Skip to content

Sekedar Saran Menghadapi Pendaftaran Akpol 2009

December 16, 2008

polaha-bijanaTulisan ini sengaja saya buat mennyusul pertanyaan rekan-rekan yang banyak menginginkan informasi mengenai pendaftaran Akpol. Saya pribadi memang tidak berkecimpung langsung dalam masalah seleksi anggota Polri khususnya Taruna Akpol. Namun sebagai pengasuh di Akpol saya memiliki sedikit informasi yang mungkin dapat berguna bagi rekan-rekan. Informasi ini didasarkan pada pengalaman seleksi Taruna Akpol pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum melanjutkan tulisan ini, saya mengajak para pembaca untuk tidak berpikiran negatif terlebih dahulu terhadap proses seleksi Taruna Akpol ini. Karena seperti pada tulisan saya sebelumnya, proses seleksi ini sendiri selalu melibatkan pihak luar (LSM, Kedokteran, Universitas, dll) sampai pada akhirnya mendapatkan standarisasi dari ISO. Sehingga prinsip bersih, transparan, dan akuntabel selalu dijunjung dengan tinggi.

Jangan mudah percaya terhadap oknum-oknum anggota khususnya apabila ada pihak yang menawarkan dapat membantu anda dalam proses seleksi untuk menjadi anggota Polri, dengan meminta sejumlah “imbalan”. Karena pada dasarnya oknum-oknum tersebut, orang bilang “bagaikan menembak di atas kuda”. Apabila calon yang ia “bantu” itu berhasil masuk (yang padahal memang dia bagus dan pantas lulus tes) maka dia akan mendapatkan imbalannya, dengan sama sekali tidak melakukan jasa apapun yang berarti. Bukankah ini artinya untung-untungan juga. Namun apabila tidak berhasil maka dia akan mengembalikan “imbalan” itu dengan berbagai alasan kenapa tidak berhasil meluluskan si calon. Masih untung bila dikembalikan, bila tidak? Bukankah sudah banyak kejadian seperti ini, kenapa kita tidak mau belajar dari pengalaman ini.

Lagian secara logika, buat apa sih orang mau berkorban puluhan hingga ratusan juta “hanya” untuk menjadi seorang polisi. Yang apabila dilihat dari standar gaji seorang lulusan perwira berpangkat Inspektur Dua hanya berkisar tiga jutaan. Apakah itu sesuai dengan biaya yang harus dikeluarkan. Kalau saya pribadi kok ya “ogah amat”. Akan tetapi kalau dari awal sudah memiliki niat, apabila berhasil menjadi polisi nanti akan mencari uang pengganti yang telah dikeluarkan saat dia masuk polisi, ini yang salah. Berarti orang-orang yang seperti ini tidak mencintai profesi polisi sebagai abdi dan pelayan masyarakat, yang memanfaatkan profesi polisi hanya sebagai jalan untuk memuaskan kepentingan pribadi.

Bangsa Indonesia ke depan akan semakin maju, dan Polri yang profesional akan mengawaki kehidupan berbangsa dan bernegara bersama komponen bangsa yang lain khususnya dalam hal penegakan hukum dan pemeliharaan kamtibmas. Apabila dalam tubuh Polri sendiri tidak diawaki dengan pribadi yang memiliki integritas yang baik, sangat disayangkan karena itu justru akan menjadi batu sandungan.

Jalan yang terbaik untuk menghadapi pendaftaran Akpol, adalah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, mulai dari persiapan masalah administrasi, akademis, kesehatan, fisik hingga mental psikologi. Karena semua bidang itu yang akan diujikan dalam seleksi nantinya. Dengan memiliki kesiapan diri yang baik, tentu akan membuat kita semakin percaya diri. Kepercayaan diri yang tinggi bisa dijadikan modal awal menghadapi setiap tahapan tes yang akan dilakukan. Dalam tulisan-tulisan kedepan saya akan mencoba mengulas lebih detail tentang tahap-tahap tes yang akan dilalui dalam seleksi penerimaan Taruna Akpol. Semoga Bermanfaat.

 

 

About these ads
363 Comments leave one →
  1. Anton permalink
    December 17, 2008 12:22 am

    Salam kenal mas dari saya Anton A Setyawan, dosen FE UMS dan Mahasiwa S3 UGM Ilmu Manajemen, tidak banyak lulusan akpol yang bersedia memberikan info seperti ini. Lembaga kami di UMS adalah salah satu yang dilibatkan Polri dalam proses penerimaan taruna Akpol dan saya melihat prosesnya sekarang memang jauh berbeda dan sangat transparan, sampai2 kami juga diminta mengecek soal ujian.Memang polisi saat ini punya tantangan yang luar biasa besar dan pendekatannya berbeda dengan polisi jaman bapak saya.oh ya.. bapak saya juga mantan Brimob dengan pangkat terakhir AKP (Purn) beliau lulusan Brimob Rangers/Menpor angkatan I tahun 1959 nama resmi kompinya adalah Kompi 5994, satu angkatan dengan Irjen Pol (Purn) KE Lumi (mantan dankorps Brimob) dan Kombes Pol (purn) Pranoto (mantan dankorps Brimob) saat pendidikan rangers di Watukosek tahun 1959.Kebetulan saya sedang menulis buku tentang cukilan peristiwa operasi militer yang dialami Menpor/Brimob Rangers, kalo mas bersedia saya mohon bantuan akses ke beberapa purnawirawan Menpor angkatan 50-an sampai 70-an untuk wawancara. Terima kasih sebelumnya.

    Hormat saya,

    Anton A Setyawan

    rmb_anton@yahoo.com

    @ Anton : Terima kasih mas atas kesempatannya mampir di blog saya. Baik saya akan mencoba mencari informasi yang mas perlukan. Selanjutnya semoga nanti kita dapat berkomunikasi lewat email.

    • gerry yuno permalink
      February 9, 2010 5:29 pm

      bagus dong klau bgitu

  2. December 17, 2008 7:06 am

    WAH TOP BANGET TIPS NYA…
    BTW..SAYA BARU NYADAR…TERNYATA YANG BANTU NGOGOK-NYOGOK DAN DI ELU SEBAGAI PAHLAWAN SELAMA INI ADALAH “TEMBAK DI ATAS KUDA”….WIIIH…
    PADAHAL SAYA MENGENAL BEBERAPA ORANG YANG BIASANYA BERGERILYA “MEMBANTU” MELULUSKAN CALON MAHASISWA AKPOL LHO….TEGANYA MEREKA…

    • angga permalink
      September 7, 2009 10:43 am

      kalo gak ada kenalan naga bonar dan duit ratusan juta pasti gak masuk saya jaminannya,
      saya adalah ex catar 2009, nilai bagus n performa baik tidak bakalan masuk kalo gak pake duit dan kenaLAN naga bonar

      Dimana Hati Nurani mu Wahai Naga Bonar yang katanya Penegak Hukum ibu Pertiwi, Semoga kau CePat ditelan Ibu pertiwi

      • ryo permalink
        October 19, 2009 10:47 am

        sampe tahap ap mas..

      • riina permalink
        June 26, 2010 9:54 am

        ooo kmaren saya abis nemui si naga bonar lhooo
        wujudnya gagah…..
        spertinya yng kmu bilang itu benar deh,,,
        tpi ga sratus persen kali y…

  3. Ujie permalink
    December 17, 2008 3:38 pm

    selamat sore mas, saya ujie dr Tegal.
    saya setuju bahwa untuk masuk ke akpol itu tidak perlu nyogok tapi yang lebih bingung lagi mslhnya klu ga nyogok mana bisa lolos? istilah nyogok itu memang sdh tradisi lagi…..thx.

    @ Ujie : wah itu tradisi mas ujie aja kale.. soalnya saya ga pernah nyogok juga lolos dimana-manae gimana ya.. :p

  4. December 18, 2008 9:14 pm

    coba lagi taon depan ah.
    msh penasaran… doain lulus ye

    @ harri : Amin..

  5. dani siregar permalink
    December 20, 2008 3:30 pm

    asslamualaikum pak….

    gmana yang gak nyogok bisa lulus kalau yang menerima sogokan masih duduk nyantai dirumah nya….?

    sedangkan yg nyogk,cm tunggu hasil aja…?

  6. December 21, 2008 4:34 pm

    hehehhe bagus tips nya adek asuh, saya anak buruh tani aja bisa lolos kok, apalagi anak muda sekarang yang gizinya terjamin dan otaknya encer… STOP SUAP ! PERCAYA PD KEMAMPUAN DIRI SENDIRI… JG LUPA BERDOA !

    @ sejutaasa : siap betul bg.. ke depan harus semakin profesional untuk mewujudkan Polri yang benar-benar mampu melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat.. :)

    • bobby hermawan permalink
      January 7, 2010 9:52 pm

      setuju mas! mari kita bangun pribadi yang kuat iman dan mental! hehe
      btw saya pingin masuk AKPOL nih tapi masih lumayan lama sih kira-kira 2tahunan lagi karena saya masih kelas 1 sma, nah oleh karena itu saya pingin minta kiat-kiat buat lolos test AKPOL dong mas hehe..

      terimakasih

  7. gita permalink
    December 24, 2008 9:38 am

    saya gita mhasiswi biologi S1 unsoed,my tnya kira2 da pembukaan pendaftran akpol 2009 kpn???

  8. December 24, 2008 11:42 am

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!

    http://karir-pekerjaan.infogue.com/sekedar_saran_menghadapi_pendaftaran_akpol_2009

  9. masih pengangguran permalink
    December 25, 2008 8:50 am

    kpan ada pembukaan akpol lagi mas?
    terima kasih sebelumnya

    @ masih pengangguran, gita, zuhenx : dimonitor aja dari kantor polisi terdekat seekitar bulan maret-april mas..

  10. zuhenx permalink
    December 25, 2008 9:18 am

    saya lulusan S1 teknik mesin PTN di Bandung..
    pendaftaran akpol 2009 kapan y?????

  11. December 31, 2008 9:05 am

    saya seorang anak polisi dengna pangkat rendahan,ayah saya tidak di pensiunkan karena ada perpanjangan usia pensiun setelah polri keluar dari ABRI..
    sebagai anak polisi saya ikut merasakan langsung suka-duka seorang polisi,dan sebenarnya saya mempunyai bakat menjadi seorang polisi.kata bapak, polisi yang baik adalah polisi yang paling menderita,karena begitu susah menjadi polisi yang baik di tengah2 polisi-polisi yang Maaf kita sudah tahu sendiri.sehingga bapak saya begitu senang ketika adik saya tidak lulus menjadi bintara polisi, dan saya tidak disuruh menjadi polisi,namun selalu diberi semangat menjadi untuk kuliah, sekarang saya sudah lulus S1.suatu kebanggaan tersendiri bagi polisi rendahan seperti bapak saya dengan gaji tidak mencukupi selama puluhan tahun mempunyai anak yagn lulus menjadi sarjana.selama ini saya selalu menyembunyikan identitas saya sebagai anak polisi,kadang saya malu dengan keadaan polisi yagn sepengatuhan saya masih sangat banyak yagn berperilaku amat sangat tidak baik. saya sangat mengenal polisi. dan untuk itu saya tidak pernah menghormati polisi, karena kebanyakan dari mereka adalah munafik, dan mereka bangga akan hal itu, dan bangga mempunyai kemampuan menjadi munafik tanpa seorangpun bisa mengganggu,kecuali atasan, tapi atasannya juga begitu…. saya sudah lama mempelajari dan mengamati hal itu,, saya harap anda tidak tersinggung, itulah curahan hati saya, secara psikislogis sangat susah menjadi anak polisi dari pada menjadi polisi…
    saya berminat untuk mendaftar kadet akpol, tapi latar belakang saya adalah sarjana agama, apakah itu memungkinkan?saya minta tolong informasinya…

    @ alfigenk : terima kasih sekali telah mau memberikan kritik dan saran yang sangat jujur anda rasakan sebagai bagian dari masyarakat. Semoga ini dapat dijadikan trigger bagi Polri untuk memperbaiki kinerja ke depannya. Untuk informasi mengenai input kesarjanaan yang dibutuhkan Akpol pada tahun 2009 nanti saya belum mendapatkannya, karena kebutuhan tiap tahun mungkin bisa berbeda sesuai kebutuhan Polri sendiri.

    • kucing permalink
      January 25, 2010 11:36 am

      wah saya juga anak polisi…
      tapi ayah saya bisa mencapai jabatannya sekarang ini dengan jalan jujur dan beliau sangat mengabdikan hidupnya untuk kepolisian.
      malahan beliau bercita-cita menjadi dosen di akpol dan saat ini cita-cita beliau terwujudkan.
      walau banyak polisi yang (maaf) selalu menghalalkan segala cara dalam mendapatkan jabatan, bukan berarti saya tidak menghormati polisi
      ayah saya termasuk orang yang jujur dan berkepribadian baik.
      jadi saya harap jangan lagi banyak orang yang mengolok-olok polisi atau menjudge semua polisi jelek.

      • riina permalink
        June 26, 2010 9:58 am

        wahhhh anak polisi???
        skarang lanjut kmana?
        emang ga nyoba jalur ayahnya??

      • catar akpol 2011 permalink
        December 27, 2010 4:57 pm

        akan ku bunuh orang yg mengolok2 polisi

  12. Sumarno permalink
    December 31, 2008 11:24 am

    Ya semoga dari tahun ketahun recruitmen AKPOL semakin baik ,karena calon pimpinan masa depan POLRI bisa menjadi pelindung ,pengayom ,masyarakat .

    • riina permalink
      June 26, 2010 9:59 am

      eeem kyanya kebalik dehhh dr lebel yang ditempel..

    • restu permalink
      May 20, 2011 7:43 pm

      ya saya juga berpendapat gtu, saya juga mau coba masuk AKPOL

      Doain aja ya. . . .

  13. lukman permalink
    January 5, 2009 10:28 am

    selamat siang mas, mhon informasi apakah utk menjadi polisi itu harus sesuai dengan bidang perkuliahaan yg di ambilnya atau bisa semua jurusan…?? sekalian informasi penerimaan POLUD kpn yaa..? kbetulan sy lulusan S1 penerbangan…mohon informasinya….txs

    @ lukman : harus sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan polri mas..

  14. January 5, 2009 10:58 am

    halow mas… kapan pembukaan akpol untuk tahun 2009! trims

    @ Dina : Biasanya setiap tahun pendaftaran antara bulan april-mei..

  15. alpha ww permalink
    January 7, 2009 5:49 pm

    mas wahyu, untuk penerimaan taruna akpol kenapa tidak diperluas bidang kesarjanaannya, tahun kemarin tidak ada yang berlatar belakang ilmu medis (dokter umum dan dokter gigi) serta penunjang medis(apoteker,psi,dll),dan juga tidak ada yang dar sarjana pendidikan (SPd) dan sarjana bahasa , mudah2an tahun 2009 ini ada kuotanya untuk bidang2 tersebut ya mas!Dan mungkin kalau bisa lama pendidikannya lebih dipersingkat lagi, tapi tanpa mengurangi kualitas…

  16. January 7, 2009 7:59 pm

    hallu….
    saya Andy..
    mau tanya..
    kalau lulusan fakultas olahraga bisa gag masuk akpol..?
    trus..apabila mempunyai prestasi olahraga apakah dapat mendukung atau mempunyai point tambah untuk masuk akpol..?

    • catar permalink
      December 27, 2010 4:59 pm

      bisa ajh.
      nanti jadi ……………di akpol

  17. January 13, 2009 6:43 am

    Wah maksih Maz..

    Sayang saya baru saja masuk kuliah, jadi lulus S-1 nya masih lama he he he..

  18. rahani permalink
    January 13, 2009 9:28 am

    Assalamuallaikum
    Saya lulusan STMIK di Palu(Sulteng), sy pengn dftar di akpol tahun ini. Sy pngen crita dikit tntng akpol ya, sy punya tman lulusan akpol, ktika dia jadi kapolsek didaerah terpncil, sungguh dluar dugaan, ternyata dia tidak tau apa-apa. Contoh, utk bercakap di depan umum dia tdk bisa, lbih parahnya lagi mengetik di office aja tidak bisa. Malah sy yang ajarin dia, maka dari ini saya tropsesi untuk masuk akpol, tujuan saya adalah membantu kepolisian khususnya sulteng ya, dalam hal teknologi.Saran saya kpda anda, mari kita brsama menghapus kebodohan dibidang kepolisian, secara banyak yang menjadi polisi krn dia banyak duit tapi otak tidak bisa diandalkan…!! Mimpi saya klo saya bisa masuk akpol adalah saya akan membangun khusus tempat pengajaran di bidang teknologi di masing2 polda. Oh…ya, knp bg2?, krn banyak siswa kursus saya yang kursus ditempat saya hanya dengan alasan mau masuk polisi, padahal hnya Ms.office aja. Dalam hati saya bertanya kok Polda tidak berinisiatif untuk membangun khusus lembaga kursus untuk anggotanya, supaya anggota2 pintarlah. Kapan ya pendaftaran Akpol 2009?? Bantu saya dong membasmi kebodohan. Otre….!!!

  19. andri permalink
    January 13, 2009 10:30 am

    mas saya mau tanya, kalau saya pakai kawat gigi bisa tidak ya masuk akpol? kalau pasang kawat gigi kan otomatis ada gigi yang dicabut. makasi mas

    • randy permalink
      May 3, 2009 1:23 pm

      pak polisi tolong jelaskan tentang struktur polisi dari pangkat terendah sampai tertinggi?apa saja secara spesifik yang harus dipersiapkan untuk menghadapi pendaftaran akpol mendatang?
      terima kasih atas perhatian penjelasannya ya ^_^

  20. arbi permalink
    January 15, 2009 12:47 pm

    mas saya mau tanya, saya seorang PNS. apa bisa masuk akpol?dan saya siap berhenti menjadi PNS apabila dinyatakan lulus sebagai taruna akpol.mohon informasinya ya mas.trims…

  21. yudha permalink
    January 15, 2009 7:44 pm

    wah hebat juga tipsnya
    btw saya mau tanya apakah taruna akpol
    pada tahun 2009 akan menerima lulusan sma?
    mohon informasinya

    @ yudha : kalo sesuai dengan kebijakan semua input Akpol sekarang dari lulusan sarjana baik S1 atau S2 ..

  22. January 18, 2009 7:26 pm

    mas saya mau nanya, pendaftaran akpol 2009 masih dari kalangan sarjana atau ada perubahan diberikan kesempatan bagi siswa SMA – SMA terbaik untuk dididik di akpol ???

    sekedar informasi mas, sebenarnya tu anak sma gak kalah sama para sarjanawan klo soal penalaran, apalagi kalau di lihat dari SMA – SMA plus yang ada di seluruh Indonesia, seperti sma Taruna Nusantara, Matauli pandan dsb…

    Juga mas, terbukti yang lulusan terbaik keluaran akpol slama ini kn dari kalangan SMA, para sarjana malah di kalahknnya..
    jadi ya harap di maklumin ya mas, mudah2an di beri kesempatan bagi anak sma. thanks…..

  23. victor permalink
    January 18, 2009 8:57 pm

    syalllom,
    mas saya hanya mau tanya,apakah untuk tahun 2009 ini ada quota tuk sarjana sastra inggris gak???kalau tahu kemarin sih belum ada,kenapa yach/tolong dong mas sampaikan aspirasi kami ini ke panitia yang berkompeten dalam perekrutan taruna,agar sarjjana sastra inggris masuk dalam quota itu.kami sangat setuju dan percaya dengan ketransparanan proses ini.terimakasih

  24. January 18, 2009 11:37 pm

    kapan ya pendaftaran akpol 2009?
    trim’s

  25. putri permalink
    January 22, 2009 12:15 pm

    cara daftar akpol / perempuan gmana ni???trus boleh t lulusan sma?

    kapan pendaftarannya d buka?
    syarat- syaratnya apa saja?

    makaci

  26. mahli permalink
    January 22, 2009 6:30 pm

    mas, tulisan mas menambah wawasan kami dalam menghadapi tes akpol 2009. saya baru lulus S1 dan ingin ikut tes akpol 2009. kalo gak ngerepotin mas tolong kirimin semua kiat-kiat dan persyaratan dalam menghadapi tes akpol 2009 berdasarkan pengalaman yang pernah mas alamai. o, iya pendaftarannya kapan dibuka?… masih dah baca komentar saya.

  27. ijul permalink
    January 23, 2009 7:42 am

    mas saya mau nanya untuk syarat masuk akpol,kalau prestasi apakah akan membantu untuk penambahan nilai plus untuk masuk akpol,saya pernah juara 1 pertandingan taekwondo tinkat se-jabodetabek,juara 2 nasional dan masih banyak lagi. tolong di balas

    @ ijul : benar mas, apalagi yang setingkat nasional atau internasional, kalau memang ada piagamnya bisa disertakan akan memberikan nilai lebih..

  28. January 23, 2009 5:46 pm

    klw seorang Bintara mendaftar akpol apa peluang nya lebih luas ga mas,tq

  29. January 23, 2009 5:48 pm

    mas gimana ya klw seorang Bintara mendaftar Akpol apa peluangnya akan alebih besar????? tq

  30. Ailrangga Latief permalink
    January 24, 2009 7:36 am

    Mas wahyu yang tehormat…. jadi pembukaan dan penutupan pendaftaran AKPOL 2009 bulan apa?
    saya sangat berantusias untuk jadi anggota POLRI, dan saya juga sepaham dengan mas wahyu masalah memperbaiki citra polisi. terima kasih mas…

    @ Ailrangga Latief : biasanya setiap tahun sekitar bulan maret-april mas, nanti kalo sudah ada pendaftaran pasti ada pengumunannya. sekarang persiapkan diri sebaik mungkin saja terlebih dahulu.

  31. January 26, 2009 12:30 pm

    saya mau tanya,untuk penerimaan akpol tahun 2009 bagaimana?terima lulusan SMA ga?
    thx ya…

  32. gerry permalink
    January 26, 2009 12:31 pm

    mas,saya mau tanya,untuk penerimaan akpol tahun 2009 bagaimana?terima lulusan SMA ga?
    thx ya…

    @ gerry : untuk tahun ini melanjutkan kebijakan tahun kemarin input Akpol adalah sarjana s1 dan s2

  33. andry permalink
    January 30, 2009 1:08 pm

    mas kok ga dijawab? kalo akpol boleh pakai kawat gigi gak? kan ada yang dicabut giginya kalao pakai kawat gigi.

    @ andry : menurut saya pakai kawat gigi karena 2 hal. pertama karena sedang perawatan, kedua aksesoris. Kalo perawatan saya kira gpp, tapi itu nanti akan menentukan kesehatan gigi anda di level ke berapa. tapi kalo aksesoris sebaiknya dilepas saja.

  34. Fatwa yus haryanto permalink
    February 2, 2009 2:56 pm

    Ih…bener yah..
    tapi terkadang jiwa ini yang membawa
    agar dapat berbakti tuk ibu pertiwi
    walau mahal nama nya aja usaha ya wajib berkorban
    walau resiko nya amat berat,..
    gakan ada keberhasilan tampa ada resiko yang berat..
    tp terima kasih atas Tips nya
    moga2 berguna untuk kita smuaq.

  35. azyzul hakym permalink
    February 2, 2009 8:17 pm

    pak polisi yang tehormat….

    saya sangat berantusias untuk jadi anggota POLRI, dan saya juga sepaham dengan mas wahyu masalah memperbaiki citra polisi.
    dulu waktu nerima tamatan sma,koq ga dipilah2 jurusannnya. but napa lulusan perguruan tinggi dibuat kayak gitu (dipilah2,red)???
    saya sarjana perikanan kira-kira bisa daftar juga ga???itung2 bisa bantu di bagian airud (polairud,red)
    terima kasih mas…

  36. azyzul hakym permalink
    February 3, 2009 8:57 pm

    pak polisi yang tehormat….

    saya sangat berantusias untuk jadi anggota POLRI, dan saya juga sepaham dengan mas wahyu masalah memperbaiki citra polisi.
    dulu waktu nerima tamatan sma,koq ga dipilah2 jurusannnya. but napa lulusan perguruan tinggi dibuat kayak gitu (dipilah2,red)???
    saya sarjana perikanan kira-kira bisa daftar juga ga???itung2 bisa bantu di bagian airud (polairud,red)
    terima kasih pak…
    tolong ya om polisi……

    @ azyzul hakym : karena jurusannya disesuaikan dengan kebutuhan operasional dan pembinaan polri, untuk sarjana perikanan saya belum tahu, kita tunggu saja mungkin sekitar bulan maret akan ada pengumuman untuk syarat pendaftar.

  37. dr.ringgo permalink
    February 5, 2009 6:25 pm

    ass…w.w
    Sblmunnya terima kasih atas semua informasinya…
    Saya seorang dokter yg baru tamat skitar 2 tahun..
    Impian terakhir yg sgt saya idam2kan memang masuk AKPOL..
    Keinginan itu dah lama saya pendam2..ditambah lg saya byk punya tmn dari Smu TaNus dan polisi2 baik tamatan akpol maupun bintara..
    Skrng saya menjabat sbg direktur sebuah rmh sakit dan dokter praktek di rmh sakit satu lg..secara income boleh dibilang skrng sgt berlebih..tp keinginan saya msk akpol dah bnar2 bulat..walaupun harus melepas segala yg saya peroleh dari pekerjaan skrng…
    Saya minta saran dari mas…p
    Klo bisa kita kontak langsung via telpon..bs dikasi no telpnya lewat email saya aja…comot_uamedical00@yahoo.com
    Terima kasih byk….
    Wassalam….

    @ dr.ringgo : terima kasih atas kesempatannya mengunjungi blog saya, apabila anda berkeinginan diskusi dengan saya silakan di alamat email saya : wahyu0303@yahoo.co.id

  38. andi permalink
    February 6, 2009 1:36 pm

    mas pemeriksaan fisik masuk akpol apa saja??

    @ andi : kalo pemeriksaan kesehatan fisik yang anda maksud adalah mulai dari berat badan, tinggi badan, kemudian darah, air seni, jantung, paru-paru, dan fungsi organ tubuh lainnya.

  39. azyzul hakym permalink
    February 6, 2009 2:54 pm

    pak polisi yth

    ada hal yang ingin saya tanyakan mengenai beberapa syarat untuk menjadi anggota polisi

    kenapa pada pemeriksaan kesehatan, seseorang yang memiliki varises dan varikokel tidak diterima menjadi anggota??? apa alasannya???

    @ azyzul hakym : karena 2 hal tersebut dapat mengganggu stamina fisik, sehingga dikhawatirkan nanti tidak dapat mengikuti pendidikan dengan baik.

  40. andie permalink
    February 7, 2009 3:33 pm

    Salam knl pak……..
    Saya ingin bertanya:

    (1) berapa jauh kolam yg digunakan dlm tes renang akpol?
    (2) Gaya apa yg diggunakan dlm tes renang akpol?

    Terihkasih sebelunya…………

    @ andie : Kalo kolam di Akpol panjangnya 50 m, menurut info yang saya dapat gaya yang digunakan bisa apa saja diutamakan gaya bebas.

  41. alamsyah permalink
    February 8, 2009 11:41 am

    kapan pendaftaran akpol di buka and berakhir sampe kapan?

  42. alamsyah permalink
    February 8, 2009 1:41 pm

    kapan pak mualai pendaftaran akpol 2009 dan sampe tanggal brp?

  43. Yuni permalink
    February 9, 2009 11:20 am

    Kalau masuk tamatn SMA ada gk Pak?
    Mhn info nya ya

  44. azyzul hakym permalink
    February 9, 2009 2:34 pm

    om polisi.. saya numpamng nanya lagi ye..

    kalo gigi yang b’lubang tapi ditambal, kira2 boleh/bisa lulus ga setelah tes kesehatan???

    sebelumnya makasih atas jawabannya

  45. Andie permalink
    February 10, 2009 9:58 am

    Terima Kasih Atas Jawaban Sebelumnya, Pak….!!

    Saya Kembali ingin mengajukan beberapa pertanyaan.:

    (1)Apakah pada akpol diajarkan renang militer seperti Di Akmil,AAU.AAL?
    (2)Berapa kira-kira kedalaman kolam yg digunakan seleksi akpol? ,Maklum saya belum begitu mahir berenang…!

    Kalo boleh tau bapak bertugas di Satuan/Korps apa?

    Terima Kasih Banyak………

  46. February 10, 2009 2:48 pm

    percuma aja mo dari s1 atau s3 kalau akhlak polisi masih seperti anak sma….!!!!

  47. February 11, 2009 1:03 pm

    mas wahyu, saya kelas 3 di SMA 1 tulungagung. sya berminat sekali masuk akpol setelah melihat blog bapak.

    mau tnya nich, tes fisiknya apa aja? apakah sama dengan AKMIL? trus materi akademiknya IPA apa saja?
    mohon di balas secepatnya! saya disuruh orang tua buat nyari informasi lebih banyak.

  48. guz permalink
    February 11, 2009 5:46 pm

    mas kalau bisa berantas nih yang nyogok2, soalnya saya 2009 ini mau daftar akpol, ntar yang lain maen licik,saya engga

  49. azyzul hakym permalink
    February 12, 2009 12:32 pm

    om polisi yth… balas dunk…..

    kalo gigi yang b’lubang tapi ditambal, kira2 boleh/bisa lulus ga setelah tes kesehatan???

    truz mengenai pendaftaran taon ni apa g da perubahan jadwal sehubungan dengan adanya pemilu???

    sebelumnya makasih atas jawabannya

    @ azyzul hakym : gigi lubang sebaiknya ditambal atau dicabut sekalian. Untuk jadwal belum ada info konfirmasi.

  50. February 12, 2009 7:29 pm

    ijin bang,ini dgn kamila akpol 2005
    maw tanya bang.. apa akpol skrg cm terima s1 dan s2 aja???brarti lulusan smu bnr2 udh ga punya kesempatan lagi???trims.

    @ kamila wijayanto : betul adek asuh.. setidaknya sampe informasi saat ini, kita blom tau apa perubahan pimpinan berubah pula pola rekrutmen Taruna ..

  51. February 13, 2009 10:40 am

    ooo.. gt ya bang,kasian donk anak2 smu bakal nunggu lama untuk msk akpol,n akpol jg kliatan ga ‘meremaja’ lagi,coz org2nya dah ber umur,hehehe..

    @ kamila wijayanto : ya begitulah mil, tapi kita ga tau apa kebijakan pimpinan ke depan. Oya aku mampir blog kamu, ayo semangat nulis donk :)

    • JAROT SEPTIADI permalink
      September 9, 2009 12:39 pm

      IJIN MBA SAYA PUTRA DRI SEORG POLISI DI POLDA LAMPG,KERJANYA SICH DI BAGIAN PERSONALIA TP SY SAMPE SKRG BLM DTRIMA,CITA-CITA SY DRI KCL THU MBA,SKRG SY KUL DI UNDIP DI FAK PEIKANAN DAN ILMU KELAUTAN…..SY MLHAT DR FAK SAYA G BISA,TLGIN ADE KM YG STU INI DONG MBA……..MGKN BS NGSIH MSKAN K MABES KLO BS DR SMBR S1 DR SMA JRUSAN YANG TERAKREDITASI,JD ADE KM INI MSH ADA HARAPAN……….TLG MBA……

  52. February 16, 2009 10:31 am

    Mas bidang studi mata kulia apa aja?

  53. February 16, 2009 11:15 am

    Asskum……..
    Bagaimana Persyaratan masuk ke Taruna?Apakah dari SMA bisa Pa G?
    Trims…….

  54. Hafis permalink
    February 18, 2009 9:38 am

    Salam sejahtera.

    Bapak/ibu yang terhormat.

    Cita-cita saya dari kecil sampai saya selesai menyelesaikan kuliah ingin menjadi Polisi. Yang ingin, saya ingin menanyakan kapan pembukaan Akpol tahun 2009.

    Tk

  55. rocky permalink
    February 19, 2009 8:08 pm

    apa berita di atas saya ini benar? akpol tahun 2009 tidak menerima s1? mohon infonya pak polisi… :D

  56. February 25, 2009 11:38 am

    assalamua’alaikum…
    Saya mau naya nie mas..,Kebetuala saya lg kuliah di fakultas Hukum semester akhir, saya ingin mengetshui lebih lanjut kapan pendaftaran PPSS.
    apakah PPSS selalu di buka tiap tahunnya…?
    Terima Kasih Atas Perhatiannya.
    Wassalamu’alaikum…

  57. February 27, 2009 3:50 pm

    Assalamualaikum mas..
    mau tanya kapan pendaftaran akpol 2009?
    trus kalo gigi gingsul itu gmn?apa itu menjadikan penghalang untuk ditrima?
    mkasiih

  58. March 1, 2009 8:49 am

    PAK nie mau tanya kpn pndftaran akpol 2009 ??
    tlng di bls ya mas di adjieulum@yahoo.com

    thanks ya…………
    sukses trus KEPOLISIAN INDONESIA.

  59. March 2, 2009 4:17 pm

    assalamualaikum.wr.wb?
    pak kalau gigi bolong apah masih
    bisa ikut daftar akpol td tolong
    beri penjelasan nya.
    makasih.

  60. Didik permalink
    March 3, 2009 11:08 am

    saya mau tanya… perbedaan akpol yang penerimaan s1???
    Apakah sistem kenaikan pangkatnya sama dengan yang lulusan sma dulu kalo setelah lulus pendidikan akpol? berapa tahun sekali naik pangkat? kalo begitu sampe pensiun jg nggak bakalan jadi jendral ato gk perwira tinggi mgkin, masuk akpol aja sudah tua?hehehe
    Makasih

  61. kiky permalink
    March 3, 2009 5:00 pm

    pak….
    saya cewe SMA kelas 3 daerah kebumen…
    pak saya ingin sekali daftar akpol….
    kapan pendaftarannya????
    klo lulusan SMA bisa masuk kan pak…???
    tes nya bidang apa saja pak…????
    tolong segera dibalas ya pak….

  62. luqman hakim permalink
    March 4, 2009 7:03 pm

    assalamualaikm ms.. ms bimbel(bimbingan belajar) masuk akpol ada tidak?? mohon informasinya.sya domisili di tegal. terima kasih mas

  63. March 4, 2009 9:35 pm

    Assallamu’alaikum………..
    Salam kenal bang Wahyu, saya pudik baru 2,5th ini dinas d Batang,kota kecil d sblh Pekalngan.Saya dsini smbil kuliah br smstr4,da rncana stlh lulus kuliah mw nyoba akpol lg.3th lalu prnh dftr tp gagal di psiko.saya slalu update terus info dr bang wahyu,cz jarang2 alumni kyk abang.smga abang anggta yg bnr2 di dmbkan masy.slalu 87kn info trbru. mksh bnyk bang.

  64. shihah permalink
    March 11, 2009 5:06 pm

    ma kasih atas informasi yang telah diberikan kpd kita semua.klo boleh tahu apa saja persyaratan yg harus dipenuhi & kira berapa banyak biaya yg harus kita keluarkan untuk pendaftaran dr kita daftar sampai kita lulus tar?.
    mohon masukanya.terima kasih dari kami

  65. March 13, 2009 12:06 am

    Maas..Mass,,,, Kalo Soal Biaya gimana Mas.,., Gmana Aza tuch tahapan-nya???
    apa bisa biaya belakangan atau gmana mas,, ya biar nanti-nya bisa mempersiapkan segala sesuatu-nya,,. Gtu Lo mas.,.,. Ok!!!! Ok!!!!! Thanx’s Atas Informasinya
    maju terus kepolisian indonesia…. Ok!! Mas..,.,
    Siap.,.,.,..,.,.,

  66. gita permalink
    March 17, 2009 5:13 pm

    selamat sore….
    saya Gita Mey…
    mmmmmm…mw nanya…
    pendaftaran akpol 2009 kapan???
    terima kasih sebelumnya…

  67. March 17, 2009 7:16 pm

    mas sekedar tanya?
    pa betul lulusan SMA bisa masuk taruna AKPOL?

  68. yona permalink
    March 20, 2009 6:01 pm

    pak jangan lama2 donk pendaftaran akpol na !!!!
    kasihan ma cowx2 yang pengen bagt ikt pendaftaran tersebut!!!!

  69. ARIES permalink
    March 20, 2009 6:06 pm

    PK KTNYA THN NE hrs D3? PA BENAR???

  70. rani permalink
    March 24, 2009 10:40 am

    Yth, yang puny blog ini. mau tanya kapan pendaftaran akpol??
    cuma mau curhat dikit neh… kemarin saya mengukur tinggi di rumah sakit daerah tinggi saya adalah 161cm, tetapi ketika saya mengukur tinggi di dokkes polda, diluar dugaan tinggi saya menjadi 158 cm…!! menakjubkan!! ada apa gerangan?
    kata mereka yang di dokkes polda, ukuran meraka adalah yang terBENAR, karena langsung dari BMG, trus yang ada dirumah sakit pemda tidak benar??? tolong dong disamaratakan…!! jangan buat bingung masyarakat..

    @ rani : saya tidak mengerti ttg perbedaan ukuran itu, tapi lebih baik kalo mau mendaftar polisi, ukuran yg di dokkes itu yg digunakan krn mereka nanti yang mau mengukur kan.

  71. chairuddin permalink
    March 24, 2009 2:08 pm

    salam hormat..
    saya tanya kpn di adakanya pembukaan AKPOL tahun 2009
    apakah untuk jurusan teknik perkapalan ada?

    tolong di balas ke email saya
    pongki_naval@yahoo.com

  72. Randy Aldian,SE permalink
    March 25, 2009 9:13 am

    Pendapat saya pendaftaran Akpol skrg sangat transparan, krn saya sudh merasakannya Sndri thn08,Wlopun saya Gu2r pd Thp2 akhr tp saya Sangat bangga bisa sejauh itu mengikuti test,,, dan saya mengucapkan termia kasih buat POLRI Khususnya POLDA JABAR Tempat sya mendaftar..
    Insya ALLAH saya akn mengikuti test lagi tahun ini,,,
    Mohon Informasi tuk pendaftaran tahun ini? Apakah bulannya sama dengan tahun2008. dan persyaratnnya juga sama?
    Terima kasih
    Wasalamualikum,Wr,wb

  73. March 25, 2009 8:24 pm

    Pak…….. saya mau nanya, kapan pembukaan AKPOL Th 2009……………. apakah setelah pemilu atau sebelum pemilu……………… terima kasih Pak atas perhatiannya………………………………….

  74. yan permalink
    March 26, 2009 1:20 am

    Terima kasih atas saran dan informasinya

    saya tertarik jadi tertarik untuk bisa mengikuti tes akpol ini
    jika ada yang mempunyai informasi mengenai pendaftaran AKPOL saya sangat berterima kasih jika ada ada memberikan informasi kepada saya
    tolong kirimkan ke e-mail saya
    yancandra03@gmail.com

    Informasi mengenai penerimaan akpol kepada mahasiswa yang telah lulus atau yang sedang menjalankan kuliah karena saya sekarang sedang kuliah

  75. Niko permalink
    March 27, 2009 10:51 am

    pak polisi yang terhormat,.
    saya mau tanya pak,apa bekas luka tu berpengaruh pada penilaian masuk akpol??
    soalnya kaki kiri saya terdapat bekas luka berdiameter 2 cm,dan letaknya berada pada tulang kering saya,.
    tolong balas ke email saya pak,,
    terimakasih,,,

    @ Niko : saya kira kalo hanya bekas luka tidak menjadi masalah, sepanjang luka itu sudah benar-benar sembuh dan tidak mengganggu aktivitas fisik

  76. fadli permalink
    March 27, 2009 11:13 pm

    ass pak..
    thun 2009 ini saya mau mendaftarkan diri sebagai taruna AKPOL untuk mengabdi kepada masyarakat dan negara indonesia.
    yang saya mau tanyakan: saya pria umur 23thn S1 hukum. badan saya ideal tinggi 176 berat badan 66 kg. jadi klu di bilang body saya atletis. apa benar pak apbila klu badan udah terbentuk susah masuk AKPOL??
    dan klu wajah yang berjerawat itu gimana pak?

    @ fadli : kalo postur yang bagus saya kira tidak menjadi halangan, asalkan tidak seperti binaraga. kalo jerawat sebaiknya diobati.

  77. rani permalink
    March 28, 2009 10:36 am

    Makasih ngbalas, mau tax lagi neh…. kalo tes tulis pada penerimaan itu soal-soal hukum kepolisian itu seperti apa ya?? tolong dong dicontohkan?? trus, kalo penerimaan itu daerah mempunyai kuota beda-bedakah?? kalo khususnya wanita berapa dibutuhkan perdaerah, khususnya kota palu(sulteng).
    Trus, kalo kita punya pengalaman kerja bisa menunjang nilai plus pada waktu penerimaan akpol?? kalo kita bisa berbahasa inggris menjadi nilai plus juga?? mas, saya bertitle S.Kom dari jurusan teknik informatika, kepolisian masih membutuhkan S.Kom?? maaf mas banyak tanya, coz saya mau daftar akpol 2009 ini…

  78. moslem permalink
    March 29, 2009 12:20 am

    mass, bagus juga saran dan kiat2nya untuk masuk akpol !
    saya mau nanya kalo tahun 2009 ini menerima lulusan SMA tidak ?
    terimakasih

  79. fadli permalink
    March 29, 2009 12:36 pm

    mugkin bsa dpt di lht pd Email sy fadliwirapratamafani@yahoo.com

  80. nacho green permalink
    March 30, 2009 8:13 am

    ok.. thx informasinya….

    aku lulusan s1 hukum….rencana mau masuk akpol..

    mau tanya…kalo pendidikan akpol sekarang berapa lama yaa..?

    doa in biar lulus ya mas…

    @ nacho green : amin.. kalo system skrg yg input dari sarjana selama 2 tahun

  81. wahyu permalink
    March 30, 2009 7:37 pm

    dari teknik sipil ada ga kualifikasinya?tlng kirimin ke emile ku ya
    makasihhhhhhhangat sebelumnya

  82. randy fabregas permalink
    March 31, 2009 1:03 pm

    mas saya mw tanya syarat2 msk akpol?
    truz, saya kan lulusn dari manajmen transportasi laut…….. ada g kuota untuk jurusan ini……..buat d akpol..!!!!!!!!!!

    @ randy fabregas : untuk bidang ilmu yang akan diterima tahun 2009 masih akan ditentukan kemudian, tapi menurut saya kemungkinan bisa untuk diarahkan ke polair.

  83. Niko permalink
    March 31, 2009 5:58 pm

    ijin pak,,,saya mau bertanya,masa dinas surut 2 tahun untuk S-1 dan 3 tahun untuk S-2 artinya itu apa pak,?? dan apakah anggota perwira yang berijazah S-1 dan S-2 setelah dilantik menjadi perwira polisi akan mendapat pangkat yang sama??
    Terimakasih pak,,
    Sukses selalu,

    @ Niko : setelah dilantik pangkatnya sama, tapi yg mendapat masa dinas surut misalnya 2 tahun, artinya, apabila seharusnya pangkat Ipda selama 3 tahun, maka dia hanya menjalani 1 tahun kemudian naik pangkat ke Iptu.

  84. boko permalink
    March 31, 2009 6:00 pm

    terimakasih buat infonya,,
    good,,

  85. April 1, 2009 2:43 am

    Pak sy mw tanya mengenai pembukaan Akpol 2009..
    pda thun 2009 ini persyratan yg mencukupi sbgaimna thun kmrin,apkah ada perubahan untuk mendasari tamat SMA yg bsa memenuhi syarat…
    trimakasih sbelumnya…
    sy sangat ingin masuk ke AKPOL tnpa spengthuan orang tua sya..
    sya dilarang keras ikut akpol..
    kalupun mereka tau.. mereka akn brusha menggagalkan sya..
    krna pda thun 2007 kmrin abang sya di keluarin dri AKPOL
    krna ***** ****** ..
    itu sja Pak..
    sekian dan trima kasih…

    @ Ade Sampurna : Sebaiknya harus tetap seijin orang tua, karena dipersyaratkan dalam administrasi harus ada ijin dari org tua/wali

  86. hendra saputra permalink
    April 1, 2009 10:51 pm

    semoga di tahun 2009 tetap lewat S1 dan S2 klo lewat sma ya seperti saya korbannya korban penganiayaan,klo SMA kan pikirannnya masih di ******* pakenya emosi g pake kedewasaan ,segala maslah dituntaskan dgn otot..semoga kebijakan kapolri dan presiden tetap menetapkan lewat S1 dan S2.. namanya calon pemimpin dan kepala satuan lulusan akpol harus bersikap dewasa untuk memecahkan masalah,karena di bangku kuliah kita diajarkan dan dididik buat berfikir mengatur diri jadwal kuliah kita dan kiat yg mengatur mau mendapatkan nilai bagus atau buruk,jadi di mohon yang masih SMA ya kuliah dulu baru daftar akpol,biar tidak kaya anak kecil..
    dan yang sangat berpengaruh para ank2 jendral skr ini msh smu jadi jend. dan kombes2 pada teriak 2 buat isu ini itu agar di buat perubahan baru ,agar ank2 mereka ada kesempatan,bapak saya perwira polisi tapi saya ingin polisi yg punyaHATI NURANI dan OTAK..
    kita pikir pake logika yah,siapa lagi yang akan bantu ank2 mereka bila mereka pensiun..MASUK AKAL KAN teman2..sekedar intermezo dari saya trima kasih .kepada JEND.POL.SUTATO yang membuat kebijakan S1 dan S2.

  87. Wahady permalink
    April 2, 2009 11:13 am

    Pak mau usul knapa akpol ga dbuka sma aja lgi kn akpol itu d3 lgian juga lulusan akpol nglanjutin s1nya lagi di ptik ! Lgian bnyk orang dri klngn ank sma yg mau daftar kya saya misalnya

  88. ajir permalink
    April 3, 2009 11:12 pm

    bg eu..
    kapan pendaftaran masuk akpol bang,,

    ada buka tuk ank sma bg eu..

  89. dedy permalink
    April 5, 2009 3:12 pm

    Tipsnya bgs bngt Mas…, it’s inspiring..!!
    Saya jg pnya cita2 jd taruna Akpol. Saya lulusan S1 Administrasi konsentrasi Manajemen. Kira2 masuk kualifikasi jurusan Ekonomi apa ga ya mas, soalnya juga ada belajar akutansi dan manajemen….
    ditunggu tips2 berikutnya…?
    Trimakasih… :)

  90. krismastopo permalink
    April 8, 2009 10:57 am

    apa sarjana kehutanan diterima untuk jadi akpol mas,..? thanks buat informasinya

    http://krislois.blogspot.com/

    http://gkpa-medantimur.co.cc/

    @ krismastopo : sepertinya kalo untuk kehutanan tidak ada mas, trims udah mampir..

  91. revo permalink
    April 8, 2009 8:35 pm

    salam gabung
    mau tanya ini abang2ku smw dlu sya prnah ikut seleksi taruna akpol th 2008 sampe antropometri tapi kenapa gara2 telapak kaki saya yang kiri agak leper trs g lolos? padahal lari dll tetep ok,akademik juga 10besar trs.bagi sarannya..n petunjuk.cita2ku diakpol…terima kasih.

    • satria permalink
      May 11, 2009 7:51 am

      mungkin suatu saat bisa untuk pol hutan

  92. Adi permalink
    April 9, 2009 2:07 am

    Yang coba2 masuk Akpol pake nyogok Rasakan sendiri di dalam pendidikan akan Menderita, karena ga sesuai dengan kualifikasi yang di butuhkan

  93. tunggul permalink
    April 10, 2009 2:38 pm

    ohh jd gitu y,mas aq mau tx ni tes msk akpol tu susahan tes fisikx /tes tulisx ?thx

    @ tunggul : setiap tes pasti memiliki tingkat kesulitan tersendiri dan tidak bisa dibandingkan, karena menilai kemampuan calon dari segi yang berbeda.

  94. April 11, 2009 7:30 pm

    saya kepingin menjadi taruna akpol tetapi setelah mengikuti tes banyak saingan padahal saya memiliki cukup persyaratan untuk lulus tapi karena ga punya d##t jadi ga lulus digeser sama orang-orang yang punya ya sudah lah mungkin sudah nasibnya….

  95. April 11, 2009 7:33 pm

    untuk sekarang ini masuk akpol harus sarjana bagaimana yang dari sma

  96. adi permalink
    April 12, 2009 11:10 am

    pak untuk lulusan s1 paling lamba daftar akpol usia berapa ya????

    @ adi : untuk S1 maksimal usia 28 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

  97. teti permalink
    April 12, 2009 1:18 pm

    itut bc komen di atas trnyata ngeri jg yah…
    palagi untuk penerimaan taruna akpol tahun kemarin tidak ada yang berlatar belakang ilmu medis (dokter umum dan dokter gigi) serta penunjang medis(apoteker,psi,dll),..
    ayo dong om,pertimbangkan lg dari latar blakang madis (apoteker),..
    ga lucu kan,klo di taon akan datang bnyk om pol yank atit trs brobat mahal krn ga bs nyembuhin ndiri..
    sengganya klo ada kita dr apoteker (cie..) kita bs itut bantu ksh referensi obat yank ok’s (hehehe)
    taon 2010 ak itut ndaftar yah….

    @ teti : semoga saran rekan2 ini bisa dijadikan referensi bagi pengambil kebijakan di tubuh Polri.

  98. nai permalink
    April 14, 2009 3:10 pm

    Ass….Met soreeee Pak’
    saya pengen sekali masuk Akpol,semula saya pernah mengikuti tes Bintara pda Tahun 2004, nmn gagal dikrenakan pd wktu itu kondisi ekonomi org tua yang krg mendkung akhirnya saya dinyatakan tidak lulus dgn terpaksa…. bbrpa informasi yg sya dapat bhwa Akpol itu mhal Biayanya! sdngkan ada jga yang mengatakan bhwa tdak dipngut biaya! brhubung saya pernah tdk lulus dikarenakan adanya pungutan biaya yg sangat mahal. apakah dgn tdk punya uang org tidak dadpat mewujudkan cita2? wlupun diluar sana POLRI dan jajarannya sudah menghapuskan yang namanya sogok-menyogok. namun kenyatan di lapangan banyak kecurangan terjadi, bahkan ketika dipertanyakan jawaban yang mereka berikan (SUDAH TRADISI JADI JGN KO BERTANYA KARNA KLU KAU BERADA DI POSISI YG SAMA KAMU PASTI AKAN BEGITU)sngguh perbuatan yg mencerminkan bahwa kesuksesan dilihat dari Doinya bkan kemampuannya!!!!!!! saya berharap dan berdoa akan ada keadilan bagi org2 yg kurang mampu Agar dapat mwujudkan impian mereka. Tlg Pak sebagai pelindung masyarakat dengarkan aspirasi kami org2 yang ekonomi lemah agar kami bisa masuk dan ikut AKPOL/BINTARA. akan bgmna Nasib INDONESIA ketika pemimpinnya sudah kerasukan setan berpesta KORUPSI….! SEMOGA KAPOLDA SULSEL selaku anak daerah dapat melihat secara jernih dan bertindak secara bijak dgn anggota2 yg nakal di lapangan….kasian pak org2 yg krg mampu yg tidak bisa mewujudkan mimpinyahanya krena kurang DOENYA!!!!

  99. defri roza permalink
    April 15, 2009 9:10 am

    pak, saya ada niat mau tes akpol di tahun 2009 ini. saya asli penduduk di medan dan rencananya saya mau tes dijakarta karna saingan di kota medan sangat berat pak jadi saya coba tes diluar daerah . jadi kira-kira kalau saya penduduk baru di jakarta itu pak, saya boleh tidak mendaftar disana pak.
    “saya tunggu balasannya pak”

  100. BASUNI permalink
    April 15, 2009 2:31 pm

    ass.pak,saya pengen sekali masuk Akpol,beberapa informasi yang saya dapat bahwa Akpol itu mahal biayanya,sedangkan kondisi ekonomi org tua saya kurang mendukung.apakah tidak punya uang org tidak mewujudkan cita2 walau diluar sana POLRI dan jajaranya sudah mengapuskan yang namanya sogok-menyogok.pak tolong bagaimana caranya ingin cita2ku tercapai walaupun orngtua saya membolehkan tapi ekonominya tidak mendukung,saya sudah berusaha tidak ada informasi,tolong ya pak beritau secepatnya …..terima kasih wassalam………

  101. bambang permalink
    April 15, 2009 9:32 pm

    ass… dan
    dan saya mau tanya……ap ad perbedaan atara tes akpol dipanitia daerah dan pusat materi kajiannya….

    oy masalh psikotest pada umum ap aj menjadi gambaran diujikan khusus masuk akpol…??

    ap kah POLDA menyedikan untuk umum latihan test untuk psikologi???

  102. agung permalink
    April 15, 2009 10:31 pm

    malam pak,
    buat penerimaan taruna 2009 apa bisa dari sma?
    emang menurut pandangan polri dari sma tuh apa yang kurang?
    masalah orang itu tar jadi polisi baik atau gak kembali pada dirinya sendiri,juga seleksi yang ketat,setahu saya sih emang ketat kan?jadi pasti orang orang yang terbaik,apapun kata orang dan apapun yang terjadi saya tetep salut ama polisi.

  103. Tanu Wijaya permalink
    April 16, 2009 10:03 pm

    assw..bapak
    saya mw tau pasti pendaftaran Akpol 2009 kapan pak??
    saya dar S1 Perikanan & Ilmu Kelautan, apakah dari fakultas tersebut bisa masuk Akpol?? trimakasih

  104. April 17, 2009 11:34 am

    saya sebenarnya ingin sekali menjadi seorang polisi yang bisa mengayomi masyarakat dengan penuh tanggung jawab. . .,
    niat saya ingin menlanjutkan ke akpol atau secapa ? klu menurut mas sendiri lebih baik akpol or secapa ?
    saya baru semester 4 fakultas hukum …..
    umur saya sudah 20 tahun kira2 batas maksimum umur untuk mendaftar akpol berapa ya mas

    @ randy : kalo bagus mana itu relatif, karena sumber 2 sekolah itu berbeda dan tidak dapat dibandingkan. Taruna input dari masy sipil sedangkan secapa sekolah lanjutan untuk brigadir Polisi. Untuk usia maksimal masuk Akpol dari sarjana S1 adalah 27 tahun.

  105. arie gembul permalink
    April 17, 2009 5:15 pm

    mas,,maw nanya neh..
    denger-denger ALPOL sama PPSS untuk tahun 2009 ini dibuka lagi yah mas?
    dan apa betul untuk penerimaan AKPOL dibuka untuk semua jurusan S1 dan S2?
    kalau boleh saya maw tau info tentang AKPOL dan PPSS mas,kira-kira kapan d buka pendaftaran nya?
    makasih sebelum nya mas.

  106. tanu wijaya permalink
    April 18, 2009 12:10 am

    bapak.. jawab dong, saya bener2 ingin mengabdi ma masyarakat melalui POLRI, apa dari jurusan saya Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Kelautan bisa Masuk AKPOL pak?? mohon infonya saya masih bingung..
    trimakasih

    @ tanu wijaya : menurut ketentuan yang terdahulu tidak bisa.

  107. eka permalink
    April 18, 2009 3:06 pm

    kapan pembukaan akpol 09?

  108. franata wibawa permalink
    April 18, 2009 8:15 pm

    salam kenal,… saya fran dari cikampek,…saya lulusan universitas bandung,….bang saya punya adik dia ikutan tes akpol 2008 kemarin dia gagal tes kesehatan akhir karenasel darah putih lebih 2000,apakah fatal bang…,tahun kemarin polda jabar tes akpol ter bersih seluruh indonesia,salut ya padahal om saya kombes mental juga bang,….saya setuju akpol tahun kemarin gak bisa curang sama sekali bang….hasil tes langsung di umumkan langsung setelah selesai,….bravo….

  109. April 18, 2009 9:47 pm

    apa bisa tamatan SMA bisa masuk AKPOL..???

    saya ingin sekali menjadi seorang anggota polri,yang jujur dan berwibawa…!!!

  110. Ep ady permalink
    April 20, 2009 2:06 pm

    Semangat!saya anggota subden gegana jateng..2x daftar akpol dan gagal gak surutkan langkah buat daftar lagi..krn sy tau pndaftrn akpol bner2 brsih!pertnyaan pak,stlh lu2s akpol apkah boleh langsung nikah pak?trimakasih

    @ Ep ady : terima kasih atas atensi dan dedikasinya. Setelah lulus Akpol boleh langsung nikah, karena tidak ada ikatan dinas yang melarang pernikahan setelah lulus Akpol.

  111. Hadi Suprayogi permalink
    April 20, 2009 3:40 pm

    pak sy mau nanya kalau masuk akpol dari lulusan sarjana peternakan bisa g?terima kasih pak.

  112. nai permalink
    April 20, 2009 8:19 pm

    Ass……..!!
    Met mlm pak….’ sya Pngn msuk Akpol. Tpi Apa Benar Keperawanan Itu Adalah Syarat Utama Lulus Tidaknya Casis Polwan….! Mengingat Semasa Kecil Saya Itu Sering Skali Naik Sepeda Trus Jatuh Dan Kata Org Kperawanan Itu Ga Boleh sering jatuh.ktanya Klu Sering jatuh Bisa Hilang Perawan!… Gimana ya Pak? Saya Itu Sering Sekali Waktu Kecil dulu Manjat Pohon trus jatuh, Apakah Betul Hal Seperti Itu Bisa Mempengaruhi??????
    Blz Donk Pak…..! Thankz Before!!!!

  113. KUSUMA DEVI , S.H permalink
    April 20, 2009 9:25 pm

    Wah, sepakat dengan tulisan panjenengan mas. Sekarang sudah ga jamannya lagi titip2an,, kalo bangsa kita mau maju ya memang harus seperti itu, kasih kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk mengelola negeri ini, meski mereka ga punya duit dan datang dari ndeso. Hidup Indonesia !!!

  114. April 21, 2009 7:20 pm

    napa ciiiiiiii e’mail dari january taon 2009 ga da tanggapan kita jugakand butuh jawabanz……………. gimana ci,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, :(

  115. ilham tanjung permalink
    April 22, 2009 10:33 am

    ijin pak,,,,,,,,
    pak saya mo tanya nie, kapan pengumuman pendaftaran Akpol TA.2009,
    soalnya saya mo coba tahun ini tapi saya lom tau kapa
    pembukaan pendaftarannya.

  116. ilham tanjung permalink
    April 22, 2009 10:33 am

    ijin pak,,,,,,,,
    pak saya mo tanya nie, kapan pengumuman pendaftaran Akpol TA.2009,
    soalnya saya mo coba tahun ini tapi saya lom tau kapan
    pembukaan pendaftarannya.

  117. April 22, 2009 11:35 pm

    Saya punya info untuk teman seluruh indonesia.kemungkinan pendaftaran akpol dimulai awal bulan Juni 2009.untuk tahun ini kuota 300 orang se indonesia dan ada kabar baik untuk adik2 tamatan smu bahwa tahun ini akpol menerima lulusan smu dengan kuota 200 orang dan sarjana 100 orang.tentu lama pendidikan berbeda antara sarjana dan smu.untuk sarjana hanya menerima 2 fakultas yakni fisipol dan hukum sedangkan jurusan lain bisa punya peluang untuk masuk perwira karir.untuk smu diterima dari IPS dan IPA.

  118. safi'i candra permalink
    April 23, 2009 10:38 am

    pak pol,tes untuk masuk akpol itu batasanya maksimal sampai umur berapa ya??.trimakasih pak ,, saya tunggu balasan bpk…

  119. Ryant permalink
    April 23, 2009 2:57 pm

    Saya mahasiswa fak hukum, saya mau menanyakan untuk masuk AKPOl apakah bisa jika kita sudah ada kita ada ikatan dinas/pns, dan jika bisa prosedurnya gmn

    @ Ryant : Bisa dengan mendapat persetujuan/ rekomendasi dari Kepala Jawatan/ Instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai/ karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol.

  120. bvowo permalink
    April 23, 2009 10:53 pm

    yg saya dengar….penerimaan akpol kembali ke SMA yah….

  121. roni permalink
    April 26, 2009 10:26 am

    mas apakah klo gigi udah di cabut,berlubang n gak rata bisa ga masuk akpol?
    trus saya perokok gmn bisa gak ya mas lolos test kesehatannya…..?
    mohon petunjuk…. tp lebih baik daptar dulu ya mas……..
    mana kita tau kelemahan kita klo ga di uji dulu……
    salam kenal aja mas…..

  122. Fakhrurrazi permalink
    April 27, 2009 1:58 pm

    insyaAjjI bg tahun ini saya akan nyoba ikut tes Akpol..
    tolong doanya ya bg..!!

    pesan saya..agar abg tetap istiqamah dijalan Allah SWT..

  123. IUSTICIA permalink
    April 27, 2009 2:30 pm

    salam sejahtera pak,,
    saya Sarjana Hukum mw msk akpol thn 2009 ini,,
    stiap sya blang sma tmn2 mrk mlh tnya “ada yg msukin g?”
    saya jwb aja ada “yang Di ATAS”
    sya brmnat skli msk akpol krn sya ini cta2 sya sjak kecil.
    mslnya nanti sya ikt tes dan ad oknum yg mnnykan “kmu mmpu byar brpa?”
    klo ga lu2s krn gda potensi sya mklum tp klo ga lu2s krn gda duit sya bnr2 kcwa pak.
    apa yg hrs sya lkukan y pak??
    mksi byk ats jwbanx….

    @ IUSTICIA : Polri sudah berkomitmen untuk melakukan penerimaan Taruna Akpol yang bersih, transparan dan akuntabel. Apabila menemukan pelanggaran seperti itu silakan laporkan kepada pengawas internal maupun eksternal, atau bisa juga membuat pengaduan ke bagian Propam polri.

  124. ALdi_Numpang_LeWat_Ajah permalink
    April 27, 2009 3:27 pm

    HALOOO SEMUAANYAA!!!
    Halo juga pak!!

    Saya stelah liat2 komentar diatas banyak yang nanyain:

    1. Kapan pak pembukaan pendaftaran Akpol 2009??
    2. Kalo SMA bisa masuk akpol gak pak??
    3. Akpol batesan umurnya ampe brp seh??

    Pak saya gak tahan liat orang bingung. Mumpung saya tau, saya bagi2 nih.

    1. Pendaftaran bintara dan akpol mulai tanggal 27 April sampai 16 Mei 2009.
    So Buruan daftaar!!
    2. kalo akpol, ada beberapa sumber yang diambil. Dari SMA dan Sarjana
    3. akpol untuk sumber SMA: 21 tahun
    akpol untuk sumber D3: 24 tahun
    akpol untuk sumber S1: 25 tahun

    Dah gua taunya cuma itu. Itu info buat kalian2 yang mo daftar akpol.

    GOOD LUCK !!!!

  125. didi agus permalink
    April 27, 2009 7:26 pm

    mas pa bttul thn ini 2009 akpol menerima lulusan sma.?
    thankz b4

  126. yoga permalink
    April 28, 2009 8:02 am

    pa…apakah tahun 09 trima pndaftaran lulus SMA??
    trim

    @ yoga: bisa, silakan baca tulisan selanjutnya

  127. yoga permalink
    April 28, 2009 8:26 am

    mohon djawab pa pol………
    saya btuh bngt….

  128. angga permalink
    April 28, 2009 10:37 am

    aslmkm………saya mahasiswa hukum undip,,
    bulan mei ini Insya Allah saya sudah mencapat Surat Keterangan Lulus (SKL)tetapi saya baru bisa di wisusa bulan juli..
    pertanyaan saya apakah surat keterngan Lulus itu bisa digunakan untuk mendaftar sebagai taruna akpol 2009?terimakasih

  129. andyputra permalink
    April 28, 2009 12:52 pm

    pak., minta izin sebelumnya..,
    saya mau tanya ni.., saya adalah seorang lulusan smk teknik elekto arus kuat, dan sekarang sebantar lagi saya akan meluluskan kuliah DIII Fak.Teknik Elektro UGM.,
    yang saya mau tanyakan apakah saya bisa ikut mendaftar sebagai AKPOL., TA 2009 ini pak…??? terima kasih dan sukses selalu..,

  130. gazali permalink
    April 28, 2009 8:03 pm

    yang jadi gadik polri seharusnya juga melibatkan/direkrut dari lulusan sarjana keguruan supaya lulusan polisi menjadi lebih profesional.

  131. RADEN MAS NANANG HADININGRAT permalink
    April 29, 2009 8:05 am

    selamat siang,,,saya sgt tertarik sekali dg akpol dan saya harus bjuang keras smpe titik darah penghabisan,wlo gag ditrima di akmil,saya hrs ditrima di akpol,mohon tips2nya agar bisa ditrima di akpol…mohon doa n restunya untuk clon senior dari clon junior,,,,siiiiaaaappp

  132. LIAN permalink
    April 29, 2009 10:23 am

    Terima kasih atas Tulisannya Mas, saya mau menanyakan tentang penerimaan Taruna AKPOL Ta.2009 yang saya ketahui dari Koran Harian di PEKANBARU (RIAU), akan tetapi hanya SK Pemberitahuan Penerimaan tersebut hanya persyaratan2 umum dan syarat2 ketentuan lain aja,
    mas, dapatkah saya mengetahui persyaratan yang diatur/dikeluarakan terpisah dari SK pengumuman AKPOl Ta.2009 tersebut??,
    Terimakasih

  133. putra permalink
    April 29, 2009 10:31 am

    mas…penerimaan akpol 2009 ni msh bisa bwt tamatan sma g??
    kmren saya baca pngmuman yng ada di polsek di daerah saya. disana diinformasikan klo tahun ini penerimaan akpol masih menerima yang tamatan sma…benar g’ mas?…..mhon dblas…

    @ putra : bisa, tahun ini Akpol membuka pendaftaran untuk lulusan SMA dan sarjana hukum/fisip

    • putra permalink
      April 30, 2009 11:49 am

      mas..klo kita mau ngkutinn tes fifik..apa2 ja t yng harus disiapin??
      saya pernah ngikutin tes fisik waktu tes calon praja ipdn, waktu itu disuruh lari keliling lapangan, push up, dll.
      klo tes masuk akpol apakah sama kyk gtu??
      mhon d balas….

  134. Elvin permalink
    April 29, 2009 4:29 pm

    Mas Way yg budiman…….
    Saya mau tanya, berapa syarat Minimal IPK bagi lulusan S1…????
    Ada yg bilang 2,5 trs ada yg bilang 2,75..
    Untuk tahun kmren kan syarat IPK nya 2,5… Kl untuk tahun 2009 brpa yaaahh????
    Matursuwun untuk jawabannya…..
    Wassalam.

    @ Elvin : sesuai yang dipersyaratkan yaitu 2,75

  135. farizky permalink
    April 30, 2009 6:54 pm

    Ass…sebelum itu saya ucapkan salam kenal…mas,nama saya Vonny farizky asal bengkulu alumni pesantren al zaytun. Betul kata mas, sesuatu yang baik itu di mulai dari niat yang baik ,karna bangsa kita ini memerlukan orang2 yang seperti itu.Nabi Muhammad telah memberikan uswthul hasanah bagi kita{ umatx}:sidiq,amanah ,tabliq ,fathanah….tinggal kita yang mengikuti jejakx,dengan menggabungkan niat baik dan pendidikan yang baiklah yang dapat memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negarax…dan terciptalah orang yang baik pula dalam menjalankan tugas negara sehingga bangsa kita ini tidak buta dalam mengapai tujuanx Amin…. trimah kasih sekali lagi mas karna telah membuat saya percaya diri untuk mengikuti tes akpol bulan depan…mas saya mau bertax…Tuhan menciptakan manusia di dunia ini kan berbeda beda kmampuanx ,mau itu segi intelektual ataupun semangatx…dalam tes akpol biasax penilaian ….apa yang akan di ambil?mohon jawabanx mas????terimakasih…….

  136. April 30, 2009 7:55 pm

    Bpk n Ibu Polisi,, saya sebagai warga indonesia merasa kesulitan menjadi anggota kepolisian. saya dari orang miskin tetapi tekad dan kemampuan brani di bandingkan dari pendaftar polisi yang lain.Yang saya keluhkan kenapa org-org miskin spt saya sulit menjadi polisi? apakah menjadi polisi harus sedia Uang puluhan atau bahkan ratusan juta Bpk/Ibu Polisi? Inget, kalau Input nya Korup nanti Outputnya juga korup bahka bisa lebih. maaf sebelumnya;

    • Muhamad Azhari permalink
      May 4, 2009 1:11 pm

      Arya tenang aja, kalo masalah kemiskinan yang menjadi pemadam obor semangat arya, saya yakin tidak akan ada lagi nilai lebih untuk Arya bagaimana kamu merubah itu kamu sendiri yang tau, kebarhasilan bukan cuma milik orang kaya Ar kenapa kamu harus hawatir, kemiskinan kita dan orang tua kita bukan kesalahan tapi itu suatu kemuliaan jika kita bisa bangkit untuk merubah itu, makusudnya bukan berarti bila arya sudah menjadi anggota Polri arya memperkaya pribadi denfgan cara yang salah walaupun kesempatan itu akan ada. Ar saya cuma punya pesan 5 B (Bercita2 mulia, Berdoa, Berusaha, Bersemangat, Berhasil) saya yakin arya akan lebih bersemangat dengan ikhlas menerima yang terbaik menurut Tuhan

  137. septa permalink
    April 30, 2009 8:06 pm

    mas??maw tanya nih..??
    ktnya pendaftaran AKPOL nilainya harus paling tinggi dari masing-masing daerah dikatakan dari ketua panda..maksudnya gmn itu mas??

    terima kasih mas..

    blz di email sy ..

  138. branzki permalink
    May 1, 2009 1:39 am

    salam Hormat bang…
    mengapa penerimaan AKPOL dari Tingkat SMA untuk jurusan Bahasa tidak di Terima?
    trima kasih untuk jawabannya bang.

  139. dani permalink
    May 1, 2009 8:38 pm

    pak gmn y hilangin varises selain suntikan????tlong y pak

  140. beno permalink
    May 1, 2009 8:50 pm

    pak apabila cew ato cow dah ML pengaruh g pak dalam dftr atopun tes polisi
    terus apadila ad cacat dikit dijari cuman pernah melesat pengaruh g pak

  141. dani permalink
    May 1, 2009 8:52 pm

    gimana ya pak hilangin varises selain suntikan???

  142. May 1, 2009 9:07 pm

    cara hilangin varises tanpa suntikan

  143. PRIMA permalink
    May 1, 2009 9:12 pm

    mas klo mau masuk akpol itu jurusan SMA nya IPA or IPS
    blz cpt ni ptg bgtz…..

    @ PRIMA : bisa IPA dan IPS

  144. May 2, 2009 8:21 am

    masuk akpol berat badan kurang bisa gak…?
    soal nya aku pengen banget masuk akpol tapi, berat badan ku kurang,tinggi nya sie pas yang bermasalah berat badan ku,, gimana ya…?

  145. Suandri Anggriawan Manao permalink
    May 2, 2009 10:42 am

    Saya mau nanya syarat ijazah ,,

    saya tahun 2008 tidak lulus ujian SMA di Baiturrahmah Padang,,

    dan say sudah lulus ujian ke2,,dan ijazah na bertulisan Paket C SETARA SMA DAN MA,,

    Menurut dinas pendidikan ijazah ini bisa dipergunakan untuk keperluan apapun…….

    Menurut bapak kepolisian apakah bisa ijazah itu dipergunakan untuk mendaftar jadi AKPOL??????????????????

  146. May 2, 2009 12:19 pm

    Salam Kenal pak, maaf sprt yang Bapak tls d artikel Bapak, kalo Tes Sprt itu, pst byk yang mw msk Pak, Mudah2n itu nyata…
    Sy akan ikut tahun ini dan saya dari Bintara Pak, tp sy ms ragu soal mslh yang sprt Bapak Bilg, sy takut pada saat Tes nanti malah ga Kejadian yang sprt Bapak bilang…
    Tp Saya akan tetap berusaha Pak..
    Makash ya Pak atas Sarannya…

  147. fredy permalink
    May 2, 2009 5:52 pm

    mas mw nanya ne??? katanya untuk pendaftaran akpol, bisa semua jurusan atau tidak??? kalo dari jurusan kesehatan, boleh gak???

    @ fredy : disiplin ilmu yang diterima akpol tahun ini untuk sarjana hanya dari hukum dan fisip.

  148. sang permalink
    May 2, 2009 9:45 pm

    makasih atas sarannya.
    saran bapak sangat berguna untuk saya.

  149. ilham kurniawan permalink
    May 2, 2009 11:25 pm

    Ass.

    Salam hormat .
    Pak wahyu nama saya ilham , saya masih pelajar sma ,cita2 saya dari kecil memang di tuntut untuk menjadi akpol,seperti paman saya kombes zulkarnain lulusan akpol tahun 84, yg saat ini baru menjabat sebagai Kasubdit bina mitra polri. katanya buat penerimaan akpol tahun 2009 dibuka pendaftarannya tanggal 04 mei 2009 dan tamatan dari sma boleh mendaftar…dan apabila bnr ini kbr baik,buat teman2 yg mau daftar

  150. ilham kurniawan permalink
    May 2, 2009 11:29 pm

    YG TERHORMAT,,
    BPK.WAHYU
    ini nama email saya serdatooyf@yAHOO.COM …. BISAKAH SAYA MINTA EMAIL BPK. AGAR SAYA BISA KONSULTASI LEBIH DEKAT ,,,TRIMA KASIH SEBELUMNYA

  151. May 3, 2009 3:41 pm

    saya numpang mampir aja pak..
    tapi apa tes kesehatannya masih ada buka2annya..
    jujur masih trauma nih..

  152. IUSTICIA permalink
    May 4, 2009 12:07 pm

    makasi bnyak atas jwbannya ya pak……

    saya mhon do’ax pak,,,moga2 sya dbri ksmpatan untuk mengabdi sbagai pngak hukum yg baik,,,mdah2an bnr kata org bijak “nama adalah do’a”

    sukses jga buat bpk,,,wslam

  153. Muhamad Azhari permalink
    May 4, 2009 12:58 pm

    Saya sangat se7 dengan penulis, kenapa? karena menurut pendapat saya ada tuhan yang menentukan jalan hidup kita, berusaha sambil berdoa adalah kunci sukses setiap cita2, berusaha dalam hal ini bukan “berusaha nyogok” yang pada akhirnya merugikan pribadi dan keluarga, bila memang di terima dengan cara itu saya bisa pastikan yang terjadi nanti adalah sistem balas dendam (balik modal) dan itu yang menjadikan kita raja tega. Bila memang kita sudah diridhoi masuk dalam seleksi penerimaan kenapa kita harus nyogok, memang takdir tidak bisa kita ketahui tapi kita bisa memohon untuk perubahan itu dengan syarat berdoa dan berusaha dan jadikan itu yang terbaik menerut Tuhan. Mulai sekarang penerimaan Akpol tidak ada lagi hubungannya dengan 3 D (Duit, Dukun, Dekeng), tapi menjadi 4 B (Bercita2 Mulia, Berusaha, Bersemangat, Berhasil), salam sukses

  154. ahmad noor kholis majid permalink
    May 4, 2009 3:55 pm

    pak saya mw nanya..
    saya lu2san SMA..
    apakah nilai2 dari UAN berpengaruh waktu pendftran ??
    terima ksih..

  155. heru permalink
    May 4, 2009 8:55 pm

    mmm…trims mas…info masnya menambah kepercayaan diri buat mencoba lagi…habis penasaran…hehe…tapi yang jadi pertanyaan bagi saya bukan ada sogokan atau enggak…tapi gimana dengan anak pembesar POLRI berbintang yang menetap di MABES dengan bisa hanya mengirimkan memo ke PANDA atau PANPUS AKPOL bisa membuat sanak saudaranya masuk tanpa melihat hasil tes/memperbaiki hasil tes yang kurang bagus…hal itu sudah merupakan rahasia umum dan menimbulkan opini bahwa profesi polisi juga merupakan profesi sanak saudara beserta keturunannya…ya nggak…????

  156. aLLan aLdista permalink
    May 4, 2009 9:04 pm

    mas,.
    mau tanya ne.,

    knapa skrg penerimaan utk S1 d bka lagi utk sma????

    owy.,
    utk penerimaan d pusat, payah gag tantangan nya utk lulus mas??
    maksi y mas!!

  157. MEXESAID permalink
    May 5, 2009 11:08 am

    pak polisi yg baik.kalo melakukan razia jangan sembarangan masak malem minggu aja ada razia .razia aja tu para psk

  158. tamy permalink
    May 5, 2009 1:25 pm

    sore mz Wahyu.. mw tau g image ap yg ad dlm pqranQ kalo denger kata kepolisian??? y duit…duit…dan duit…
    mw msuk jd polisi ja “musti” byr ratusan juta rupiah.. kudu punya sponsor dr yang bpangkat2 bintang.. yach… gimana mo nghasilin anggota polisi yang bKualitas kalo gitoch…
    q punya kenalan tmn, polisi.. tp dy tu gebleek bgt.. q mpe heran ndriii… kq bisa y dy kTrima jd polisi?! yg katany ujian msuk polisi kudu nglewati tes sleksi yg super-dupper syuuusyaaah….

  159. Eko Setiawan permalink
    May 5, 2009 3:29 pm

    Ucapan salam dan semangat terlontarkan untuk awali perbincangan ini.
    saya ingin menanyakan apakah tahun 2009 ini AKPOL bersedia membuka Lowomgan untuk para lulusan SMA?, kalau boleh tahu Apakah nanti dalam pelaksanaan test,ada pengujian renang?,
    Mohon jawabannya…..
    terima kasih.

    @ Eko Setiawan : info detail silakan baca di posting selanjutnya.

  160. loys permalink
    May 6, 2009 12:33 am

    mas klo SMA dri IPS bisa masuk ga???
    mksih tas jwbna…..

    @ loys : untuk lulusan SMA bisa dari IPA dan IPS

  161. jikujikuji permalink
    May 6, 2009 3:35 pm

    saya siswa sman 2 kuningan.
    gambaran susahnya lolos test akpol itu gimana?? kalau di bandingkan dengan SNMPTN itu susah mana kira”?

    materi testnya apa aja?

    ditunggu jawabannya. makasih. :D
    mychem_dji@yahoo.com

  162. inoie permalink
    May 6, 2009 7:40 pm

    saya pelajar kelas 2 sma,,
    saya ingin sekali masuk akpol,, py udah gag bisa lulus sma gy ya…
    trus kalo ntar saya ambil jurusan psikologi bisa gag??
    please reply
    thank you

  163. jikujikuji permalink
    May 6, 2009 8:53 pm

    saya siswa SMAN 2 Kuningan. sangat berminat masuk akpol 2009/ 2010.

    bagaimana gambaran susahnya masuk akpol? gimana kalo dibandingin sama SNMPTN ?

    test-nya seperti apa dan materi apa aja yang diujikannya apa aja??
    maaf ya banyak tanya.

    ditunggu jawabannya.
    d mychem_dji@yahoo.com
    maksih banyak. :D

  164. May 7, 2009 10:28 pm

    bagi bagi donk tips buat masuk akpol????

  165. May 10, 2009 6:33 pm

    Assalamualikum WR,.,.,.,.
    Saya secara pribadi dan jujur melihat pendaftaran akpol 2009 ini sangat kecewa dan saya melihat tidak ada kekonsistensian dari pihak POLRI sendiri..karena di tahun 2008 saya lihat bahwa untuk masuk akpol harus sarjana S1 dan S2 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas POLRI itu sendiri,,
    saya ingin menuliskan beberapa cerita yang terjadi dan sedikit berkomentar yang menyangkut pendftaran AKPOL:
    1) Keponakan saya (yang baru lulus SMA) yang bercita-cita sekali ditahun 2008 ingin masuk tidak bisa, dan akhirnya ditahun 2009 ini dia sedang kuliah semester2awal untuk mengejar kuliah supaya bisa masuk akpol ditahun 2012, nahh disini kan bisa dilihat bahwa saudara saya itu sendiri telah mengeluarkan biaya untuk masuk kuliah agar bisa masuk akpol kelak, harus sudah membayar uang kuliah yang cukup besar meskipun dia mendapatkan beasiswa di fakultas Ekonomi, namun ditahun 2009 ini ternyata dibuka kembali pendaftaran untuk SMA, sekarang dia sedang mengalami DILEMA, apakah dia ikut mendaftar atau tidak..padahal saya melihat dia mempunyai potensi sekali untuk menjadi perwira POLRI yang baik, selain itu dia putra daerah yang selalu juara satu didalam materi kurikulumnya dan jasmani dan rohani yang baik dan 3 besar juara renang sedaerah..
    2)Berikutnya adalah saya ingin menanyakan perbedaan AKPOL dan PPSS?..kalaupun nanti keponakan saya ini lulus kuliah dulu baru mendaftar AKPOL, diapun tidak bisa mendaftar karena ditahun 2009 saja peraturannya sudah berbeda apalagi tahun 2012..karena ditahun 2008 fakultas ekonomi masih diperkenankan namun ditahun 2009 ini dibedakan lagi..fakultas ekonomi sudah tidak diperkenankan lagi..
    Pertanyaan saya:
    1)kenapa POLRI tidak mempunyai konsistensi didalam persyaratan pendaftaran AKPOL? yang seharusnya ditahun 2008 opini publik mengenai calon perwira POLRI sudah menunjukan reputasi yang baik karena harus dari lulusan S1 dan S2 kenapa sekarang ditahun 2009 ini diperkenankan kembali bagi lulusan SMA?
    2)Kenapa hanya lulusan Fakultas Hukum dan FISIP yang hanya diperbolehkan mendaftar akpol tahun 2009 ini? dan kenapa lulusan S1 dan S2 dari fakultas selain HUKUM DAN FISIP tidak diperkenankan lagi?padahal bukannya lulusan S1 dan S2 dari fakultas lain sudah pernah SMA?apa bedanya dengan lulusan SMA yang diperbolehkan sekarang?
    Diluar hal-hal yang telah saya sampaikan saya tetap mendukung POLRI untuk selalu mengayomi masyarakat indonesia…sukses untuk POLRI,.,TERIMA KASIH…WASSALAM,WR

    @ anto : terima kasih sebelumnya atas dukungan dan perhatiannya terhadap Polri. Tentu saja setiap kebijakan tidak dapat memuaskan semua pihak. Tapi pasti didasari dengan kajian yang mendalam demi kebaikan dan masa depan institusi Polri. Saat ini Polri masih terus berbenah diri, dan ini bagian dari reformasi di tubuh Polri. Kalo sdr ingin mencoba mendaftar Akpol tahun ini tentu bisa dengan menggunakan ijazah SMA (apabila kesarjanaan yang ditempuh tidak memenuhi syarat pendaftaran). Akpol dan PPSS nantinya akan berbeda,PPSS akan menerima sarjana dengan bidang keilmuan yang lebih luas sehingga dapat dijadikan bantuan teknis bagi petugas operasional Polri di lapangan.Semoga jawaban singkat ini bisa membantu. Trims.

  166. tiur bunga gadissa permalink
    May 11, 2009 3:22 pm

    insya allah, tahun ini saya akan mendaftarkan dan mengikuti seleksi taruni akpol 2009.
    mohon doa dan dukungan nya agar saya bisa lolos dan diterima sebagai taruni akpol serta dapat mengikuti pendidikan di akademi kepolisian.
    Amin.

  167. fariez permalink
    May 11, 2009 3:49 pm

    wahhh…….ma..kasih mas karang ini jad gak sia2 mao latihan fisik buat akpol niegh …..
    chayo polri…
    tap …mas benar tuh…..

  168. May 11, 2009 10:20 pm

    salam hormat……
    saya mahasiwa s1 hukum….
    saya mau tanya….tiap2 provinsi/polda biasanya meluluskan berapa orang untuk menjadi taruna akpol..
    sekian dan terimakasih…
    mohon di balas…

    @ jenn andrea : tiap daerah akan berbeda-beda tergantung quota yang dimiliki daerah itu, semakin besar daerahnya akan semakin banyak quotanya.

  169. muhammad ilham ramdhan putra permalink
    May 12, 2009 7:01 am

    terimakasih atas saran nya saya akan coba.
    untuk tahun 2009 saya sudah berniat pengen daftar ke akpol.
    minta doanya …………(*_*)ditunggu saran berikutnya.,.,

  170. muhammad ilham ramdhan putra permalink
    May 12, 2009 7:05 am

    minta doanya y.,.,
    apa tips berikutnya?saya lulusan dari sma takut ada drikiminasi sama yang udah s1???

    ym :musisi_iam
    Facebook: mu5i5i_iam@rocketmail.com
    friendster: joe_satriani@ilham.com

  171. muhammad isa pramana permalink
    May 12, 2009 12:46 pm

    klo lulusan sma bsa ga daftar ke akpol

  172. rolli permalink
    May 12, 2009 10:00 pm

    pak mau nanya.. lulusan s1 tahun 2009 bisa ikut gak, soalnya ijazah blum keluar..
    apa bisa pake ijazah sementara, asli nyusul

  173. Kevin permalink
    May 12, 2009 11:48 pm

    mohon izin…
    saya seorang brigadir polri berpangkat bripda dengan umur 21 th ( telah melaksanakan 1,4 th dinas setelah magang )

    terimkasih pak… atas info yang diberikan, jujur setelah membaca ulasan dari bapak, semangat saya untuk mencoba menghikuti tes akpol… menjadi semakin bertambah ( Mohon DOa’nya),
    terkadang saya sangat heran dengan jawaban rekan-rekan saya yang masih berkesempatan untk mengikuti test akpol, mayoritas dari mereka selalu menjawab ” TIDAK PUNYA UANG ” padahal menurut saya itu hanya alibi / alasan dari mereka yang tidak mau cape ( Males ) untuk mengurus semua administrasi, atau bahkan nilai NEM mereka tidak mencukupi ( Minim 6,5 Untuk IPA / 7,0 untuk IPS )

    sekali lagi terimakasih pak..

    semoga dengan program QUICK WINS, POLRI semakin dipercaya oleh masyarakat..

    ammin..

  174. ansori permalink
    May 13, 2009 10:49 am

    MAS numpang tanya,
    saya sarjana Hub. Internasioonal. Kemarin saya baca info soal penerimaan AKPOL.
    Saya tertarik banget buat oba masuk akpol tapi ada satu masalah yang masih saya bingungkan. Saya punya bekas tindikan di telinga. Apakah itu jadi hambatan buat saya daftar dan di AKPOL???? Boleh minta nomer contactnya mas???
    Terima kasih sebelumnya.

  175. M JUNISKO RISYAN permalink
    May 13, 2009 12:42 pm

    gmana pak supaya sukses lulus test akpol 2009 ini pak ……..

    apa saja yang hendak di pelajari,di tes PU nya nanti pak…

    mohon bantuanya ni pak ya …
    terima kasih

  176. M JUNISKO RISYAN permalink
    May 13, 2009 12:44 pm

    gmana pak supaya sukses lulus test akpol 2009 dari SMA ini pak ……..

    apa saja yang hendak di pelajari,di tes PU nya nanti pak…

    mohon bantuanya ni pak ya …
    terima kasih

  177. rhio permalink
    May 13, 2009 9:47 pm

    mas,,,,, numpang mampir yah,,,,, aku baru aja ngurus berkas tuk syarat pendaptaran yang ingin aku tanyain,,, kan di syarat akpol itu ada berkas ijazah yang dilegalisir pihak yang berwajib,,, yang ingin saya tanyakan ijazah apakah ijazah itu harus dilegalisir oleh pihak dinas pendidikan atau cukup di sekolah asal aja?????
    mas tolong bantuan dan jawabannya yah,,,,,
    terimah kasih sebelumnya,,,

    @ rhio: dilegalisir sekolah asal saja

  178. ary permalink
    May 14, 2009 10:55 am

    salam,,
    pak/mas, saya mau tnya, apakh prestasi-prestasi yang pernah di raih oleh tmn2 (misal, semasa sma or kuliahnya) yang mau daftr AKPOL itu tidak di toreh or diperhatikan sedikpun?
    dlam hal ini mungkin mksd saya, apakh tidak ada keistimewaan bagi rekan2 yang sudah memilki prestasi baik di daerah, nasional, maupun internasional untuk masuk AKPOL ini?
    trma kasih.

    @ ary : prestasi2 yang minimal berlevel nasional akan mendapatkan penilaian tersendiri dan masuk dalam talent scouting.

  179. May 15, 2009 8:34 am

    Wah, pak ternyata begitu yah…
    Saya jdi smakin smangat neh..
    pada awalnya saya takut, habisnya kalo masuk akpol itu kan perlu banyak keluar uang…tpi skr pandangan sya jdi beda..sya jdi tmbah pede neh..
    doakan sya ya pak..moga2 bisa ketemu bapak di akpol sana. a..min

  180. Nico permalink
    May 15, 2009 10:03 am

    Ijin pak,,,
    saya mau bertanya,,berapa tahun pendidikan taruna Akpol yang tamatan dari SMA,,??dan apakah bagai mana jenjang karier yang akan di berikan bagi tamatan SMA dengan tamatan S-1,,,apakah pendidikan akn di samakan,,???
    terimakasih buat jawaban nya.

    @ Nico : untuk input dari sma pendidikan selama 3 tahun 4 bulan. untuk karir bisa dikatakan sama, hanya kepangkatan dari sarjana kemungkinan akan diuntungkan dengan masa dinas surut.

  181. sumasa permalink
    May 15, 2009 2:06 pm

    pak polisi yang terhormat saya mau tanya awal pendaftaran ppss apa langsung dites lari atau ukur tinggi n berat badan ?
    dan apa saja yang harus dibawa?

  182. May 15, 2009 4:35 pm

    Apa benar mas pendidikan di AKPOL bagi yang sudah sarjana dan sudah pernah mengikuti pendidikan secaba polri hanya 1,5 tahun ?

    @ erwin susetya : untuk penerimaan tahun 2009 yang berlatar belakang sarjana, pendidikan selama 1 tahun 4 bulan, yg secaba tapi bukan sarjana sesuai ketentuan seperti input SMA.

  183. rian permalink
    May 15, 2009 5:31 pm

    kpn ya akpol riau ditutup…………………………………………….?

  184. een permalink
    May 15, 2009 8:31 pm

    memang realita di masyarakat klo jadi polisi itu Enak karena kenyatanya banyak seperti itucoba mas liat kelakuan oknum Polisi di daerah yang -pamer kekayaan, bintara yang dua tahun dinas sudah bisa beli rumah ada yang punya mobil sampai 3 buah yang harganya 1 unitnya 200 jutaan ini terjadi di palembang, apalagi kanitnya..sekali 86 (damai ) masalah narkotika bisa puluhan juta…klo melihat polisi sampai sekarang ini saya ragu dalam penegakan hukum bisa-bisa yg gak punya uang saja yg nginep di penjara.tapi saya sangat yakin klo masih ada polisi yang baik tapi bisa dihitung itu klo polisinya takut sama Tuhan. coba mas liat orang-orang dari reserse narkotika poltabes palembang…saya tidak bermaksud menjelekkan institusi polri tapi itulah realitanya, bagi oknum yg jujur dia pasti gak akan bertahan di kesatuan spt itu…coba di tes urin semua oknum polisi narkotika itu sebab bandarnya teman mereka jadi klo mereka butuh tangkapan, yang jadi korban adalah pemakainya saja bukan penjahatnya, makanya di kota palembang ini narkoba mudah didapat dari data BNP jumlahnya naik secara signifikan….yaahh mudah mudahan mereka bisa benar-benar meresapi apa arti catur prasetnya dan sapta bayangkara….AMIN

  185. RIVAI MANULLANG permalink
    May 17, 2009 2:17 pm

    SYALOOM ,,,,,
    Mohon ijin Pak
    saya seorang bintara polri lulusan sma
    dan umur saya sekarang 22 th dan sudah melaksanakan masa dinas sekitar 2,6 tahun setelah magang
    betul pak, saya setuju dengan opini yang bapak berikan bahwa kita harus percaya pada kemampuan sendiri, terbukti oleh saya sendiri pak
    2 tahun yang lalu rekuitmen akpol dari s1 dan s2, dan saat tahu itu saya berpikir untuk segera kuliah, disamping kuliah saya sambil berdoa kepada Tuhan agar Tuhan memberikan kesempatan kpd saya untuk bisa mendaftar akpol dan dididik menjadi Tarina Akpol, dan doa saya di jawab Tuhan tahun 2009 ini
    rekuitmen akpol dari sma dan umur saya cukup Puji Tuhan…
    saya semakin semangat dan percaya diri
    saya sudah mendaftar dan sudah dapat no ujian pak
    semoga saja saya lulus seleksi taruna akpol 2009 ini
    walaupun saya ada semacam masalah di kesehatan saya, tapi saya coba percaya Mukjizat Tuhan Nyata…
    bukan mau sompral pak,semoga keinginan saya menjadi Taruna Akpol 2009 ini selaras dengan kehendak Tuhan ,jika Tuhan berkehendak semoga saya di terima menjadi Taruna Akpol 2009 ini dan bertemu dengan bapak di AKPOL SEMARANG nanti…
    Dalam NamaYesus Amin….

  186. TB.Ismail permalink
    May 18, 2009 10:51 am

    Aslm.wr.wb
    Masukan yang sangat bermanfaat.Saya adalah mahasiswa dari salah satu universitas swasta di Bogor fakultas kegururan dan ilmu pendidikan jurusan bahasa Inggris. Insyaallah, tahun dpan saya lulus S1 ( sekitar bulan Mei 2010 ). Dengan berbagai macam faktor, saya menjadikan AKPOL sebagai option pertama dan terakhir saya setelah lulus nanti. Saya hanya orang biasa yang mempunyai niat untuk memperbaiki hidup. 3 hal yang akan selalu saya bawa dalam hidup saya, yaitu : Positif, berani dan bertanggung jawab. “Ikhlas dan sabar” adalah moto hidup saya. I’m just an ordinary people who has an extraordinary ability. Semoga Allah SWT mengabulkan do’a saya untuk menjadi Taruna Akpol 2010. Amin.

  187. Christopel permalink
    May 18, 2009 11:20 am

    Bang….Makasih banyak buat info nya…
    Sekarang AKPOL t.a. 2009 dah nerima SMU-sederajat koq…
    Aq minta dukungan dalam doa nya Bang,moga2 keterima…Aq bakal test untuk wilayah sul-sel di Makassar…
    Kalu boleh tau lagi,Akpol ini Pake sistem PENJATAHAN jumlah Taruna setiap daerah gak???

    _Tengkyu_

    @ Christopel : benar menggunakan quota setiap daerah..

  188. May 18, 2009 4:49 pm

    entah benar entah salah..
    sekarang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi,kalo mau masuk polisi (endaftar jadi anggota polisi),harus mengeluarkan uang yang luar biasa besarnya.
    kisaran 70 juta lebih.
    hhhhfff_
    padahal setiap ada pembukaan pendaftaran, selalu dipampang spanduk besar bertuliskan intinya ” memanggil putra putri bangsa untuk menjadi anggota polisi, tanpa dipungut biaya..”

    trus??

    saya selalu berharap plisi benar benar profesional dalam setiap tindakan.sehingga jadi teladan bagi masyarakat..

    sebenarnya apa yang terjadi dalam proses perekrutan anggota polisi??

    mohon kepada semua saja!!!
    ayo kita hidup bersih!!
    tinggalkan budaya sogok menyogok!!!

    polri!! ayo berbenah!!

    semangat plisi!!
    bravo polisi!!
    bagimu negeri jiwa raga kami..
    indonesia pasti akan jaya dengan polisi yang berkualitas..
    amin…
    salam!!

  189. rizky permalink
    May 19, 2009 12:54 am

    Assalam mualaikum wr.wb
    Thanks mas informasinya,saya salut dgn mas yang brani tranparan dan terbuka.kebetulan saya brcita-cita masuk akpol.
    mas kira2 prsiapn pa saja klo kt mw mngikuti tes akpol?
    smg aprat yang lain dpt mncnth n’ brtmbh mas wahyu lainny.
    sukses ja mas
    DOAIN SAYA Y MAS…………………….
    wallaikum sallam wr.wb

    @ rizky : persiapan yang diperlukan tentu selain administrasi, kesehatan, akademis. Disesuaikan dengan tahapan tes yang akan diujikan.

  190. tom permalink
    May 19, 2009 8:40 am

    kumandangkan terus anti korupsi dan suap dik, sy alumni akpol jg dik, anaknya pns gol rendah bisa masuk akabri kepolisian tanpa uang sepersenpun, lebih baik menjadi polisi yg menderita tp benar dp menjadi polisi yg tajir tp jahat

  191. calon perwira permalink
    May 19, 2009 3:20 pm

    bang mau tanya nih daftar akpol jakarta dimana ya?
    kalo boleh minta website polda jakarta dong?

    @ calon perwira : datang saja ke biro personel polda metro di daerah semanggi. http://www.metro.polri.go.id/

  192. ade noviandi permalink
    May 19, 2009 8:56 pm

    mkasih infonya…!!!
    mas, sy mw nmpang tanya.
    Tes kesehatan tu ap aj yg d tes…???
    n kalo lari brp kliling kira2, push up n side up nya jg brapa minimal…???
    thx. sblumnya…

    @ ade noviandi : untuk tes kesehatan lengkap baik fisik luar/dalam, diantaranya tekanan darah, fungsi organ tubuh, periksa urine/darah, varises, varicocle, dll. untuk nilai tes kesamaptaan (lari, push up, sit up, pull up, shutle run) ada tabel penilaian tersendiri. tapi kalo saran saya lari min 6 putaran (400 m), push up 40. sit up 40, pull up 5. Semoga bisa membantu.

  193. AKPOL 2009 permalink
    May 21, 2009 7:27 am

    Alow, Saya mau tanya donk perbedaan AKPOL dengan PPSS (Perwira Polisi Sumber Sarjana) itu apa yach?
    lalu untuk PPSS gimana jenjang karir nya?
    thx

    @ AKPOL 2009 : yang menonjol perbedaanya adalah bidang keilmuan yang direkrut. PPSS lebih banyak bidang ilmu yang dibuka. Untuk jenjang karir PPSS akan lebih spesifik pada tugas yang berhubungan dengan keilmuan yang dimiliki.

  194. dewi rosliana permalink
    May 21, 2009 8:14 pm

    As………
    Pak saya mau tanya…kenapa sih akpol tetap ga terima Sarjana Hukum Islam????padahal kan kurikulumny juga banyak yang sama………….apa bedanya dengan sarjana hukum biasa toh juga pengadilan agama meskipun ada label agama tetap terima sarjana hukum koq pak walaupun pengetahuan mereka mengenai hukum islamnya kurang. Tolonglah pak jadi perhatian sekali lagi mengenai masalah ini……………..Kalaupun memang tidak ada harusnya pihak yang menerima pendaftaran bisa memberikan informasinya dari awal jadi jangan hanya memebrikan angin segar saja, masalahnya saya juga ikut jadi korban pak…kalau memang dari awal semenjak saya tanya ke panitia sudah ada ketegasan Sarjana Hukuk Islam ga bisa masuk ya saya banting stir ke bintara pak…….tapi kan sekarang bintaranya juga dah tutup….jadi saya harap pak agar tidak ada lagi yang kejadian seperti saya semua personilnya harus punya pemahaman yang sama mengenai ilmu hukum agar tidak banyak persepsi yang muncul nanatinya……….ok pak polisi!!!!Mohon jadi pertimbangannya ya pak………….

  195. Gandy permalink
    May 22, 2009 12:35 am

    Ijin bertanya ndan! Apa bs S1 Psikologi daftar Akpol???? Knp hax Fak Hukum&Sospol yg dpersyaratkan? Kan Psikologi jg berhubungan dgn Ilmu Kepolisian?Apalagi u/ jd seorang pemimpin yg baik. mohon ptunjuk……

  196. Reza permalink
    May 22, 2009 6:43 pm

    RASTRA SEWAKOTTAMA(abdi utama dari pada nusa dan bangsa)=Kok masih ada Pungli,sogokan,kekerasan di akpol,CATUR PRASETYA=mENGAPA MASIH ADA bEKING2 JUDI,Preman,Dll,,Korupsi di wilayah hukum Polres Tegal,,Pak Divisi Propam saya Mohon dengan sangat,Tindak anggota bapak yang melanggar kode etik,,Di wilayah Hukum Polres Tegal,Masih banyak pak,preman,penjudi,miras,tapi,Apa………Tidak diberantas,Lokalisasi Peleman,Wandan,,Juga masih ber operasi,Pak kapolri,kapolda,kapolwil,,Tolong pak,berantas itu semua,dikabupaten tercinta saya,kabupaten tegal,,Mohon maaf bila kata-kata sya ada yang kurang enak,dan menyinggung bapa,wassalamALLAH AKBAR ALLLAHU AKBAR BERANTAS PAK,,,BRAVO POLRI

  197. May 23, 2009 2:16 pm

    siang pak..
    saya mau tanya..
    penerimaan akpol tahun 2009 ini masih bisa pake DEKENGAN ga pak (istilahnya gitu)….???
    harap di bales ya pak..

    @ fian : lebih baik anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya, toh biarpun tidak ada DEKENGAN kalo anda memang bagus insya Allah akan bisa lulus.

  198. nia permalink
    May 23, 2009 8:11 pm

    boleh gak pakai kacamata?

  199. nia permalink
    May 23, 2009 8:12 pm

    daftar PPSS boleh gak pakai kacamata?

    @ nia : kalo tidak salah maksimal min 1.

  200. May 24, 2009 10:40 am

    ikutan lagi ah taon ini. meski quota untuk S1/S2 cuma 100 dan sisanya 200 orang untuk temen2 dari sumber SMA. minta doanya aja bang wahyu, tetep semangat tugas di sana ya, bang reinhard denger2 ud mo balik ke tanah air ya

    813 bang

  201. bribda eno permalink
    May 24, 2009 2:36 pm

    oke dehhh! ta doain lu2s ya..?

  202. dr. Razi permalink
    May 25, 2009 9:48 pm

    Pak komandan, saya seorang dokter yang rencananya masuk Taruna PPSS, semua syarat udah saya lengkapi, tapi sertifikat akreditasi dari fakultas saya tidak ada, yang ada hanya SK yang menyatakan bahwa bahwa benar fakultas tsb sudah terakreditasi dengan nilai B. apakah saya bisa mempergunakan SK tersebut untuk menggantikan sertifikat??
    Mengenai tes, pengetahuan kepolisian, psikologi dan kemampuan umum kira2 ada gambaran soalnya komandan?
    lalu mengenai kuota gimana mas, kan tes ppss di jakarta semua,
    trimakasih banyak atas bantuannya…

    @ dr. Razi : mengenai sertifikat saya tidak yakin, mungkin bisa, silakan menghubungi polda setempat. Untuk tes pengetahuan kepolisian silakan pelajari saja UU kepolisian, yang berkaitan dengan tugas pokok Polri, psikologi mirip tes psikologi pada umumnya. sesuai informasi yang diterima 90 orang dari seluruh Indonesia.

  203. Cinthya permalink
    May 26, 2009 10:41 am

    Mas aku lagi daftar akpol di polda lampung saat ini, kira-kira setiap tahunnya taruna akpol wanita dari SMA yang diterima berapa orang ya???
    Dan jika berat badan dan tingi badan kurang seimbang apa itu dapat berpengaruh fatal pada tes nanti??
    terima kasih

    @ Cinthya : untuk tahun ini taruna wanita sma yang diterima 25 orang. berat badan tidak seimbang akan mengurangi penilaian.

  204. franky simanjuntak permalink
    May 26, 2009 12:28 pm

    Siang pak Komandan ?

    saya mau tanya tentang pendaftaran akpol kapan ?

    dan brapa setiap provinsi diterima?

    apakah kita mesti punya krabat/saudara baru kita bisa masuk?

    sekian saja pertanyaanku?

  205. juandy simbolon permalink
    May 26, 2009 4:50 pm

    terimakasih pak pol,,,,
    atas sarannya,,,

    MEMANG KALAU DI NEGARA INI GA ADA YANG MURNI,,,,
    SEMUANYA PAKE DUIT,,,
    ITU SEMUA SALAHNYA DARI YANG PALING ATAS HINGGA KEBAWAH,,,

    KAPAN MAJU NEGARA INI???

  206. shindy yuliyatini permalink
    May 27, 2009 5:22 pm

    saya mau nyoba daftar akpol ,,tapi bulan maret kmrin, saya baru slsai opersi besar usus buntuu… smwa data udah lengkap buat ke polda.. tapiii saya ragu dgn kondisi bdn ..

  207. May 28, 2009 10:13 am

    Siang pak!!!
    Sy stju bgt dgn kptsan bpk kapolri dgn diperbolehkannya lulusan sma daftar akpol,,krna bnyk skli org yg tdk mampu untuk kuliah dlu tp mempunyai potensi tinggi untuk masuk akpol!!!sekian
    Maju terus POLISI REPUBLIK INDONESIA!!!

  208. najb permalink
    May 28, 2009 12:26 pm

    salam kenl pak,,,
    saya sangat setuku bangemasalah itu.karena nyogok itu sangat merugikan orang yang ener” punya bakat dalam menjadi anggot polri.dan saya minta doanya juga karena saya juga sedang ikut test masuk polisi.makasih saranya…..!!!!!!

  209. lucky permalink
    May 28, 2009 4:37 pm

    saya orang bali,dan gk ad istilah di khitan ato sunat.bs kah sy mendaftar jd polisi?

    @ lucky : tentu saja, bukan di bali juga banyak yang jadi polisi.

  210. dihas enrhi permalink
    May 29, 2009 1:55 pm

    kalo yang caba polri gmn mas dng sogok-sogoknya…?

  211. ganda permalink
    May 29, 2009 2:46 pm

    mas wahyu ,saya s1 -hukum tahun 2008 lalu saya ikut tes akpol,gagal di kes.kata dokkes yg periksa karena gigi saya warnanya agak kurang putih(abu2 gitu)tapi gak terlalu gelap, gak ada bolong gak ada yg copot,tapi kok gak bisa ya mas.apa benar gitu.tahun ini saya daftar lagi.. mohon di jawab.thx sebelumnya.

    @ ganda : masalah ini tentu dokter gigi yang lebih tau, mungkin ada sesuatu hal yang menyebabkan nilai kesehatan gigi anda kurang baik.

  212. rivai permalink
    May 29, 2009 6:55 pm

    SYALOOM….
    Mhon ijin pak
    di seleksi kesehatan nanti saya ,petunjuk pak ?
    1. saya punya parises tapi kecil dan samar-samar pernah, lalu pernah ada Dr yg
    bilang sebenarnya itu tdak apa-apa, nah itu bagaimana pak ?
    2. gigi saya bolong jadi saya tambal dan ada gigi geraham yang di cetak lagi karena
    sudah tidak layak maka di usulkan di buat gigi palsu, saya mm tanya gimana
    menurut bapak ?
    mohon maklum pak, saya harap di balas……
    trims :-)

    @ rivai : tentu kedua hal itu akan mengurangi nilai. untuk varises kalo bisa diobati. gigi bolong lebih baik ditambal.

  213. boedi permalink
    May 30, 2009 4:49 pm

    klo lulusan S1 umum bisa daftar akpol ng ya?,soalnya yang di TNI PA PK tidak bisa klo yang AKPOL bisa ng?

  214. May 30, 2009 8:26 pm

    PA SAYA MAU TANYA KAPN PMBUKAN AKPOL BUAT WANITA.DI THUN INI????

  215. iwan permalink
    May 31, 2009 12:28 pm

    ass. mas saya iwan dari bekasi mao nanya dunk kalo misalnya lulusan s1 sistem informasi jika ingin mendaftar ke polri daftarnya dimana ya ….terus syratnya apa saja karena saya ingin sekali masuk polri.,..terima kaasiiggghhhhh

    @ iwan : silakan mendatangi polda/polres setempat untuk tempat pendaftarannya.

  216. Daya anugrah permalink
    May 31, 2009 6:50 pm

    mohon ijin dan’ 813…pa’ wahyu ikut akpol itu ribet ga siiii???

    kasih tipstips dounk untk sukses ikut pendaftaran akpol!!!
    trima kasih ats tips-tips yg pa’wahyu berikan!!!86

  217. d. a. arsanata permalink
    June 1, 2009 12:22 pm

    pak saya mau tanya..untuk tes akademisnya itu kan meliputi :
    1.TPA (tes potensi awal )
    ini mencakup apa saja materi yg di ujikan..
    trus materi yang berhubungan dengan pelajaran sekolah apa saja yg di ujikan …
    trima kasih mas..

    @ d. a. arsanata : biasanya menyangkut ilmu dasar pendidikan, seperti matematika dasar, dll

  218. June 1, 2009 7:17 pm

    men!!!.. tanpaknya saran lo bagus juga buad karya ilmiah gwe ^^

  219. niko permalink
    June 2, 2009 1:19 pm

    Izin bertanya pak,,,
    Apakah dalam mengikuti seluruh kegiatan tes Akpol benar-benar gratis dan selama pendidikan Akpol tidak di pungut biaya?
    Terimakasi buat jawaban nya,,
    Sukses selalu

    @ niko : tidak dipungut biaya

  220. fran permalink
    June 3, 2009 5:15 pm

    gne,mas tes ap saja bila sudah lu2s didaerah?…kira2 be2rapa orang dcari seluruh indonesia ne tahun 2009?

    @ fran : lebih lengkapnya silakan baca posting “Akpol menerima Taruna dari Sarjana dan SMA”

  221. dedik kisworo permalink
    June 4, 2009 10:58 am

    dear All unit Kepolisian
    nama saya udah tertera diatas……
    Saya sudah berkali kali ikut calon taruna akpol khususnya diwilayah surabaya (Polda Jatim) kira2 8 kali, sejak saya SMA sampai saya lulus kuliah di brawijaya Malang (jurusan fakultas hukum ). tapi yaaa…. mungkinn yang diatas masih belum mengijinkan.

  222. DEDIK permalink
    June 4, 2009 11:26 am

    utk materi test akademik : apakah ada test ilmu dasar spt matematika, utk yang S1.
    terus yang ke 2 : jumlah SI Hukum kira berapa ya kuaota utk seluruh INA yang diterima.

    @ DEDIK : untuk tes ada materi seperti itu. kalo quota khusus hukum saya kira tidak ada, yang ada quota untuk seluruh sarjana.

  223. Ganjar Prasunu Adi permalink
    June 5, 2009 11:09 pm

    Pak saya kalo bisa pengen tanya, persiapan dan latihan yang bagaimana harus sya lakukan.karen dari dulu saya bercita2 menjadi anggota POLRI. misalnya tes fisik nya apa saja. ex: lari keliling lapangan 12 menit.dll.
    terus tinggi badan minimal sebnarnya berapa? karena setiap tahun saya lihat tinggi badan di pengumuman berubah2 terus.
    dan yang terakhir, saya pengen tau seberapa kans seorng mahasiswa seperti saya ini untuk menjadi anggota POLRI.
    karena tinggi badan saya sangat minim hanya 165cm.
    lalu jika saya mendaftar sebelum kuliah/semester 8.saya bisa mendaftar tanpa harus mengantongi ijazah universitas.

    mohon dijawab ya pak.dan kalau bisa balasan bapak langsung dikirim ke email saya ya pak.terimakasih. Ganjar prasunu Adi

  224. angga permana permalink
    June 6, 2009 11:19 pm

    mas,saya angga di pekanbaru…
    saya sekarang lge menuggu tes saja…
    saya udah dapat no casis 0009..

    saya setuju dgan apa yang di buat di atas sana,,
    saya pernah ktmu orng d jalan dia seperti nya salah satu dari anggota polri…
    dan dya menawar kan saya untuk membantu saya,,,
    dan dya menyuruh saya menyiap kan uang sebesar 250 juta dya menjamin saya bakal lulus/jebol…
    tp untung saja yang sudah menolak ajakan dya,,,

    karna saya ingin berjuang dgan kemampuan saya sendri…
    saya ingin menjadi penegak hukum di indonesia kita ini…

    saya minta doa teman2 semua ya…
    smoga saya lulus…amin..

  225. Agussumarwan permalink
    June 7, 2009 5:39 am

    Maaf komendan sekarang sudah jadi tapi merintis dari kecil”lan tapi juga lumayan
    dulu udah pernah coba tapi nasip kurang bagus, ikut seleksi Capa 4x juga belum adanasip yang bagus

  226. imam hidayat permalink
    June 7, 2009 10:31 am

    Slamat pagi bang..!!
    mo nanya nih. tp cpt dibalz yah. pnting bgt soalnya.
    bgini, ak kn uda dftar AKPOL nie n dsuruh ngisi daftar riwyt hidup.
    di bag.KECAKAPAN (bahasa & menulis) itu diisi apa yah??
    trus bag. ALIAS (panggilan) apa juga harus ditulis?
    mohon sgera dijawab bang, soalnya nnti mlam ak uda ke smarang.
    oiya, minta doanya juga yah. moga ak lolos smua tahap. wish me luck..!
    oke! thx b4 atz perhatianya..

    @ imam hidayat : KECAKAPAN silakan diisi bahasa yang dikuasai misalnya inggris, arab, mandarin, dll. ALIAS bisa diisi nama panggilan.

  227. June 8, 2009 7:50 am

    2 jempol bwt AKPOL taon ini

  228. June 8, 2009 4:03 pm

    mas,apakah ada peran sebuah prtestasi yang di tunjukkan dengan berbagai sertifikat penghargaan dalam proses pendaftaran maupun saat tes nantinya?????
    trimakasi

    @ safran rapinata : ada di bagian talent scouting, biasanya prestasi yang berskala nasional.

  229. alan permalink
    June 9, 2009 10:17 am

    sy juga anggota polri pak.
    angkatan VI spn jambi tahun 2006.
    saya rencana akan mengikuti test akpol seleksi di polda jambi..

    walaupun nantinya saya tidak lulus dalam seleksi catar Akpol, sya berharap yang terpilih adalah benar2 calon pemimpin yang berkualitas, bukan pemimpin yang sekedar mencari sesuatu tanpa memikirkan anggota maupun masyarakat.

    doain lulus ya pak…
    besok pengumuman ADM awal..

  230. dhani permalink
    June 10, 2009 4:09 pm

    ijin bertanya pak..
    tolong angkat profil PPSS.. saya yakin banyak yang ingin tau..
    untuk tes kesamaptaan jasmani, lari berapa meter pak?
    terimakasih..
    saya masih ada satu gigi susu, tapi tidak mengganggu dan sehat.. apakah akan mengurangi nilai saya di tes kesehatan pak?

    @ dhani : terima kasih atas sarannya. nanti akan saya coba untuk membuat profile tentang PPSS. untuk tes kesamaptaan lari selama 12 menit, upayakan mencapai 6 kali putaran (lapangan 400 m). kalo gigi itu tumbuh normal dan tidak mengganggu saya kira tidak masalah.

  231. bintoro permalink
    June 11, 2009 8:45 pm

    mlm pak,saya sejak kecil ingin masuk polri,tp tinggi saya cuma 161cm,umur 19thn,,sy dah nyoba semua cara agar bisa bertambah tinggi tapi gagal…gmn ya pak biar tmbh tinggi??kalo fisik sy dh bagus kmren check up,jasmani jg tiap hari latihan,psiko jg gitu….mohon bantuannya pak.makasih

    @ bintoro : mohon maaf sebelumnya saya juga kurang tau untuk meninggikan badan, tapi ada pengalaman teman saya dengan cara bergantung di tiang datar (melakukan pull up) setiap pagi, ditambah dengan mengkonsumsi suplemen. semoga bisa membantu.

  232. dr.ringgo permalink
    June 12, 2009 10:45 am

    ass….
    msh ingat sama saya mas? dokter ringgo….
    tmn kutenk dari riau waktu di TN dulu…maaf ganggu lg mas…
    saya Ikut PPSS tahun ini mas…
    alhamdulillah…akhirnya saya lu2s tingkat Panda Riau untuk dokter saya peringkat 1….jadi mo dlanjutkan lg untk seleksi di Panpus..riau mengirim 4 wakil..dan saya dokter satu2nya…
    Yang ingin saya tanyakan…bgmana peluang saya kdepan?…trus mohon petunjuk apa yang bisa saya persiapkan? Yang bikin saya agak miris…ada yang menawarkan bantuan untk seleksi di pusat.. yang pastinya pake uang…bagaimana menurut mas? Mohon dbls
    Terima kasih sblmnya…Wassalam…

    @ dr.ringgo : dokter, saya balas ke emailnya ya..

  233. benson a.banjarnahor permalink
    June 12, 2009 9:32 pm

    Saya Benson Marbun ingin bertanya, apakah pendaftaran AKPOL menerima lulusan sekolah theologia (S1) ?

    Terima kasih.

  234. bagus harsono permalink
    June 14, 2009 6:27 pm

    ehem2…

    pas tes akpol itu, susahna di bagian atau bidang apanya y…??
    biar bisa d perdalam d bidang tersebut…

    tq y jawabanya….^^

  235. Anton wahyudi permalink
    June 15, 2009 7:10 pm

    Lam kenal mas aq anton.aku llsan s1 manajemen kemarin daftar ppss di jateng ada yg mau t tnyain 1.apa tes ppss kmrn stlah tes kesehatan 1 emg sengaja dialihkan ke panpus guna utk hadapi pilpres? 2.apa utk jurusan manajemen pd taun 2010 bs msk SIP? Mhon dblz.Thanx mas

    @ Anton wahyudi : salam kenal kembali, maaf aku tidak bisa menjawab, mungkin lebih tepatnya tanyakan kepada panitia seleksi setempat. untuk kebijakan tahun depan kita belum tahu.

  236. Hadiyanto permalink
    June 17, 2009 12:02 pm

    AKPOL,
    setelah Lulus SMA nanti saya akan ikut seleksi. bwat tmen2 lulusan SMA th.2010 yg berminat masuk Akpol. ayo….siapin fisik, kesehatan n akademis dr skarang!!!

  237. Okky S.y permalink
    June 19, 2009 9:43 am

    duch Gmana Yaw??
    percaya G percaya juga klo Masuk AKPOL pake Nyogok,,,
    tp selama mengikuti tes Akpo 2009 ini saya tetap berusaha semampu saya,,,,
    lagi pula saya juga punya Basic dari POLRI SECAB jadi udah g kaget lagi sama tesnya…
    masalahnya yg daftar juga banyak dan semua saling berlomba lomba untuk jadi yg terbaik, nah atas dasar itulah adanya” OKNUM” yang memunculkan isu miring dengan NYOGOK bisa lolos menjadi Taruna AKPOL…..

  238. wahyu permalink
    June 21, 2009 3:17 pm

    TeRiMA kAsIh banYAk aTas TiPs nYA YAcH PAK…SeTElaH SAya mEmBAca..tIpS InI ByK MaNFAaafT Yg saya TeMuKan….
    naMA SAya waHyU,saya TiNggaL Di kOta PADAnG PAnjanG,kOta keCiL yG ada DiSuMatera barat,sekarang saya sedang menjalani tes taruna akpol…dipolda sumbar,saya baru tamat sma….doaa kan saya berhasil ya pak…

    wassalam,

    wahyu

  239. Agung permalink
    June 21, 2009 3:44 pm

    Wah, setelah saya baca tulisan bapak, itu semua mengubah pandangan saya tentang pendaftaran akpol,yang mesti ada berjuta juta uang untuk biaya pelicin dan semacamnya..
    Dan ternyata seperti itu yah? kalo begitu baguslah, saya jadi lebih termotivasi untuk mendaftarkan diri di Akpol tahun depan, walau hanya bermodalkan syarat syarat yang diajukan Polri untuk para pendaftar akpol.
    Doakan yah pak!

  240. fassha permalink
    June 23, 2009 8:07 pm

    mas izin menyampaikan….
    bisa bantu tentang soal-soal psikotes taruna Akpol ….
    aq mau masuk akpol ni…

  241. achmad kahfi permalink
    June 24, 2009 11:16 pm

    Ass..
    pak, saya minta tolong agar hasil tes akpol pertahapnya untuk ditampilkan, saya yakin banyak yang ingin mengetahuinya..
    terima kasih..
    wass..

  242. ciko permalink
    June 29, 2009 8:02 am

    pak kok tahun ini penrimaan akpol hanya lulusan universitas yang teragretasi a dan b……….kan g semua wilayah mmpunyai universitas yang teragretasi..tolon dong kebijaksanaanya membuka penerimaan dengan agreditasi c

  243. leo permalink
    June 29, 2009 8:05 am

    saya kecewa dngan kebijaksanaan bapak kapolri yang tidak membuka pendaftaran akpl dengan agreditasi c dan lebih mementingkan lulusan sma…kok polisi maju selangkah mundur selangkah

  244. June 29, 2009 8:06 am

    saya kecewa dngan kebijaksanaan bapak kapolri yang tidak membuka pendaftaran akpl dengan agreditasi c dan lebih mementingkan lulusan sma…kok polisi maju selangkah mundur selangkah

  245. edyson permalink
    June 30, 2009 4:23 pm

    Saya mahasiwa UNSRI,jurusan teknik mesin.
    Siapa bilang,tranksaksi pembicaraan antara colon polisi ama yang deking ajah saya “dengar”.
    Coba bapak selidiki penerimaan polisi di sumatera utara….

    Semua urusan dengan uang. Pada hal,hasil ujian test kesehatan saya bagus…
    Bahkan,ada badan panita panitia penerimaan mengatakan “kenapa kamu ga lulus test kesehatan akhr ini,pada hal semua ok..
    Pada hal, kalau saya yang memerikasa kamu,kamu layak lulus..”

    Jadi intinya Pak,tolong di “bersihkan” penerimaan brigader polisi di SUMUT.
    Terimakasih..

  246. July 1, 2009 10:47 am

    pak kok polisi tidak membuka pendaftaran akpol

  247. July 1, 2009 10:56 am

    klw pendaftaran akpol susah nya
    seperti ini lbh baik masuk akmil biar bisa seperti pak sby jadi presiden,klw dari akpol susa baget urusan nya!trus pihak kepolisoian tidak mendukung calon akpol baru

  248. randy permalink
    July 3, 2009 6:21 pm

    Assalammualaikum pak komandan.
    Alhamdulillah sejauh ini tes masuk akpol 2009 meliputi rikkes1 dan psikologi ini saya lolos dan besok sabtu tgl 4 juli ada rikkes ke 2.
    Selama saya mengikuti tesnya alhamdulillah sepertinya jujur dan transparan dalam penilaiannya.
    saya ingin bertanya pak apa saja yang harus dipersiapkan dalam tes berikutnya?agar bisa lolos tes jasmani nanti apa saja yg diujikan?misal sit up,push up,pull up,renang dan lainnya itu berapa ya harus dicapai agar nilainya bagus?
    trus kalo pantuhir itu apa aja ya pak untuk diujikannya?
    tolong jelaskan secara detail ya pak.
    terima kasih sebelumnya untuk balasannya.
    wasslammuallaikum wr.wb.

    @ randy : selamat sudah lulus tes sampai tahap ini. untuk samapta masih ada waktu latihan gunakan sebaik-baiknya. untuk tes kesehatan istirahat yang cukup dan jgn begadang. di pantukhir biasanya hanya akan dilihat secara fisik saja.

  249. fariz permalink
    July 5, 2009 7:36 pm

    mas saya mau tanya??skrang saya ikut tes akpol,udah msk admin trakhir….gmn ya???pndptx spya lancr kdpnx,bila perlu ksh tau mas terik agar lancr dalam bersaing di tes trakhirx dan pantuhirx seterusx???????

    @ fariz : masih ada beberapa tahap, seperti kesehatan, kesamaptaan, akademik, psikologi, dll. Setiap tahap persiapkan terlebih dahulu. untuk kesamaptaan masih ada waktu untuk latihan seperti lari, push up, pull up, sit up, dll. Untuk kesehatan sebelum tes sebaiknya istirahat yang cukup dan tidak begadang. Untuk akademis, belajar sesuai yang jadwalnya.

  250. ANOM CAHYO NUGROHO permalink
    July 7, 2009 11:27 pm

    “Assalam Muallaikum, Salam Sejahtera dan Semakin Ber-Jaya” Untuk Seluruh Setaf ,Angota dan seluruh nya yang Bernaung di dalam POLRI.
    >>>>>>>>>>>>Next>>>>>>>>>>>>>>>
    “Pak, mau tanya nih ? 1.Masih kah Penerimaan AKPOL th 2010 Nanti diambil dari SMA Seperti sekarang ini.(karena aku baru kelas 3 SMA)
    2.didalam Penerimaan Nanti Selain Administrasi Normal Apakah Siswa yang Beprestasi Olah raga (Atlet) di samakan dengan yang Bukan Atlet??????
    3.”Pak, Apakah calon Siswa di Haruskan Pandai Berbahasa Inggris dan adakah Nanti Tes wawancara dgn bahasa ingris??????
    “Pak Mohon Bimbingan nya…ya? Karena untuk persiapan ku saat ini untuk ESOK Hari Yang Cerah”
    >>>>>>>Terima Kasih.
    ANOM CAHYO N //SMAN 21 Surabaya//XII-IPA1//Jawaban BAPAK aku tunggu.

    @ ANOM CAHYO NUGROHO : 1. Saya tidak bisa memastikan, karena itu tergantung dengan hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya, tapi menurut saya akan masih ada. 2. Bagi calon yang memiliki prestasi olah raga minimal tingkat nasional akan mendapatkan nilai lebih (talent scouting) 3. Selama ini belum ada tes wawancara dengan bhs inggris, tapi itu bisa menjadi nilai lebih.

  251. July 10, 2009 12:39 pm

    slm kenal pak..
    saya senang sekali menemukan Alamat ini, makanya sudah saya save.
    untuk tahun 2009 ini brp kali penerimaan akpol pak??
    saya dengar bulan 10 2009 ini juga ada pembukaan.
    salam hormat.

    @ rindo : untuk akpol penerimaan setahun hanya sekali, pendaftaran di sekitar bulan maret april.

  252. calon perwira permalink
    July 10, 2009 6:51 pm

    masa kawan saya cerita yang lolos ppss dari jakarta yang ipk paling tinggi
    tanpa tes pisik pula,apa benar berita ya pak komandan?

    @ calon perwira : saya kira semua calon tetap mengikuti rangkaian seleksi dari awal sampe akhir tanpa kecuali.

  253. donnakaran permalink
    July 20, 2009 2:10 pm

    pak…!!! bisa kasih info ga apa2 ja yang mesti dipersiapkan dalam tes kesehatan jasmani.. trus standar tinggi u perempuan berapa!!!
    adalagi ga pembukaan u akpol tahun 2009 ne setelah bln juni kmren…!!!
    saya mahasiswi ilmu komunikasi usu.. n sebentar lagi insya allah tamat.. saya berminat sekali untuk masuk ke akademi kepolisian tersebut..!!!

    @ donnakaran : untuk pendaftaran akpol tahun 2009 sudah tidak ada lagi. tes kesehatan dan kesamaptaan jasmani berbeda. Kalo kesehatan menyangkut seluruh kesehatan fisik spt : fungsi jantung, paru, mata, telinga, gigi, dll. Kalo kesamaptaan ada tes spt : lari, pull up, sit up, push up, shuttle run. Trims.

  254. REINA ROHMANITA permalink
    July 26, 2009 6:39 pm

    Kak,saya Reina 17thn masih sekolah di SMK. Saya sangat ingin sekali masuk AKPOL dan berharap lulus akademi polisi dari dulu sebelum ayah saya meninggal dunia tapi saya memiliki kendala di kesehatan kulit yakni luka gosong kecil- kecil bekas cacar dan parut. apakah itu akan mempengaruhi tes kesehatan nanati kak ?tapi sebelum nya doan saya lulus UN ya kak.

    @ REINA ROHMANITA : saya kira kalo bekas luka dan tidak mengganggu, tidak masalah.

  255. stillnotgiveup permalink
    August 4, 2009 6:20 am

    mas polisi saya mo nanya neh mas polisi ada info tentang tahun depan (2010) syarat masuk akpol masih dari s1 apa ga ya?
    coz yg tahun ini ku dah ikut sudah sampe panpus di smg testnya tapi di pulangin lage ke polda asal coz mungkin lom waktunya tuk mengabdi di kepolisian
    n salut buat polisi test2nya bener2 transparan dan akuntabel two thumbs up deh

    mohon di reply ya mas

  256. candi agus pratama permalink
    August 8, 2009 9:53 pm

    slm kenal pak, sy candi mau bertanya: kpn tes polisi lagi setelah bulan mei kemaren pak??
    khususnya untuk bintara.
    terima kasih pak.

  257. wiwin suhandri permalink
    August 9, 2009 11:06 pm

    ass..mas
    saya seorang dokter
    kalo DOKPOL itu dri PPSS apa AKPOL??
    PPSS brpa lama pendidikan ny??

  258. ine permalink
    August 17, 2009 6:21 am

    tahun depa saya baru bisa daftar akpol karena saya baru kelas 3 sma.
    kebetulan mata saya min 2,, ada temen saya lulusan akpol 2008 dy bilang ada temennya dy mau daftar tapi gagal karena matanya dioprasi…
    terus dia saranin agar saya gag usah oprasi mata jadi apa adanya…
    trus kata temen saya harus bisa berenang di kolam 2-3 meter yah??
    apa bener?
    mohon tanggapannya
    terimakasih

    @ ine : menurut info maksimal minus mata adalah satu, jadi kalo lebih nilainya akan kurang. tes renang biasanya sejauh 25 m.

  259. August 19, 2009 9:38 pm

    mas 2009 nich masih ada pembukaan lagi g’ yah… akpol semarang?…….. gue pengen daftar tp kemaren terlambat….

  260. damean permalink
    August 20, 2009 10:12 am

    hah, rekruitmen yang transparan, akuntbel dan humanis……
    emang waktu tes dari kesehatan hingga tes akedemik, seluruhnya sesuai dengn motto…..
    tapi mulaidiadakannnya rikkpillll… semua hilang seperti di telan bumi….
    anggota Polri yang mengabdi bertahun, tahun, kulaih setiap malam,,.. yang didukung nilai yang bagus dari hasil tes (kes-akademik) malah dibuat kebijakan agar anak para “nagabonar” yang rangking teakhir bis masuk menjadi Taruna Akpol yang NB akan menjadi Pemimpin Polri 30 Tahun mendatang, ….
    malah yang melakukannya orang yang dinggap paling bertanggung jawab dalam penerimaan Akpol………….
    dimana nuranimua anaka bangsa yang nilainya bagus memenuhi syarat malah kau singkirkan……. semoga “nagabonar” tahun depan lebih bernurani memilih penerusnya amin…………

  261. GAULANO permalink
    August 24, 2009 1:53 pm

    MASSSSSSSSSSSSSSSSSSS…………………………………………………………..
    AKU AJI NUR CAHYO MAU DAFTAR TARUNA MOHON BIMBIMNGANNYA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!111111111!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  262. August 25, 2009 5:14 pm

    Kepada para pimpinan Polri berikut PANPUS Polri……………

    Hah, rekrutmen yang transparan, akuntbel dan humanis……
    emang waktu tes dari kesehatan hingga tes akedemik, seluruhnya sesuai dengn motto….. hingga terbetik keyakinan diri akan kemampuan untuk lulus……………………………………………………

    tapi sejak diadakannnya Mat Pil (Pengamatan Penampilan) ditingkat Pusat oleh yang bukan “Panitia seleksi”, Akan tetapi unsur pimpinan Polri… Maka semua hilang seperti di telan bumi… terlebih – lebih perlakuan yang diberlakukan oleh Pimpinan Polri terhadap calon taruna sumber anggota Polri (Efektif) sangat2 tdk menunjukkan respons yang baik akan semangat dan perjuangan anak buahnya / anggotanya yang merangkak dan tertatih – tatih untuk menjadi yang terbaik dari tingkat Daerah hingga lolos ke Pusat agar diterima dan lulus menjadi Taruna Akpol……….., Dimana hal tersebut juga salah satu point kepedulian pimpinan terhadap anggotanya, Akan tetapi terlihat seperti kebencian yang menunjukkan keegoan dan banyaknya kepentingan akibat terbukanya formasi sumber SMU (Anak Kombes / Anak Jenderal)dalam Penerima AKPOL TA. 2009……. Hingga akhirnya pada pengumuman akhir, Kuota SMU menjadi tidak sesuai ketentuan seperti TR yang pertama dikeluarkan dan menjadi seperti tidak terkendali (menjadi suka – suka karena Pangkat tinggi yang melanggarnya, jadi SIAPA YANG BERANI MENINDAK NYA ??????)……. Maka dengan sangat menyesal dan miris sekali perlakuan Pimpinan Polri (Wakapolri, Deops Kapolri) terhadap Catar Akpol sumber Efektif dan membuat kami membukakan mata kami selaku Catar sumber Anggota Polri baik SMU maupun S-1 bahwa ternyata Polri yang membuat aturan tapi justru Polri sendiri yang melanggarnya dan ingkar janji (tidak sesuai ketentuan TR / Telegram)……………….

    Kepedihan yang mendalam yang saat ini kami rasakan atas perjuangan atas impian kami yang pupus di ujung Pimpinan kami sendiri………………………………………

    Bagaimana perangkingan yang dilakukan baik terhadap Catar Akpol sumber Efektif SMU dan sumber efektif S – 1 ???????????????…………….. Kenapa sistem perangkingan dengan sesukanya diubah diakhir kelulusan dan tidak disampaikan sebelumnya ??????????????????????????????????? Apa ini aturan diam – diamnya dan dimana tercantum dasarnya ?????????

    Mana Formasi sumber S- 1 yang akan direkrut berjumlah 100 seperti yang disampaikan pada TR awal Penerimaan Catar Akpol TA. 2009 ?????????????

    Anggota Polri yang mengabdi bertahun, tahun, menyempatkan diri kuliah setiap malam disela – sela jam bertugas,,.. yang didukung nilai yang bagus dari hasil tes (kes-akademik)… Malah dibuat dan dilakukan kebijakan agar anak para “NAGABONAR” yang rangking terakhir dan kaki bebek serta tidak bisa renang dan TREMOR justru yang diterima masuk/lulus menjadi Taruna Akpol yang NB akan menjadi Pemimpin Polri 30 Tahun mendatang, ….????????

    Kemana Polri ini akan dibawa ????? Apa harus dikembalikan ke TNI lagi ???????????????????????????????????
    malah yang melakukannya adalah orang yang dinggap paling bertanggung jawab dalam penerimaan Akpol………….

    Kemana pertangungjawaban itu ??????????????????????????????????????

    Harus disampaikan dan dilaporkan sebagai masukan kepada pihak yang dianggap sebagai penerima tanggungjawab dalam Seleksi Calon Taruna Akpol TA. 2009 dan di Blzzz ………………………………..

    Saran untuk Polri :

    “Jangan tunjuk kotoran di wajah orang lain, Tp lihat kotoran yang menempel diwajahmoe dl……………………”

    • damean permalink
      August 26, 2009 2:14 pm

      haaaa.. betul pak,,,,… semoga kita ya ba ini dapat mengubahnya…. (dengan khayalan tingkat itnggi)

  263. damean permalink
    August 26, 2009 2:13 pm

    Polri yang selalu ku bela di setap manusia,…
    malah memberikan penghianatan kepada ku…..
    di mana nuranimu “………..

  264. agunk permalink
    August 27, 2009 4:57 pm

    wacana diatas cukup menarik perhatian saya…
    sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada para pawasden 44 kalian telah bertugas dgn sangat baik,saya sangat puas dengan kerja keras kalian,dan saya mendoakan kalian menjadi pemimpin yg baik di negeri kita,amin…!!!!!!!

    menyikapi wacana diatas saya membenarkan apa yg disampaikan sahabat saya damean,saya sangat kecewa sekali dgn perekrutan akpol 2009 ni benar2 dinodai oleh kepentingan para “NAGA BONAR”!!!!
    dari awal saya sangat percaya dgn ada nya program quickwins yg salah satu nya dalam perekrutan secara bersih,transparan,akuntabel,humanis,,bla..bla..bla..memang bnr sangat mulia cita2 polri seperti itu,dan saya sbg sipil yg mempunyai niat,semangat serta cita2 yg tinggi untuk menjadi bagian institusi polri sangat mendukung sekali,namun sangat disayangkan oknum polri itu sendiri yg meludahi institusi mereka sendiri,bagaimana tidak berfikir negatif kalau tidak ada yg memulai?????jadi tolong lah benar2 dirubah paradigma itu jgn hanya sekedar wacana…malu dengan pangkat dan apapun yg menempel diseragam kalian,,itu ga di bawa mati kok,,kalian mati itu cuma menjadi tumpukan kardus digudang,bagus2nya menempel didinding menunjukan taring yg sudah ompong!!!!!!!!!!!

    ibu pertiwi sudah sangat muak dgn oknum2 seperti kalian yg berlindung dibalik perisai penegak hukum…hukum alam itu berlaku,dinding bisa berbicara angin membawa berita,dan saya yakin kalian perlahan2 akan ditelan bumi layak nya hasil keringat,usaha,semangat kami yg begitu luar biasa kalian telan dengan mengatas namakan kebijakan yg semena-mena,..bagaimana bisa kuantitas lebih diprioritaskan daripada kualitas?dimana akal pikiran sehat kalian kalau memang sudah tidak mempunyai hati nurani…saya menyarankan cepat lah kalian bertobat mumpung dibulan yg suci ini,saya sadar saya berkata demikian saya bkn org yg sok suci namun sbg manusia saya sekedar mengingatkan….azab allah itu pedih,dan pasti ada,kalau memang kalian bertuhan…

    buat pengasuh yg menulis celotehan diatas,saya hargai usaha anda untuk melindungi institusi anda itu,alasan pembenar itu berlaku…anda bisa berbicara seperti itu krna mungkin saja anda golongan pemuja “NAGA BONAR”,PECUNDANG yg MENGAGUNGKAN BINTANG atau baik nya karena anda suda menjadi bagian dari polri maka anda berbicara tidak realita,,bullshit!!!tampil kedepan sebagai pahlawan bertopeng…kalau memang anda calon pemimpin yg darma bijaksana ksatria amanah cobalah lihat fakta yg terjadi dilapangan,lihat dengan mata hati,akal sehat,baru bisa memberi penjelasan,saya bisa berbicara seperti ini bukan dapat motivasi dari balik tutup botol fanta….bukan karena sms mbaw weton…

    buat kalian para anak2 “NAGA BONAR” yg diuntungkan karena bapak2 kalian itu,sebenarnya kalian hanya lah tong kosong yg bernasib baik dilahirkan dikeluarga “NAGA BONAR”dan ikut berlindung dibalik perisai polri.
    yg bisa nya cuma nangis andaikata kalian diposisi seperti yg kami alami,merengek-rengek kepada sang bapak untuk dpt diprioritaskan di AKPOL ,hahahaha…sungguh tragis nasib kalian!!!!!!!!!!!!!!!!cepat lah ganti boot mu dgn highhills,pakai lah rok mu,kebiri kemaluan mu,karena kalian hanya lah pecundang!!!!!

    saya berpesan berilah yg terbaik pada akademi yg menjadi kehormatan dan kebanggaan saya sbg x catar 2009,saya dan ibu pertiwi tidak akan pernah rela jika calon pemimpin negeri ini nantinya elek2an,menyia2kan kesempatan yg telah kalian rebut dari kami sesuka hati kalian…
    saya memberi hormat bagi kalian yg benar2 layak menjadi pemimpin mempunyai niat mulia,semangat dan usaha yg tinggi,saya bangga kepada kalian,
    tapi bagi mereka yg masuk akpol sesuka hati kalian dan tidak dapat memberikan yg terbaik bagi negeri ini saya doa kan kalian DIPECAT!!!!!! dan segera lah kalian bergabung dgn para teroris terkutuk karna kalian tak lebih sekedar dari ancaman buat negara kami dimasa depan!!!!!

    ALLAH TIDAK PERNAH TERTIDUR,ALLAH ITU MAHA ADIL,ALLAH MAHA SEGALANYA!!!!!!

    AKPOL makin JAYA,tidak selamanya kalian berjaya!!!

    buat teman2 teruskan perjuangan kita
    tetap beryukur,bersabar,berlatih,berdoa untuk menjadi DHARMA BIJAKSANA KSATRIA 2010 den 45!!!!
    amin ya ALLAH………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  265. s. buntara permalink
    August 27, 2009 10:01 pm

    sehat selalu om..
    saya mau nanya nih om..

    -Dari sekian banyak jurusan dalam PPSS mana jurusan yang menjadi prioritas POLRI ?
    -Menurut om polisi jurusan apa yang sebaiknya ditempuh ? (masa kuliah singkat agar tdk byk menghabiskan umur) :)

    mungkin itu dulu yang ingin saya tanyakan om..
    saya tunggu infonya om..
    tq om..

  266. fahmy permalink
    September 2, 2009 1:43 pm

    asslamualaikum….
    mas,,saya fahmy pelajar klas 3 yang berencana melanjutkan ke akpol.apakah mas mempunyai informasi tentang akpol 2010?sebelumnya terima kasih…
    oh iya mas,,saya sempat mendengar isu katanya para senior akpol suka melakukan kekerasan secara fisik kepada juniornya,apakah itu benar mas?jujur saya takut mendengarnya.
    terima kasih,mohon maaf apabila ada kta yang tidak bekenan…
    wassalam…

  267. novy permalink
    September 3, 2009 9:17 am

    Assalamu’alaikum

    Pagi pak. . . .
    Persyaratan msuk AKPOL apa adjah ya pak. . .
    bls ya pak. . .
    plizzzzz . . . .
    cHeMaNGaDdddD. . . . . . .

  268. randy permalink
    September 7, 2009 2:42 pm

    pak tolong informasi bintara periode ke-2 tahun 2009 iya terima kasih.
    oh ya saya mau curhat sedikit pak,
    saya kelahiran 7 juli 1989 (20 th) saya ingin mengabdi sebagai anggota polri tp saya ingin berusaha masuk akpol tp berdasarkan umur pada tahun 2010 nanti kalo SMU masih buka umur saya tidak akan memungkinkan lagi.
    kemudian saya berencana untuk daftar bintara pada periode ke-2 2009 ini tp saya sudah kuliah semester 5 fakultas hukum. saya mohon tanggapannya atas curhat saya bagaimana pak apa yg kiranya saya lakukan. apa saya daftar bintara aj baru kelak Insya Allah kalo keterima pake ijazah SMU sumber bintara atau saya lanjutkan kuliah sampe selesai baru saya daftar pake ijazah S1.
    oh ya pak untuk penerimaan akpol mendatang apa akan ada kebijakan yg diubah lg?seperti Umur?karena kalo perhitungan seperti akpol 2009 kemaren kemungkinan saya tidak bisa masuk karena lebih 1 bulan (21 th 1 bulan) sedangkan syarat maks (21 th bln agustus)

  269. novi tri yanti l.gaol permalink
    September 11, 2009 10:24 am

    pa, saya sangat ingin sekali jadi polwan, ,
    pa, boleh tau syarat jadi polwan ga??????

  270. gigi permalink
    September 15, 2009 10:27 am

    mau nanya dong,,, kalo yg taruna angkatan 2009 ini masa basis nya berapa lama ya? abis simpang siur denger beritannya… makasih ya jawabannya

  271. September 15, 2009 9:57 pm

    hebat…………………………

  272. devis permalink
    September 19, 2009 3:19 pm

    wih… tangkayu bgt y om polici sya jadi tau……
    tips_nya….

    klo kyk gni
    MAJU POLISI INDONESIA…………………….!!!!!!11

  273. baimus permalink
    October 2, 2009 10:00 am

    mbak dona mengapa gak ngasih tau kepada atasan, tuhan maha tau segala yang diperbuat manusia

  274. Batara permalink
    October 3, 2009 12:08 am

    Bsa G krimkan jdwal penerimaan untuk d3 perawat?
    klau bsa scptnya! :)

  275. catrine permalink
    October 5, 2009 11:52 am

    salam kenal pa,
    mw tanya klo S1 nya itu jurusan teknik industri apa tergolong pendaftaran yg S1 atau SMA??
    tp kira2 klo lulusan S1 teknik industri terpakai ga yah d kepolisiannya secara langsung,
    klo dilihat2 kan tdk ada hubungannya.smpai saat ini saya masii ragu bwt nyoba masuk akpol.
    tengkuu pak..

  276. bikardo samosir permalink
    October 9, 2009 11:38 am

    Slmat siang pak…..
    Saya mau brtnya,kpan penerimaan brigadir polri gelombang 2 2009 ini ?
    Truz anggarannya udah ada kn,pak ?
    Thanx ya pak !

  277. Gilang Rakapratama permalink
    October 14, 2009 1:06 am

    Saya msh blm prcya spenuh’y jika pnerimaan akpol tahun ini bnr2 bersih,transparan n akuntabel. Knp??
    Tahun ini sya mndftr akpol namun sgt ironi prjuangan kmi hrs brkhir di pantukhir,pdhl nlai rta2 dri stiap tes yg diajukan mlai dri admin,kes 1,psiko,kes 2,jasmni, n wwncra dpt kmi lalui dgn baik. tp aneh’y sya hrus trsingkir dgn anak yg scra fsik jauh dri standar tuk msuk akpol(maaf),knp anaK dgn tinggi dbwh standar tes akpol bs dlu2skn pd kes 1??pdhl scra kuantitatif nlai kmi dpantukhir hnya bda 0,25. . . n scra postur sya lbh bgus dri mrka2. knp jg mua ank2 pjabat polri bs mnddki prngkt ranking yg ckp tinggi???pdhl bnyk diantara mrka yg mmliki kkrngn jasmani!! apkah ad knspirasi dibalik ini smua??? aneh’y… ad anak yg mndpt ranking 1 tuk tes akpol dtngkt derah tp tidak lo2s dtngkt pusat???why? sya criga ad kolusi pd phak pnitia daeraH,Tolong jgn dzhalimi kami!!

  278. susilo permalink
    October 17, 2009 10:35 am

    Bagaimana Pak??

    Koq banyak polisi yang cari uang di jalanan.

    Contohnya dia minta uang pada pengendara sepeda motor atau para sopir.

    Kasihan Pak, parapengendaranya.

    Apalagi kalau yang dimintai anak sekolah. Buat beli bensin aja susah, apalagi buat dikasih ama POLISI…

  279. atoooo permalink
    October 20, 2009 10:13 am

    hai knalin qu edi byasanya dipanggil ato,.,.,.,pak q ingin sekali masuk akpol n sejenisnya ato polisi pi qu g tau apa ja kriteria atau syarat yang harus di penuhi,.,,.tolong ya pa,.,.,.kasih tau dan tesnya itu gmana aja .,.,.,.,.,daftarannya brapa tahun sekali dan byasanya pada bulan apa,.,.,.,

  280. taufiq arahman permalink
    October 22, 2009 11:51 am

    ass’alammualaikum wr wb
    polisi ada cita2 saya,,kebanggan bagi saya ingin jadi polisi,maka dari itu saya ingin sekali menjadi polisi.
    saya udah 2 kali ikut tes caba polri di jambi,,
    saya ingin bertanya kapan ya penerimaan caba polri ta 2009 di jambi,,,,
    tolong di kasih tau ya pak informasi nya ke email saya???????
    sebelum nya saya ucapkan terima kasih,
    wa’alaikumsalam wr wb

  281. devis permalink
    October 27, 2009 3:14 pm

    hi………..saya devis
    anak klas 3 smpN saya
    sangat terobsesi masuk akpol
    jadi….saya mau mau tanya
    ne klo taruni putri di akpol sama gak
    cara pendidikannya sama taruna cowk??
    coz.. q suka bgt aktivitas militer.. gicu..
    and klo lulus pendidikan pangkat taruni apa?
    and tugasnya apa?
    oya.. tolong d balaz y please….

    facebook:devis.taurus03@yahoo.co.id
    and yahoo :

    (SAYA BERNAZAR JIKA NANTIK KELAK SAYA BISA JADI POLISI SAYA AKAN JADI POLISI YANG BAIK DAN BERSUNGGUH-SUNGGUH DALAM MENJALANKAN TUGAS!)+INGAT NAMA SAYA Y…. ”DEVIS NURHALIJAH

    MINTA DO’ANYA Y….. DARI YG BACA KOMEN INI

  282. Nolly Rodus permalink
    October 27, 2009 11:11 pm

    Terimakasih pak..
    Saya jadi berminat nyoba AKPOL..!!!
    Padahal, sebelum ini saya berseberangan pendapat dengan papi saya. Masalah “duit” masuk tu.. Bagi saya, profesi itu berdasarkan kemampuan bukan kuat uang dan siapa yang berada di belakang kita saat tes..!!!
    Papi saya juga seorang polisi berpangkat kombespol, karena itulah saya tak pernah mau coba ikuti testingnya..!!!
    Tahun depan saya berangkat dari niat.. bukan kuat dana dan backingan..!!!

  283. dicky nopri hendra permalink
    October 31, 2009 2:54 pm

    bapak kepolisian yang terhormat. .
    ambo urang awak nan sadang ma agiah komentar. .
    ambo dari ketek sangat ingin tuak manjadi urang nan bermanpaat untuak bangsa iko,dari dulu ambo ingin manjadi seorang prajurid nan bisa di andalkan untuak bangsa nan ambo cintai iko bukan urang nan ingin mancoret namo rancok dari kepolisian iko. .
    nan mambuek ambo agak anggan untuak mandaftar jadi polisi iko adalah,kwan ambo sendiri inyo katonyo indak lulus jadi polisi karano indak cukuik piti untuak mambayia administrasi nan di minta pihak kepolisian nan talalu gadang
    kini ambo nio batanyo ka bapak nan ambo yakin ado nan mangarati kato curahan hati ambo iko.
    “iyo bana nan di katoan dek kawan ambo itu pak?”

  284. wisnu permalink
    November 5, 2009 10:50 am

    hormat, mohon petunjuk apakah di akpol ada pemukulan, sekedar informasi untuk saya mempersiapkan diri, namun saya sendiri tidak berkeberatan ada pemukulan ringan yang bertujuan untuk penggemblengan bukan yang bertujuan untuk mencederai karena seorang polisi haruslah kuat, apa saja tes fisiknya, dan rata-rata standar nilainya di daerah bekasi kalau bapak punya infonya, selanjutnya mungkin bapak bisa menghubungi lewat e-mail pribadi saya, terima kasih.

    (reformasi polri sudah di depan mata)

  285. wisnu permalink
    November 5, 2009 11:03 am

    jangan takut utk org2x yg jujur pasti ada jalannya temen kk sy bapaknya di phk eh dia ikut akmil n akpol lulus dua-duanya tapi yg diambil akmil g pake nyogok2 sgl klo g percaya liat facebook : el fallan

  286. rangga permalink
    November 5, 2009 3:50 pm

    ass.. pak/mas .sya lulusan sma ta.2009 .dan tinggi saya waktu ukur di polres jaksel 166 .apakah memenuhi persyaratan ?dan apakah sama nilai ukurnya dengan dokkes dari polri ?mohon jawban ya .thanks

  287. Ervan permalink
    November 5, 2009 8:24 pm

    Ass’alaikum ijin pak mau nanya pendaftara akpol 20010 bln berapa pak?apaka masi menerima lulusa s1?lalu apaka setifikat pon cbng menembak dapat membatu kelulusan atau hanya sebagai pormalitas saja…
    trims…

  288. November 7, 2009 2:01 pm

    Saya punya adik keponakan yang masuk akademi militer sekarang berpangkat Letkol CZI Zainal Muhtar dan keponakan yang lain masuk akpol. Mereka semua tidak memakai pelicin sepeserpun. Itu haram bagi keluarga besar kami. Kami selalu menyerahkan kepada Allah dengan berdoa dan melakukan pendekatan semaksimal mungkin kepadaNya. Sejak SMP ponakan-ponakan kami sudah tidak merokok, tidak begadang dan rajin belajar serta puasa senin-kamis serta salat dluha. Bagi adik-adik yang ingin masuk akmil-akpol-aal-aau persiapkan sebaik mungkin dgn rajin belajar, rajin olahraga, tekun beribadah. Jangan menggunakan sogokan karena hal itu akan menjadikan kamu semua perwira yang serakah dan melupakan jati diri prajurit.

  289. Hendro permalink
    November 13, 2009 3:03 pm

    It’s all about your Money doo…!!!!

  290. taufik permalink
    November 16, 2009 11:29 am

    mau tanya pak..
    kalo dari d3 dan punya ijazah profesi Klas ANT III
    apakah bisa mndaptar di akpol/ ppss?
    trims

  291. ARIF KUSUMA permalink
    November 30, 2009 2:24 pm

    APA SAJA TES UNTUK MASUK DALAM AKMIL ATAU PUN DI AKPOL? MOHON BANTUANNYA. TRIMA KASIH

  292. hildan permalink
    December 1, 2009 8:54 pm

    assalamualaikum.
    saya butuh informasi mengenai AKPOL 2010.
    gmna??
    saya sangat ingin menjadi akpol sudah lama.
    semua persiapan sudah saya lakukan sejak kelas 3 SMU.
    fisik,kepintaran,dll.baiknya gmna???sudah tamat SMA bisa ga??
    makasihh.
    tolong yuahhhh

  293. Helmi Afif permalink
    December 10, 2009 6:42 pm

    Ass… Mau Tanya Pak… Akpol Menerima Lu2San Sarjana Dari Jurusan Teknik Kimia Atau Gak…? Karna Saya Ingin Sekali Ikut Akpol Dan Saya Adalah Lu2San Dr Teknik Kimia… Apakah Ada Penerimaan Untuk Jurusan Saya Itu?…
    Trimakasih Atas Informasinya…

  294. muhammad fajar siddq permalink
    December 11, 2009 7:12 am

    kalau da gigi yg dah di cabut n g bisa berenang,da kemungkinan lulus akpol g??tolong d jawab..

  295. Husni permalink
    December 14, 2009 7:57 am

    Ass….pak, Saya sekarang kelas 3 SMK yg akan tamat tahun 2010.
    Untuk Persiapan… apa aja pak yang perlu saya lakukan hingga peluang saya untuk masuk AKPOL lebih besar?
    Untuk tes fisiknya seperti apa??
    tes kepintaran seperti apa??

  296. December 15, 2009 5:35 pm

    say percaya 100% klo akpol emang murni……….
    karena sy mengalaminya sendiri waktu daftar di polda jabar ta 2009 kemaren……
    tapi sayang banget waktu perengkingan sy ga masuk untuk seleksi di pusat………
    sy ngrasain bener2 murni n trnasparan………..
    maju terus kepolisian indonesia…………..
    hidup akpol……….

  297. 888 permalink
    December 21, 2009 2:00 am

    Ijin Bang,ikutan nimbrung…kalo kata orang yang lulus Akpol orang berduit semua ,saya katakan tidak benar,saya buktikan sendiri,saya tes Akpol 2x dari Medan yang kata orang parah sekali bisa habis ratusan juta untuk urusan masuk Akademi2 yang ikatan dinas seperti Akpol,Akmil,AAU,AAL bahkan STPDN(sekarang IPDN),nyoba pertama tahun 2003,saya gagal diPantuhir Daerah,terus terang saya shock juga melihat kenyataan bahwa yg pada lulus orang2 yang sepengetahuan saya banyak duit dan kalangan anak pejabat yang setiap kali tes selalu didampingi ortunya dengan naik mobil mewah,sedangkan saya hanya anak kos yang datang tes dengan motor butut dan tak pernah didampingi orangtua,terus terang perasaan minder muncul juga,tapi saya tetap berpikiran positip dan berpikir akan mencoba lagi tahun depan,sambil menunggu saya ikutan UMPTN dan lulus di salah satu fakultas di USU.selama setahun kuliah saya tetap berpikiran untuk mencoba,disamping sudah cita-cita juga dikarenakan saya kasian dengan ortu yang keliatan sudah kewalahan dengan biaya pendidikan anak2nya,jadi saya berpikir untuk mencari lembaga pendidikan yang langsung kerja selesai tamat.3 bulan sebelum tes pada tahun 2004 saya sudah mempersiapkan diri untuk tes terutama tes akademik dan jasmani,dan Alhamdulilah saya lulus dengan murni tanpa uang sepeserpun dengan masuk 5 besar pengiriman dari Medan,jadi kalo sekarang orang meragukan kualitas rekrutmen Akpol tidak berdasar sama sekali,saya aj yang masuk pada tahun 2004(masih ada KKN walo sedikit) saja masih bisa lulus murni apalagi zaman sekarang yang sudah era keterbukaan.Yang penting kita berkualitas dan diiringi doa orangtua pasti berhasil.

    Bravo AKPOL!!

  298. 888 permalink
    December 21, 2009 2:18 am

    Buat panitia penerimaan Catar tahun 2010 kalo boleh kasi saran,agar segala kesempatan menyeleksi yang melibatkan petinggi Polri dihilangkan,baik Matpil atau apapun namanya,proses rekrutmen yang sudah terjaga dari awal yang dipantau pihak diluar Polri RUSAK semua jadinya,lebih baik orang luar saja yang menyeleksi lebih FAIR, demi kepentingan Polri juga.dan sepanjang yang saya amati memang akan terbukti oleh seleksi alam siapa yang benar2 berkualitas atau hanya mengandalkan kedudukan orangtuanya saja.baik dalam masa pendidikan maupun sudah dinas.makasihh.

  299. doni permalink
    December 23, 2009 1:33 pm

    somoga tips yg di sampai ka bermampaat untuk saya yg akan tes AKPOL tahun depan mohon dukungan dan do’a nya!!

  300. Wahyu Hendrawan permalink
    December 24, 2009 11:16 pm

    Hallo mas saya bercita-cita menjadi seorang polisi . Tapi pada pemilihan jurusan di SMA kemarin, saya memilih jurusan BAHASA . Apakah dari jurusan itu saia bisa mendaftar menjadi POLISI ? setau saya , jurusan akademiknya adalah IPA dan IPS . Mohon Penjelasannya mas . Terima kasih .

  301. dian permalink
    December 28, 2009 5:35 pm

    mau tanya pak pndaftaran bintara 2009-2010
    mulai tngl brapa brakhir tngal brapa????????
    terima kasih.

  302. December 29, 2009 4:54 pm

    wah.. wah.. saya jadi lebih percaya diri nich kak, terima kasih yach saran dari kakak, oya saya tunggu yach tulisan -tulisan barunya

  303. Arifin Armah permalink
    December 30, 2009 9:06 pm

    Mas mau nanya nih,Kapan di buka pendaftaran AKPOL untuk Tahun 2010 dan apa persyaratannya?? Mohon di BalaZ Trima Kasih Banyak.

  304. January 5, 2010 12:30 pm

    tanggal berapa pndaftaran akpol 2010 dan 2011 ????

  305. January 7, 2010 9:33 am

    mas, tolong infonya rekrutmen taruna 2010 ..
    kalo dapat info,tlong kirim ke email saya ya..
    thanks

  306. Arsanto permalink
    January 11, 2010 11:27 am

    masa gaji lulusan akpol cuma 3 juta-an, padahal aku pernah denger klo lulusan akpol tu gajinya nyampe 10 jt lho…..

  307. poetra permalink
    January 11, 2010 11:34 am

    masa gaji lulusan akpol cuma 3 jt-an? padahal aq prnah dnger klo gaji lulusan akpol nyampe 10 jt-an

  308. aphe permalink
    January 29, 2010 2:13 pm

    sekarang lulusan SMA bs msuk??beneran??gag boonk??
    saya punya beberapa sertifikat pramuka dan paskibra,apa bisa menjadi penunjang??
    mulai pndaftarannya kpn??
    trimz,

  309. Ackta permalink
    February 15, 2010 3:35 pm

    Sore pak’
    saya mau tanya…pembukaan AKPOL 2010 kira2 kapan ya?
    lalu klo dari S1 untuk tahun ini (2010) masih menerima atau tidak? Dan klo dari S1 itu batas umurnya berapa (baik pria maupun wanita).
    Tolong infonya ya….
    dan kirim kesini saja jawaban bapak : ackta_84@yahoo.co.id

  310. Ackta permalink
    February 15, 2010 3:40 pm

    Sore pak’
    saya mau tanya…pembukaan AKPOL 2010 kira2 kapan ya?
    lalu klo dari S1 untuk tahun ini (2010) masih menerima atau tidak? Dan klo dari S1 itu batas umurnya berapa (baik pria maupun wanita).
    Tolong infonya ya….
    dan kirim kesini saja jawaban bapak

    @ Ackta : tahun ini direncanakan seluruhnya dari SMA tidak lagi dari sarjana.

  311. TITO BUdi santosa permalink
    February 17, 2010 11:49 am

    assalamualikum pak….
    SAya siswa kelas 3 sma dan saya sangat berminat masuk AKPOL.tapi saya minder apkah saya dapat diterima hanya dengan tinggi badan 162cm.dan saya ingin tanya persyaratannya ap saja??

  312. February 21, 2010 9:05 pm

    bapak polisi, saya mohon,
    Sangat dan sangat, tanggal berapa dan bulan berapa?akpol itu pendaftarannya,
    Karna trus terang saya sudah lama menanti ini.
    Dan bagi kawan2 yang sudah tau, mohon kasi tau aku sih di FB ku,
    anggiardiyansyah@yahoo.co.id
    Smoga kalian smua bisa mnjadi orang yang diaminkan doa2nya olh para malaikat.
    Amiiin.

  313. February 23, 2010 12:27 am

    pak, kox belum dibases juga sie…
    kapan tanggal dan bulan pendaftaran akpol ini di buka???
    saya mohon pak, agar kiranya mmberikan informasi ini kepada saya. Kalaupun dari pihak atasan blum ditentukan tanggalnya brp, cuma prkiraan bpk saja, itu sudah sangat mmbantu skali pak,
    saya mohon pak u/ bisa mmbalasnya, disini aja,
    Trimakasih.

    @ anggi : pendaftaran sekitar bulan april

  314. February 23, 2010 12:29 am

    jaya polisi,
    Wassallam..!

  315. February 24, 2010 8:19 am

    Itu kata sampean mas… kenyataannya… yg bermain bukan di Level Atasan tapi justru di level bawah…. nilai di rekayasa oleh org bawah…… skrg jaman sdh edan…. bukan terjadi di Polri sj di semua instansi pemerintah…….. tp memang sulit utk dibuktikan….. siapa sih, yg tdk uang…. (cuma ayam sj)… Panitia jg Manusia…

  316. Barrack Obama permalink
    February 25, 2010 8:29 am

    Salam kenal buat semuanya.

    Saya mau tulisan tentang pendaftaran di AKPOL atau PTIK ini.

    Emang bener proses penyeleksiannya udah bersih?

    Kalo udah bersih berarti saya harus ganti judul nih

  317. February 28, 2010 9:17 am

    Wah… sesusah itu ya masuk Akpol. Berat latihan fisiknya. Saya nggak mau sebenernya masuk Akpol. Cuma papa saya ngotot banget. Semoga saya dibolehin untuk tidak masuk Akpol. Dan semoga sukses ya semua yang masuk Akpol.

  318. March 11, 2010 2:22 pm

    pa apa benar ya kalau masuk polisi itu harus pnya orang dalam, terus pa benar kalau tahun ini tidak da lgi anak setrara sma yang mau ikut pendaftaran polwan, terus bagaiman pak kalau yang tidak bisa kuliah apa mereka harus menggagalkan cita2 mereka

  319. dodit permalink
    April 10, 2010 1:07 pm

    pak????
    syarat nilai masukkk AKPOL hrus brp????
    ak kpinin msuk AKPOL. . .
    mksh pak????

  320. April 19, 2010 8:47 pm

    saya atas nama pribadi , dari warga negara indonesia , , , , ?
    saya ingin kepolisian republik indonesia , tanpa ada kata suap dan saya ingin hasil yang murni untuk masa depan saya ?

  321. aswandi hijrah permalink
    May 1, 2010 10:27 am

    assalamu alaikum … bagus banget TIPS nya, semoga polri kedepannya semakin bersahaja dihati masyarakat

  322. May 6, 2010 12:52 pm

    Pak,, saya fiki lulusan SMK 2010, saya mau tanya..
    pendaftaran AKPOL kan bisa lulusan SMA jurusan IPA/IPS..
    jika saya lulusan SMK jurusan teknik komputer dan jaringan bisa daftar AKPOL tidak Pak??
    saya sangat berminat untuk daftar AKPOL, mohon balasan nya…
    trimakasih..

    smk tidak dibuka

    • catar akpol 2011 permalink
      December 27, 2010 5:01 pm

      bisa
      tapi nanti jadi tukang servis komputer di akpol ya

  323. taufoq permalink
    May 9, 2010 10:08 pm

    aslm..pak kalau D3 pelayaran dan sudah punya ijazah ANT III bisa tidak di PPSS? mohon jwbnya .trimakasih..

  324. jufriadi permalink
    May 16, 2010 2:54 pm

    pak sya mau tnya ..apakah lulusan smk pelayarn bsa msuk akpol ngak pak…………berapa uang msuk nya pak.mohon blasan nya pak .

  325. den mas permalink
    August 12, 2010 12:39 pm

    masuk taruna sebenarnya transparan banget, makanya harus ada persiapan fisik, mental n otak kerena mereka yang terpilih menjadi calon pemmimpin

  326. bagas permalink
    September 24, 2010 2:09 pm

    Om kapan akpol 2011 ?

  327. October 13, 2010 1:17 am

    tong kosong nyaring bunyinya..

    2010 perlu bukti..; bukan janji..

    • October 13, 2010 1:23 am

      maksud saya…”’

      kalian itu kalo’ mau jadi akpol..
      jgn cuma ngomong ..

      skrg perlu kita buktikan…
      pada bangsa dan negara, bahwa kita mampu dan layak untuk menjadi AKPOL..

      O.K…

  328. piew permalink
    December 30, 2010 3:06 pm

    pa polisi , aku pengen banget jadi polisi wanita
    tolongin saya pak supaya saya bisa masuk ke akpol
    terima kasih :)

  329. brother permalink
    January 10, 2011 2:15 pm

    pak , akpol 2011 ada kemungkinan dari SMA lg kn ?

  330. January 19, 2011 10:30 am

    kog bsa ya mpek ratusan juta???pdhal juga lom tntu bsa masuk…tolong donk direvisi lagi mngenai pndaftaran polisi.

    • akbar permalink
      August 16, 2011 2:12 pm

      sekarang udah nggak pake’ money politik mas
      udah banyak sekarang pengawas untuk yang pake’ money”an
      kalau dulu memang gitu mas
      tapi sekarang udah bersih
      dan sekedar info saja
      KAPOLRI memberikan keringanan bila anak dari anggota POLRI tapi tidak langsung masuk begitu saja tapi juga memnuhi syarat bila ingin masuk menjadi taruna AKPOL
      maaf kalau salah

  331. gusti permalink
    March 21, 2011 10:01 pm

    Malm , pa mau tanya apa bnr akpol 2011 tggl 2 sd 31 mei ? Krna sya bca d slah stu website polri . Mksih mhn dbls

  332. March 24, 2011 7:19 pm

    nice post gan.. makasi

  333. randi ahyad sarwandi permalink
    March 24, 2011 9:53 pm

    ayolah teman2 yg mau masuk akpol, kita harus percaya diri memang benar oknum2 masih berkeliaran,wlwpun ada yg bilang ini transparn sy ga yakin 60% transparan,tp kita sbgai gnrsi mendatang brusahalah agar ksuksesan kita diridoi allah swt amin

  334. akbar permalink
    August 16, 2011 2:09 pm

    saya dari lumajang
    saya sangat bercita-cita menjadi taruna akpol
    menurut saya pada diri saya yg kurang hanyalah fisik
    fisik saya terlalu gemuk kata ayah saya yg juga anggota polisi di POLRES lumajang
    ayah saya pernah memberi saran ke pada saya “le kuru’no awakmu dikek nek kepingin mlebu TARUNA AKPOL”jujur saya merasa di down.kan bila ayah saya bilang begitu
    bila ada perwira polisi yang berkomentar saya ingin meminta nomer HPnya untuk konsultasi agar dapat menguruskan berat badan dan bagaimana sih untuk masuk menjadi TARUNA AKPOL!
    makasih

  335. rezky. permalink
    December 11, 2011 7:07 pm

    salam kenal kak……saya saat ini adalah seorang pelajar yang saat ini duduk di bangku kelas 3.
    dan saya mendengar banyak tentang kakak-kakak senior yang berperilaku kasar alias kekerasan pada adik-adiknya di asrama dimana perilaku yang diberikan itu itu melampaui batas…
    dan sampai hari ini saya bingung apakah hal ini benar adanya atw hanya skedar gosip.
    bagaimana pendapat kakak tentang hal ini?
    trims..

  336. December 20, 2011 12:47 am

    Saya dari bengkulu mas.
    emang dalam tes akpol apa saja kah soal nya mas. . .?
    Saya emang dari kecil cita2 saya mau jadi polisi mas.
    Saya akan mengabdi ke pada NEGARA KITA INDONESIA.

  337. HABIB MULKI permalink
    March 12, 2012 5:50 pm

    HA HA HA ……. GELI AKU

  338. May 20, 2012 8:09 pm

    izin pak!
    saat pelaksanaan ujian, para calon taruna/i menginap atau tidak?
    terimakasih

  339. rangga permalink
    July 20, 2012 7:34 pm

    tahun 2013 S1 dari psikologi tolong di buka kembali

  340. sunarto permalink
    August 24, 2012 8:49 pm

    Terima kasih untuk informasi mengenai Akpol, mudah-mudahan penerimaan Akpol yang sekarang transparan dan tidak pake duit, ini memotivasi saya sebagai orang tua yang berencana tahun 2013 mau memasukan putri saya ke akpol, walaupun saya tidak punya duit untuk, tapi optimis untuk masuk di akpol.

  341. candra permalink
    January 13, 2013 9:52 am

    mau tanya
    . saya punya gigi gingsul 1 dan berlubang 3. apakah masih ada harapan bisa di terima di akpol? mohon di jwab.

  342. Yoga Pratama permalink
    January 4, 2014 4:57 am

    IZin bertanya pak,
    Ap kah bisa seorang bintara yg bukan peringkat 1 sampai 10 masuk ke lemdik akpol ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: