftar Akpo/PPSS…?
    Terima Kasih Atas Perhatiannya
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    @ yogaphewe : berat ideal untuk tinggi 165 cm adalah sekitar 58-59 kg.

    • Cinta Fitri season 3 permalink
      May 30, 2009 1:50 am

      makanya..gemukkan badan dulu…

  97. guZtha permalink
    May 25, 2009 9:33 am

    klo daftar AkPol MatAnya BoLe MinuS brp???

    @ guZtha : kalo tidak berubah, maksimal min 1

  98. May 25, 2009 12:38 pm

    Sayang ya penrmaan Akpol TA 2009,byk yg lu2san SMA/sederajat.Katax mau melakukan pembenahan
    n perbaikan mutu SDM,ada apa sebnarx.Jd terkesan plinplan n keberpihakan ???

    • miska permalink
      May 30, 2009 1:49 am

      lho..bukannya minimal lulusan S1 ya ??
      mang bole lulusan SMA ??

  99. nurul permalink
    May 28, 2009 8:56 pm

    klo S2 umurnya brapa yah… n Klo udah menikah apa ga boleh …..
    lagi….lagiii…..
    apa ga ada jurusan ekonomi

  100. boy permalink
    May 28, 2009 10:14 pm

    apakah pendaftaran akpol dari smk penerbangan bisa gak?

  101. May 29, 2009 9:56 am

    mohon izin pak.apakah btul buat pendaftaran akpol 100% tidak di pungut biaya apapun??????? tp pd kenyataanya setiap mengikuti tes,untuk yes terakhir pasti d tanya “anda bawa uang berapa,apakah anda anak dr petinggi kepolisian.buat sy itu sangat tidak adil pak.mohon maaf sebelumnya

  102. May 30, 2009 1:44 pm

    assalamu’alaikum.wr.wb.
    Sy sdh mnginginkn tuk mnjd anggota POLRI sjak lm..tp syg,angan2 itu sdh pupus dihempas tsunami,org tua sy mrncanakn utk msukkn sy ke POLRI,tp naas krn tsunami.pdhl tu ud niat org tua dn cita2 sy.sy brumur 26 skrg.sy tmat paket C 2008.sy skrg kul di PTS diaceh jurusan HUKUM smester 2.sy ad bekas luka dilengan,apkh sy ad kmungkinan bs utk mnjd slh 1 anggota polri..?trm ksih..sy mhon saran-a.moga POLRI bs mkin brjaya sll utk bangsa dan negara.amiin..assalamu’alaikum.wr.wb.

  103. Galan Adid Dharmawan permalink
    May 31, 2009 12:07 pm

    siang….dan
    Saya Galan dari Cirebon..Untuk persyaratan SMA,untuk tes akademik sesuai jurusan IPA / IPS.atau di gabung kan dalam satu skenario tes..???
    untuk tahun depan masih seperti ini atau tidak dan..???
    trims……..

    @ Galan Adid Dharmawan : setahu saya jadi satu skenario soal tes. tahun depan menyesuaikan kebutuhan polri.

  104. June 1, 2009 6:53 pm

    cara membuat surat lamaran akpol gimana sih//???

    @ frandreas : silakan mendatangi Polda setempat, formulir sudah tersedia.

  105. June 3, 2009 6:13 pm

    izin tanya.

    bgaimana dgn wanita lulusan sma dgn tinggi 159 cm, apa masih ada harapan bisa diterima?

  106. June 3, 2009 6:14 pm

    izin tanya.

    bgaimana dgn wanita lulusan sma dgn tinggi 159 cm, apa masih ada harapan bisa diterima?

    terima kasih.

  107. June 3, 2009 6:16 pm

    kalau tidak bisa.

    bolehkah tahun depan mendaftar sebagai lulusan sma?

    terima kasih.

  108. friksgiks permalink
    June 4, 2009 3:45 pm

    tes fisiknya kira” berbentuk apa ya?
    dan minimal nilainya berapa?
    apakah nilai kelas 2 sma juga diperhitungkan??
    mohon dibalas

    @ friksgiks : tes fisik : lari 12 menit, pull up, sit up, push up, shuttle run (lari angka 8). minimal akumulasi nilai 60.

    • angga permalink
      September 5, 2009 12:12 am

      ditambahh renang 25 meter

  109. faishal permalink
    June 5, 2009 9:25 am

    pak..mau tanya,boleh kan?
    saya lulusan DIII..apa juga boleh daftar?
    pernah saya liat d buku dgramedia..lulusan d3 jg boleh
    mohon informasinya pak.terima kasih

    @ faishal : untuk tahun ini tidak bisa.

  110. ratna permalink
    June 6, 2009 6:16 pm

    kira-kira ujiannya mulai tanggal beraapa sampai kapan?

  111. toni permalink
    June 6, 2009 7:48 pm

    salam mas..makasih atas infonya,aku berminat utk tes akpol tahun ini tapi aku disiplin ilmunya dari ekonomi, jurusan manajemen..so masih bisa dilanjutkan or ga??aku tunggu banget infonya..thx before mas.

    @ toni : untuk tahun ini dari disiplin ilmu ekonomi tidak ada.

  112. Dewa permalink
    June 7, 2009 6:59 pm

    mf pak numpang lewat. . .
    mw tnya sdikit z,gmn sc htung2annya bwt tes kesehatn tahap I n II? ? ?
    trs untuk brt bdan n tinggi bdan..untuk idealnya kan tb-bb=b ideal
    nah utk btas maksimal n minimalny itu jg gmn sc htung2anny? ? ?
    msalhny sya yg pnya tb 166cm n bb 69 kg agk minder jg klo mw ikut tes in. . .
    mohon jwabannya di email sya pak. . .thx

    @ Dewa : untuk tinggi 166 berat idealnya sekitar 59,4. sedapatnya tidak jauh2 dari ideal. untuk tes kesehatan adalah kewenangan dokter termasuk penilaiannya dari panitia kesehatan hasil pemeriksaan.

    • dewa permalink
      June 9, 2009 10:15 pm

      emg g jauh2nya dri ideal tu yg sbrpa pak,istilahnya +- ny lah? ? ?
      bknnya klo gmuk tu msh bsa dkurusin pak? ? ?
      bkannya ap2 pak,hanya skdar info n bkan mw narsis yc. . .hehehe
      saya test samapta bsa cpai nilai 73
      jdi mnrut sya,org yg klebihan gzi tu g mnjamin dy g kuat mental,stamina n fsik pak. . .
      trz klo bwt mata minus ad toleransinya g pak? ? ?
      sya dgr2 klo ad yg minus asl nilai UAN atw IPK tinggi bsa lo2s,it bnr ap g? ? ?
      trims jwbnnya

      @ dewa : biasaya +- 5 kg dari ideal. makasimal minus 1.

  113. June 12, 2009 8:29 pm

    sysrat pendaftran perwira akpoldan perwira

  114. Vian R. permalink
    June 17, 2009 5:59 am

    Kepada Yth. Bapak Polisi

    Sebelumnya perkenalkan nama saya Vian asl DIY.
    Pak saya mw menanyakan tentang Calon Taruna yang Bersumber dari Sarjana. Kalau saya dari Jurusan yang berbeda dari yang sudah di sebutkan dari ketentuan prasyaratnya gimana Pak? Saya sendiri dari Jurusan T.Mesin Manufaktur, Fakultas Teknologi Industri. Demikian pertanyaan yang saya ajukan, terimakasih sebelumnya.

    vian_fti@yahoo.co.id
    ——Vian R.——

    @ Vian R. : untuk jurusan tersebut belum bisa mendaftar akpol.

  115. Rinaa permalink
    June 18, 2009 9:52 am

    yaah,jurusan teknik informatika gag adaa.
    mungkin taun depan adaa kali yaa ^^

  116. Septa agung permalink
    June 20, 2009 12:42 pm

    maaf pak sebelumnya…
    sy suda mendaftar akpol thn 2009 dan sudah menjalankan tes kesehatan tahap I…ketika pada saat tes tb&bb hasilnya 177cm dan 66kg..apakah ideal pak??
    lalu tensi sy pd saat itu 130,,,dan bagaimana pak kalo tensinya segitu???
    terima kasih …
    mhn dbls d email saja pak..

  117. adhi permalink
    June 21, 2009 12:47 pm

    maap pak.,.,apakah perjaka atau perawan juga termasuk persyaratan masuk akademi ???
    tinggi saya 175 cm.,.,berat badan seharusnya berapa pak ??
    kalau tinggi seprti saya.,,
    makasih pak sebelum nya.,.,

  118. alfian permalink
    June 25, 2009 5:10 pm

    Asslamuallaikum…
    Saya ank SMA klas 1,
    itu yang diambil cma 300 dari sluruh INA??,
    msalkan,sya tdak lulus tes thun itu.apa sya bleh mngikuti itu lagi??
    Trimaksih Om Plisi…
    Oiya,ksih saran dong om,byar kita kuat fisiknya,emang tes sperti apa??
    Mkasih..
    Wslmualkum…

    @ alfian : betul. masih bisa ikut asalkan umurnya belum lewat. Latihan mulai sekarang lari, push up, sit up, pull up, dan latihan fisik lainnya.

  119. June 25, 2009 7:31 pm

    ass..
    pak, saya andriyan..
    saya mau tanya kalo ada tanda lahir yang cukup besar, itu gmna y??
    apakah bisa tes akpoL??
    truz jika bisa, apakah akan mempengaruhi di tes keshtn??

    mohon jwbnNya pak!!!

    @ andriyan : saya kira tidak masalah..

  120. ucok permalink
    July 3, 2009 6:02 pm

    pak umur 16 blh ga sih?

  121. Alfin Hardinata permalink
    July 5, 2009 3:28 pm

    ass..
    sy ingn tnya ? klw gigi bolong , pst d trma tdk jd akpol,, tp cm sdkit!!!

    @ Alfin Hardinata : lebih baik ditambal dulu.

  122. Dwi R permalink
    July 13, 2009 1:01 pm

    Assalamualaikum..
    sekedar ingin tahu.Saya mahasiswa yg sedang menempuh S1 Jur Ilmu Komputer.Apakah bs dr jur saya bs daftar taruna akpol???
    dan apakah bisa seorang yg pnya minus mata bs ke trima jd taruna???
    Sy pny keinginan jd taruna tp sy bngung bs g y kalu minus mata dpt ikut penddikan kepolisian???
    terima kasih ats perhatianya..

    @ Dwi R : untuk pendaftaran tahun 2009 yang sudah lewat ini tidak bisa. untuk mata minus maksimal 1.

  123. ishak marboean permalink
    July 14, 2009 7:58 pm

    Syalomm…..
    saya, ishak marbun …..
    bgini pk ploisi.Jujur ya, skarang saya masih sekolah kelas 2 smk.
    tapi aku ingin sekali masuk akpol.yang mau saya tanya,tahun yang akan datang dari smk bolek masuk akpol pak?apa aku harus pindah ke sma dulu.
    di smk, saya jurusan tkj(teknik komputer dan jaringan).

    saya mhon , ini dijawab ya pk..
    lnsung ke email saya pun gk pp.

    sebelumnya, makasih bnyak ya pak…

  124. Syarif permalink
    July 15, 2009 8:48 pm

    Salam pak polisi!!!
    Saya syarif mahasiswa di salah atu Perguruan tinggi di jogja,
    saya mau tanya pak!!!!ada teman gak lulus akpol gara2 ada 1 giginya yang berlubang!!!!nah pak gmana sih masalah ato batasan gigi berlubang nie pak????
    apakah boleh ditambal n berapa batasan gigi yang boleh ditambal pak!!!!
    makasih ya pak!!!!
    kalobisa dijawab ya pak,langsung ke email saya pun bisa pak….

    @ Syarif : sebaiknya gigi berlubang ditambal terlebih dahulu. jangan sampai lebih dari 2 karena akan semakin mengurangi penilaian kesehatan.

    • Syarif permalink
      July 18, 2009 7:23 pm

      oia pak!!!!!saya mau tanya lagi pak!!!!!kalo masalah pemuda daerah gmana pak?soalnya dengar2 saya tes akpol lebih diutamakan pemuda daerah setempat,dan kalo pemuda pendatang yang mau tes akpol di anaktirikan pak,walaupun sudah menetap lebih dari setahun.Apakah ini betul pak????soalnya saya pendatang dari luar jogja pak?????dan mau tes akpol ,taon depan karena KTP saya belum genap setahun????itu bagaimana pak,soalnya sekarang saya bingung pak,apakah ngetes balik ke daerah asal saya agar lebih mudah atau tetap tes di jogja dengan mengambil resiko ini pak???????
      please replay ya pak?????trims….

      @ Syarif : syarat administrasi pendaftaran memang harus tinggal setahun di daerah tersebut dibuktikan dengan KTP, saya kira sama saja asalkan bisa menunjukkan KTP yang sah dan sudah mencapai 1 tahun.

      • Syarif permalink
        July 19, 2009 6:34 pm

        oww,gitu ya pak?????tapi jikalau saya ngetes di daerah asal saya,dan ngurus ktp daerah asal saya!!!!!!!!!dan ktp tersebut belum setahun saya buat,seumpama saya buat ktp bulan desember,dan tes akpol bulan mei!!!!!nah khan belum setahun pak!!!!itu bisa gak pak?????dan saya ada akta kelahiran daerah asal saya,
        yang menunjukkan saya Pemuda daerah tersebut!!!!!!!
        Maaf ya pak pertanyaannya terlalu banyak!!!!soalnya saya perlu banyak info!!!!!!trims!!!!!

        @ Syarif : bisa kalo dari daerah asal dengan adanya akte kelahiran.

  125. Hadiyanto permalink
    July 16, 2009 1:49 pm

    pak, apakah Paskibraka termasuk ke talent scouting? trims.

    @ Hadiyanto : benar..

  126. fajar permalink
    July 16, 2009 1:54 pm

    Ass ,
    pak , apabila ingin mendaftar akpol
    nilai pada rapot itu dipermasalahkan tidak ?
    sebab nilai rapot saya terbilang standar ..
    please repp ..

    @ fajar : sesuai syarat formal tidak dipermasalahkan

  127. Dwi R permalink
    July 16, 2009 9:14 pm

    Assalamualaikum…
    Pak bgni saya maw tanya…apakah syarat fisik yg hrs di penuhi saat pendaftaraan hrs terpenuhi smua…dalam artian test lari,,renang,,dan lain2 yg berhubungan dgn fsik hrs 100% lulus…sebelum nya apkh fisik sblm daftar hrs bner2 kuat…ato org bysa yg fsiknya sehat spti bysa…apkah bsa ketrima??apakah betul akpol mnrima org2 yg shat spti bysa klu seseorg psti saat di pendidikan akan di gembleng dan akan di bentuk??/

    wah klu minus 1 msh ad harapan neh…tp yg mnjdi permasalahan..saat pendidikan apakah diperbolehkan pake kacamata ato lensa kontak???

    @ Dwi R : syarat fisik harus dipenuhi agar tidak ada hambatan saat mengikuti pendidikan. Pada saat pendidikan kalo memang untuk pengobatan diijinkan menggunakan kacamata.

    • Dwi R permalink
      July 18, 2009 2:56 pm

      terima kasih ats informasi na…. wah mulai saat in hrs latian fisik trs neh…
      tp apkh stlh d trima hrs memenuhi syarat administrasi dluw?

  128. vreddy permalink
    July 23, 2009 10:12 pm

    dari teknik informatika g ada ya pak????

  129. Rizki Eska Putra permalink
    July 27, 2009 3:13 am

    Ok pak, saya akan mengikuti tes ini.

  130. Dwi R permalink
    July 28, 2009 9:31 pm

    Assalamualaikum…
    saya asli semarang..
    stlh baca2 dr ats n surfing2 d google…
    q msh bngung mengenai “Tes Fisik”..
    d ats di sebut kan :
    1.Lari 12 mnit,,artinya gmn yah?? 4 putaran stadiun dlm 12mnit ato skedar lari2 smpe 12 mnit??
    2.Push Up,,,hrs brp kali push up?? 30,,40,,50??
    3.Sit Up,,,ini juga brp kali pak??
    4.Pull up…idem sm yg atas…brp kali???

    Untuk saat in seh q udh latian fitness…lari2…sambil nerusin jenjang kul S1 saya…
    Kalu berkenan mohon di balas y pak…Terima kasih sebelumnya…

    @ Dwi R : 1. Lari selama 12 menit, akan dihitung sejauh mana kemampuan anda. 2. untuk push up biar mencapai nilai maksimal sebanyak 38 kali. Sit up 45 kali, dan pull up 17 kali.

    • stillnotgiveup permalink
      August 4, 2009 6:36 am

      maap mas mungkin ku bisa jawab menurut pengalaman saya tahun ini.
      untuk lari di usahakan anda bisa minimal 2400meter dalam 12 menit lebih jauh lebih bagus. untuk push up 42x itu nilainya 100, pullup 17x itu nilai 100, sit up 45x itu nilai 100, shutle run (lari hurup 8) dengan waktu 15detik itu nilai seratus, renang jarak 25meter dengan waktu 15dtk itu nilai seratus

  131. bangun punkrib permalink
    July 31, 2009 11:50 am

    Untuk mewujudkan polri kedepannya betul betul siap serta teruji kinerjanya dalam mengantsivasi berbagai gejolak ancaman baik dari internal dan eksternal terkhusus ancama TERORIS perlu di resuhfle lagi format penerimaan AKPOL berikutnya….Polri perlu memiliki kekuatan personil yang ahli mengerti dan paham betul mengantisivasi BOM…jurusan yang paling relevan sebenarnya di pakai disini adalah Ir, Pakar, Sarjana Teknik ELEKTRO..Semua nya Problem Ini sarjana ELEKTRO paham betul seluk beluk ini mulai dari ciber Crime,,,Jihandak, Kompossisi Bahan Peledak,,,dan jaringan Pengacau Keamanan lainnya.Kalau Teknik Informatika cakupan pelajarannya hanya terbatas….sebatas di jaringan.Pimpinan Polri kiranya paham asal usul bewrdirinya Teknik Informatika itu adalah Anak Kandung dari Teknik ELEKTRO……Jadi klo besar harapan kita negeri kita ini AMAN buat pimpinan polri silahkan tinjau lagi silabus penerimaan Taruna AKPOL dengan merekrut lebih Banyak lagi SARJANA TEKNIK ELEKTO…

    Bicara masalah hukum di atau ilmu sosial di negeri kita itu tidak di sanksikan lg keterbelakangannya dengan negara lain….hampir 80 % penduduk kita mengerti ilmu sosial dan Hukum… Bahkan analisa,logika berpikir seorang ilmuan Eksakta,teknokrat lebih paten,pamungkas dibanding ilmu Sos.Lihat aparat penegak keamanan di negara lain lebih memrioritaskan Enggineringnya.

  132. wahyu permalink
    August 3, 2009 8:55 am

    Pak, bagaimana dg jur,sastra inggris, apa masih ada kesempatan untuk mendaftar?

    mohon jawabannya. terimakasih

  133. dya widya perdana permalink
    August 5, 2009 3:08 pm

    salam ….

    pak minta informasi’y adkah kesempatan tuk mendaftar jadi taruni akpol dari S1-jurusan manajemen?berapa persen peluang’y ?trimakasih?

  134. garry permalink
    August 5, 2009 8:25 pm

    pak,,
    saya ingin masuk akpol..
    apakah masih ada pendaftaran untuk sekarang??
    terima kasih..

  135. Ade Rahmat permalink
    August 10, 2009 10:48 am

    Pak kalau tesnya bisa di gambarkan gak, biar ada gambaran & persiapan. terima kasih

  136. ade priani sagala permalink
    August 18, 2009 9:20 pm

    terima kasih atas infonya
    saya mau nanya,tahun 2010 masih bisa SMA mendaftar AKPOL?
    sekarang ini saya masih kelas 3

  137. agung permalink
    August 27, 2009 3:50 pm

    apakah akpol 2010 menerima dari pendidikan d3

  138. qeun permalink
    August 28, 2009 10:29 am

    Pa Polisi…
    saya mau nanya?? apakah ada lowongan akpol untuk lulusan D3 ?
    apakah untuk menjadi abdi negara( polisi) hanya untuk orang yang belum menikah saja??
    mohon di jawab terimakasih…

  139. erlyn permalink
    August 29, 2009 8:11 pm

    saya mau tanya, adik saya lelaki pingin masuk akpol 2010.. Dari lulusan smu 2009..
    adik saya mempunyai prestasi di bidang olahraga “atlet cabor selam”.. apakah ada prioritas bagi yang mempunyai prestasi?
    terima kasih..

  140. September 1, 2009 11:04 am

    permisi Mohon izin Bertanya …
    Apakah Akpol juga menerima ….SArjana S1 berbagai jurusan???
    Apakah DKV juga dapat menjadi Syarat untuk Pendaftaran Catar??

  141. frandes simarmata permalink
    September 3, 2009 11:44 am

    mohon izin bertanya pak.
    apakah penerimaan AKPOL tahun 2010 juga bisa dari tingkat SMA??
    Terima kasih pak..

  142. nani fitri permalink
    September 10, 2009 9:25 pm

    maap saya mo nanya??saya perempuan lulusan s1 teknik sipil yang tertarik untuk daftar akpol..masih da kesempatan ga buat saya di tahun 2010 untuk daftar akpol???soalnya di persyaratan teknik sipil ga di sebutin….terima kasih

  143. Galan Adid Dharmawan permalink
    September 11, 2009 11:38 am

    siang dan,ingin bertanya…….untuk tes potensi akademik meliputi bidang mata pelajaran apa saja?
    trima kasih

    @ Galan Adid Dharmawan : bhs inggris, pengetahuan umum, uu kepolisian.

  144. dine kania permalink
    September 16, 2009 2:36 pm

    apakah pendaftaran calon taruna masih di buka??????????

  145. febrian permalink
    September 22, 2009 8:36 am

    bang kalo taruna akpol tahun 2010 menerima SMA lg ngga ?
    Mudah”an menerima SMA lg ya allah

  146. Ariesta permalink
    September 24, 2009 8:27 pm

    Asw. pak, kalau pendaftaran T.A 2010 diadakan bulan apa?

  147. sudden permalink
    September 29, 2009 12:17 am

    ijin komentar komandan..

    apakah dari d3 jurusan manajemen Informatika di bisa ikut daftar tahun 2010 nnti?

  148. sudden permalink
    September 29, 2009 12:18 am

    apakah jurusan system informatika bsa daftar?

  149. Windu permalink
    October 1, 2009 4:16 pm

    salam hormat….
    saya seorang mahasiswa teknik sipil yang sangat berminat untuk menjadi anggota kepolisian republik indonesia,,,,,,
    saya sangat berharap bisa daftar test akpol….di tahun-tahun berikutnya.
    Terima kasih.

  150. Fauziah Ambar Mayang permalink
    October 2, 2009 12:51 pm

    ass…..
    makasih bt inFonya……
    kLo mw msuk akpol,minim usia brapa?trus kLo lulusan SmK ga bsa iia????

    makasih…….

  151. fajar permalink
    October 2, 2009 7:04 pm

    assalamu alaikum….

    saya mau tanya,,apa tahun 2010 masih menerima dari lulusan sma.???
    untuk segi fisik dan kesehatan apa saja yang di tinjau.???

    mohon informasinya……i love akpol

  152. sukaryanto permalink
    October 5, 2009 9:40 am

    Dengan Hormat
    saya ingi siswa-siswa saya (SMA 1 Bissappu Kb Bantaeng, SUL-SEL) juga dapat mendaftar atau bahkan lulus, dimana dapat mendaftar ?

  153. yudi permalink
    October 5, 2009 10:43 am

    bagaimana kalo seorang polri berpangkat brigadir/sersan kepala yang memiliki ijasah sarjana (S1 hukum), usia 27 tahun, namun sudah menikah? apa masih bisa mendaftar ke Taruna Akpol??

  154. ale permalink
    October 12, 2009 4:44 pm

    kenapa y dari lulusan sarjana teknik mesin tidak ada?????

  155. ale permalink
    October 12, 2009 4:46 pm

    apakah setiap tahun penerimaan taruna akpol,tiap jurusan s1 bisa berubah?

  156. anggita permalink
    October 13, 2009 9:07 am

    pak mau tanya kalau dari fak. kedokteran itu masuknya akpol atau ppss????
    tlng jwabannya y pak krna saya masih bingung banget…

    @ anggita : untuk fak. kedokteran masuk ke ppss.

  157. October 13, 2009 7:24 pm

    pak, kalo lulusan dari jurusan bahasa di SMA bisa gk,…..?
    saya ingin sekali masuk akpol…

    mohon penjelasannya….

  158. Rizki permalink
    October 14, 2009 2:10 pm

    pak mau tanya?

    kapan ada penerimaan AKPOL lagi?

    Tolong minta informasinya.

  159. kris qcer permalink
    October 16, 2009 2:25 pm

    maaf numpang tanya pak, untuk pendaftaran akpol S1 paling lambat kpn?
    oia untuk lulusan teknik mesin bisa tidak mendaftar Akpol?
    terima asih pak, tolong bantuanya krn saya pingin sekali masuk Akpol.

  160. October 17, 2009 12:02 pm

    pak,,umur saya baru 16 tahun,,dan saya masih sekolah.pertanyaan saya,,apakah sma tamatan 2010 besok akan terus dibuka pendaftaran untuk tamatan sma,,saya mohon buka terus pak,,bibit yang baik itu adalah bibit yang paling muda…semangat yang sedang membara2nya itu pak..????

  161. October 17, 2009 12:15 pm

    oh iya pak,,pertanyaan saya satu lagi..yang diterima jadi akpol kan 300 orang..apakah itu disetiap daerah atau..sudah termasuk seluruh nusantara ini..oh iya,,kalau bisa penerimaannya awal september kebawah ya pak???

  162. vebi permalink
    October 19, 2009 11:39 am

    ass,,,
    pa mw tanya apakah yang masuk akpol tingkat sma hanya di lihat dari tinggi badan saja atau dengan nilai raportnya?????????????????
    trus apa harus lulusan S1 agar bisa daftar lagi?????????j
    pa kalau lulusan dari yang bukan dicantumkan di atas bisa ikut daftar?????????
    terimakasih

  163. ESKAR TRI DENATARA permalink
    October 20, 2009 2:25 pm

    terima kasih atas infonya pak..
    mohon ijin tanya pak, bagaimana dengan dengan sarjana lulusan pendidikan olahraga? apa boleh untuk mendaftar sebagai calon perwira di Akpol? terima kasih atas penjelasannya..

  164. taty permalink
    October 25, 2009 3:31 pm

    SaLam KePolisian RI.
    Sy Mau tny. Gmn Dg Lulusan Utk S1 PsikoLogi. apakaH bs??..
    Karena Saya liat d Lampiran ini, bahwa hny Lulusan2 Sarjana tertentu yg Dipersyaratkan??..

    Trims.

  165. bukan_bripda_biasa permalink
    October 29, 2009 12:09 am

    ngomong ngomong masalah akpol, sya adalah ex catar akpol 2009 wakil dr panda jateng, saya bripda.sebelum brangkat saya masuk rangking 10 besar polda jateng dari 54 orang yg dikirimkan…
    entah kenapa begitu berubah seketika masa depan saya dalam 1 menit tatkala DE SDM mengatakan kalo dari sumber polri dipisahkan dan hanya 15 persen.waktu itu rangking saya 5oan yang dtrima 43 polri sumber sma.
    entah apa yg bs dikata
    komitmen awal sesuai TR Mabes POlri dan pengarahan pembekalan awal saat Pantukhir pusat bahwa persainganj tdk ada perbedaan baik dr sumber polri maupun umum.trus knp kebijaksanaan seketika berubah tanpa ada sosialisai sblmnya?
    dalam hati kecil saya kalo mmg masa dpn Polri ingin lbh baik dan mengambil input yg baik pula knp kita yg notabene anak nya Polri malah dikorbankan..kalo dr sumber Brigadir Polri memang jauh lbh unggul tdk hny krn kita tlah terlatih scr fisik tapi lihatlah nilai kami semua dr psiko smpe akademik bagus n jauh lebih bagus dr sma umum how come we fell to victims.
    but all had happened. only pain in my heart which make me never be released. but i am a cop i never give up..next year i ll come again in Candi Baru..
    thanks alot sir, salute greeting from me…
    if u dont mind would u like to answer my comment to my email..

  166. purnama permalink
    October 29, 2009 8:18 am

    bang…doakan saya biar bisa masuk akpol

  167. October 30, 2009 1:58 pm

    permisi pak…

    utk pendaftaran akpol tahun 2010 kapan n tempat pendaftarannya d mana?

  168. rangga permalink
    November 5, 2009 4:42 pm

    ass.
    pak/mas .lulusan sma ta 2009 .tinggi badan saya 166 dan bb saya 60 apakah itu termasuk ideal ?dan adkah perbedaan ukuran tinggi bdn di dokkes dgn polres .soalnya saya terakhir mengukur tinggi bdn di polres wktu sedang membuat skck .dan tinggi saya kurang lebih 166 dan kemarin saya mengukur bb saya 60kg .apakah sudah ideal ?ataukah belum .terimakasih .mohon jawbanya .dan 1lagi yang dimaksud dgn shutle run itu apa dan bagaimana ?sebab saya tdk pernah belajar dan tdk pernah tau .hehe .

  169. najib permalink
    November 14, 2009 12:09 pm

    mohon izin pa ,
    jika dari bintara ingin mendaftar ke akpol apakah lama pendidikan nya sama seperti dari SMA , yaitu 3 tahun 4 bulan .
    terima kasih.

  170. Hadian permalink
    November 14, 2009 3:58 pm

    Pak, apabila wajah (Rahang) tidak sesuai tapi alami krna lahiriah dan tidak menggangu aktivitas, apakah mempengaruhi penilaian? sya takut krena hal ini bisa memupuskan cita2 sy sbg Anggota. tlong dijawab, trim’s.

  171. taufik permalink
    November 16, 2009 11:11 am

    aslm..
    ijin bertanya pak,
    kaluau dari D3 jurusan nautika (pelayaran)
    dan sudah memiliki ijasah profesi ANT III (kls perwira plyrn)
    apakah bisa mndftar di akpol / PPSS?
    trimakasih ,mhon jawabannya.

  172. November 18, 2009 2:26 pm

    5appppppppppppppp Pak Polizi apakah tahun ini 2009-10 cara penerimaan akpol bsa dr man tow sMa Sdrajat????????????TaaaNkzzzz

    • November 18, 2009 2:28 pm

      kkkkkkkkkkNaaaaaaaaaaaaaaapa Ggggggggggggggggggg di lzzzzzzzzzzzzzzzzzz om pol???????????????????????????

  173. November 23, 2009 5:04 pm

    bagaimana jika peserta tidak melalui orang dalam (polisi berpangkat/berwenang) dengan cara memakai uang?
    apakah bisa diterima dengan lancar/lulus

  174. Dwi ArsadYanto Benge permalink
    December 1, 2009 10:57 am

    Pak Polisi Yang Budiman…
    Kenapa Penerimaan Taruna Tiap Tahun Berubah-ubah..sAYA harapkan Tiap TAhun Casis Yang BerjenjAng SMA terus DiPerbolehkan Mengikuti Tes Calon AKPOL…Dan tidak Dibedakan Juga Jurusan IPA/IPS..Knp SMK tidak dicantumkan?! Sya Harapkan juga penerimaan TARUNA AKPOL,CABA harus dilakukan secara adil&transparan tanpa harus ada politik uang..Kasihan rakyat kecil seperti kami Pak!!Yang Mengharapkan kemampuan sendiri tanpa adanya uang..Saya yakin Polisi juga akan maju dimasa2 yang akan datang..Dan hilangkan juga Kekerasan Pendidikan yang terjadi Disekolah2 Kepolisian/TNI. Terimakasih

  175. zein ahmad siregar permalink
    December 1, 2009 7:12 pm

    as..
    sya harap k pda bpa polisi
    tlong penerimaan akpol tidak di bdakan smu/smk,
    msa yang di terima cma tamatan dri smu ??
    kasian dong yg dri smk ,,,
    pada hal kebanyakan siswa2 smk yg pnya keahlian..
    tolong di pertimbang kan pa ..

  176. BRYAN ADAM permalink
    December 7, 2009 10:18 am

    pembukaan pendaftaran kapan bos?????

  177. anita octaviana permalink
    December 8, 2009 9:22 am

    ass,mhon ijin bertanya pak. untuk pendftran akpol selanjutnya kapan iah pak? denger2 desember ad? apa bnar? mhon dibls iah pak. thx

  178. amalia permalink
    December 8, 2009 1:50 pm

    pak, kira-kira pembukaan penerimaan akpol 2010 sumber SMA kapan??
    kalo tes undang-undng polisi itu maksudnya ap??mohon penjelasannya pak….
    XHTML

  179. abdul solekh permalink
    December 11, 2009 9:54 pm

    pa saya tdk akn mnyrah sblm cita2 sy tuk jd polisi tuk mngbdi pd indonesia.

  180. Istu permalink
    December 12, 2009 10:38 pm

    untuk tahun 2010 di buka kapan pak?.dan apakah S1 akuntansi bisa daftar juga??.terima kasih sebelumnya dan mohon di balas

  181. zakaria permalink
    December 12, 2009 11:24 pm

    permisi pak,th 2010 kpn ada perekrutan lagi dan apakah persyaratannya masih sama dengan th 2009? trimakasih.

  182. apri permalink
    December 14, 2009 8:26 am

    lamanya pendidikan itu berapa lama si ?

    trus ,,, klo da selesai pendidikan …. kita akan di kemanakan ??

  183. andi Priyantoko permalink
    December 14, 2009 12:54 pm

    assalamu alaikum.

    Mau tanya pak, kalau sarjana Bimbingan Konseling (Psikologi Pendidikan) bisa mendaftaar tidak???

  184. johan permalink
    December 16, 2009 6:28 pm

    saya johan……umur 25 th. saat ini saya mahasiswa s3 ilmu lingkungan dan hampir tamat. kenapa jurusan ilmu lingkungan ga di buka pada saat pendaftaran akpol……………
    padahal saya mau bgt daftar, selain itu dewasa inikan masalah lingungan makin gencar di bicarakan………………..

  185. yudikha permalink
    December 16, 2009 8:30 pm

    indonesia sekarang makin maju dengan teknologi informasi…. kenapa POLRI tidak menerima/tidak ada yang jurusan S1/TI… berhubung semakin maraknya cybercrime di indonesia tercinta kita…!! jadi POLRI semestinya melindungi dunia nyata maupun dunia maya…!! jayalah polisi republik indonesia

  186. ajiz permalink
    December 21, 2009 3:40 pm

    assalamualaikum wr. wb.

    maaf. saya mw tanya utk pendaftaran akpol
    dari smk jrusan komputer bisa masuk tidak ya?
    trimakasih.

    wassalamualaikum wr. wb

  187. Tumpak Efendy Napitupulu permalink
    January 3, 2010 10:36 pm

    Mau tanya,,
    Untuk Seleksi AKPOL tahun 2010 dari lulusan SMU apa dari S1/S2 ya?
    Dan peluang antara yang lulusan SMU dan S1/S2 sama gak?
    Bales Please…Thanks

  188. January 4, 2010 11:29 am

    Ijin kmndan.
    dulu sewaktu saya sma saya pernah ikut daftar mgkn memang blm rejeki saya gagal dan setelah ada peraturan baru s1 saya pun kulih tapi kenapa info sekarang berubah menjadi sma lagi?
    apakah s1 sudah tidak boleh mendaftar?dan apabila iya,berarti itu mengubur cita2 saya sejak kecil?
    karna ayah saya hanya seorang kopral saya oun ounya cita2 bahwa seorangkopral pun bisa melahirkan seorang jendra!
    mohon diberi petunjuk ndan.
    trimakasih

  189. January 4, 2010 11:33 am

    Ijin kmndan.tolong bimbing saya
    dulu sewaktu saya sma saya pernah ikut daftar mgkn memang blm rejeki saya gagal dan setelah ada peraturan baru s1 saya pun kulih tapi kenapa info sekarang berubah menjadi sma lagi?
    apakah s1 sudah tidak boleh mendaftar?dan apabila iya,berarti itu mengubur cita2 saya sejak kecil?
    karna ayah saya hanya seorang kopral saya punya a cita2 bahwa seorang kopral pun bisa melahirkan seorang jendra!
    mohon diberi petunjuk ndan.
    trimakasih

  190. January 9, 2010 10:56 am

    pak apakah ndak ada biasiswanya.makasih

  191. nasution permalink
    January 19, 2010 4:29 pm

    trima ksh sebelumnya mw bertanya untuk penerimaan akpol 2010 dari sumber Brigadir polri msh ada apa pak??dgn disiplin ilmu s1 bhs Inggris trima kasih..

  192. nasution permalink
    January 19, 2010 4:41 pm

    izin menanyakan tentang penerimaan AKPOL thn 2010 sumber Brigadir POlri apakah msh ada pak??Saya Brigadir Polri sarjana Bahasa Inggris apakah saya masih ada kesempatan untuk ikut pak??

  193. irdham mikhail kenjibriel permalink
    January 28, 2010 7:07 am

    pak saya mahasiswa ITB teknik informatika apakah dapat mengikuti dari jalur s1 juga terima kasih.
    ipk saya > 3.00

  194. stya permalink
    February 1, 2010 10:51 am

    pak, perbedaan masa tugas antara ppss da taruna akpol apa ya?? selain dari sumber yang berbeda?? mohon info nya pak,, via email juga gak pa2,, terima kasih pak…

  195. mega riyana permalink
    February 2, 2010 12:10 pm

    ko ga ada dari geografi? knapa?
    padahal geografi udah masuk mapel ujian nasional

  196. shinta permalink
    February 23, 2010 11:44 am

    ass….
    sya ingin brtnya……..
    seleksi akpol apakah sma dgn polwan??
    trmksih atas jwbannya pak….

  197. February 24, 2010 10:27 am

    mohon ijin.
    ass…
    saya anggota badit ik polda jabar, telah bertugas selama masa dinas setahun, rencana saya ingin mendaftar akpol pada th 2010 ini. karena umur saya masih 21 th dan telah lulus pendidikan secaba, akan tetapi jurusan sekolah saya pada waktu sma dari jurusan bahasa, padahal nilai saya diatas rata 8.0.
    apa bisa saya mendaftar akpol pak???
    tolong bls di email saya pak.
    wasss..

  198. dodit permalink
    April 10, 2010 12:53 pm

    pak saya mau tanya????
    apa benar tahun 2010 ini AKPOL mengambil400 orang lulusan SMA??????

  199. Galan Adid Dharmawan permalink
    May 7, 2010 9:02 am

    mohon tanya…

    Pak…kalau pendaftaran akpol mempertimbangkan prestasi-prestasi baik di bidang olah raga maupun keorganisasian di sekolah dengan menunjukan sertifikat penghargaan tidak?

    bisa pakai sertifikat tk nasional

  200. May 25, 2010 2:36 pm

    sy mau tanya,bagaimana cara mau daftar jadi polwan…..

  201. jonisian sinaga permalink
    May 25, 2010 7:16 pm

    jika saya ingin mendaftar d luar pulau tpi saya ablum berdomisli selama 1 tahun
    cranya gmn y

    tolong d bantu

  202. November 11, 2010 9:27 am

    PAK MAU NANYA KLO DRI SMK BSA GK????????????????
    SOAL Y AQ MAU JDI POLISI AQ PENGEN BANGET.

    @ efen ramadhan : kalo aturan tahun lalu tidak bisa, tapi bisa saja ketentuan berubah.

  203. AKBP. James Simanjuntak, S.Ik, M.H. permalink
    November 14, 2010 9:04 am

    Maaf sebelumnya bukan maksud saya untuk mematahkas semangat lulusan SMU menjadi Taruna AKPOL. G ada lulusan SMU bisa berdedikasi lebih baik, karena lulusan SMU msh memiliki tingkat ego & emosi yang tinggi yang apabila setelah lulusan dari Akademi akan bertindak arogan & suka memandang sebelah mata kepada orang lain, hal ini sudah terbukti di lapangan. Bahkan yang lulusan AKPOL dari SMU sendiri pun menyadari akan hal itu. AKPOL jangan disamakan dengan AKADEMI TNI (AKMIL, AAL & AAU) karena kalau AKADEMI TNI memang didoktrin otaknya untuk ditanamkan jiwa militer sejak usia belia, karena tugas mereka akan berhadapan dengan musuh & mengangkat senjata saat perang (kata kasarnya sebagai mesin pembunuh). Hal ini sangat jauh berbeda dengan tugas POLRI yang langsung berhubungan dengan masyarakat sebagai salah satu lembaga penegak hukum. Mengenai lembaga lain penegak hukum yang lain saja dari sejak dulu sudah terima lulusan S1 (sebagai contoh : Jaksa, Hakim, dll). Masa’ POLRI masih terus menerima taruna dari lulusan SMU, sudah bagus2 dulu terima Taruna dari sumber S1/S2 eh sekarang malah kembali lagi terima lulusan SMU, sedangkan masyarakat bahkan penjahat saja sudah banyak yang lulusan S3 dari universitas terkemuka dari dalam maupun luar negeri. Ya kalau dari SMU memang sudah bercita-cita menjadi Taruna AKPOL, persiapan saja dulu diri anda untuk bisa masuk ke Universitas-universitas terkemuka, nanti setelah anda tamat kuliah kan bisa melamar menjadi Taruna AKPOL & pastinya wacana cakrawala ilmu anda & mental kepribadian anda juga sudah pasti berubah kearah yang lebih baik. Kalau sudah SDM nya berkualitas gini kan POLRI juga kedepannya bisa menjadi lebih baik & tingkat kepercayaan masyarakat juga pasti akan meningkat kepada POLRI.
    Semoga Pak Kapolri yang baru (Jenderal. Pol. Timur Pradopo) langsung merubah rekrutmen AKPOL 2011 nanti menjadi sumber S1/S2 lagi, sehingga POLRI bisa lebih berwibawa & yang pastinya prestasi serta kinerja POLRI lebih meningkat lagi. Ammiieeennnn…….

    JAYALAH SELALU POLRI
    TRI BRATA

    Terima Kasih…

  204. faiz(cewek) permalink
    December 18, 2010 7:12 pm

    pak, mau tanyak..
    kalo pengen daftar polwan tapi lulusan dari SMK.. gmn pak…? bolek dan bisa apa nggak…??

  205. andrean permalink
    May 25, 2011 1:52 pm

    pak, apakah yang pernah berhubungan sex tidak bisa masuk akpol?

  206. Novan Catur Wahdhana permalink
    June 29, 2011 10:07 pm

    Pak, saya hanya memberikan sedikit saran… bahwa, jurusan bukan hanya IPA dan IPS tetapi juga memiliki jurusan BAHASA yang full mempelajari ilmu ANTHROPOLOGI dimana ilmu ini masuk dalam kriteria sosial, moral, budaya lebih dari jurusan IPS. bukan maksud menjelekan jurusan IPS tetapi setidaknya samakan lah derajat lulusan SMA tersebut jikalau memang masih dalam satu kriteria AKPOL. jikalau memang belum ada, usahakan tahun depan sudah memiliki program tersebut. terima kasih….. (hilangkan tukang nyogok) wkkkkkk

  207. anna permalink
    November 4, 2011 9:37 am

    izin bertanya pak…
    lulusan s1 psikologi, apakah bisa ikut masuk sipss??
    mhon informasinya pak…
    mksh

  208. romadhan irma harahap permalink
    November 7, 2011 10:15 pm

    ass
    pak saya mau tanya pak kenapa si dari STM gak bisa masuk akpol
    apa si pak bedah nya STm ama SMA kan sama sama sekolah
    kan ini tidak adil banget pak,
    buka donk pak pendaftaran akpol dari STm.

    trimksih..??

  209. Elfa Putri permalink
    March 15, 2012 4:43 pm

    syarat yang sah untuk masuk polwan apakah tes keperawanan dianjurkan/wajib?
    dan bagaimana caranya orang itu mengetahui dia masih perawan atau perjaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: