Skip to content

Brimob, Pasukan Elite Kepolisian RI

September 14, 2008

“Sekali melangkah pantang menyerah, Sekali tampil harus berhasil”

“Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”

 

Brigade Mobil (Brimob) adalah kesatuan yang dikenal sebagai Korps Baret Biru dalam tubuh Kepolisian Negara Republik indonesia. Brimob merupakan pasukan khusus dalam jajaran institusi Polri, karena memiliki lingkup tugas khusus yaitu menanggulangi situasi darurat, membantu tugas kepolisian kewilayahan dan menangani kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi, yang menggunakan senjata api dan bahan peledak, melaksanakan operasi yang membutuhkan aksi yang cepat, situasi pertolongan pada Bencana Alam (SAR), Pertempuran Jarak Dekat (dalam kota), dan sebagainya. Brimob telah banyak melakukan tugas dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Pasukan Polisi Istimewa. Kesatuan ini pada mulanya diberikan tugas untuk melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibukota. Pada 14 November 1945 Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa. Tanggal ini ditetapkan sebagai hari jadi Korps Baret Biru. Pembentukan Mobrig ini dimaksudkan Sjahrir sebagai perangkat politik untuk menghadapi tekanan politik dari tentara dan sebagai pelindung terhadap kudeta yang melibatkan satuan-satuan militer. Di kemudian hari korps ini menjadi rebutan antara pihak polisi dan militer. Pada 14 November 1961 bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sakanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah menjadi Korps Brigade Mobil (Korps Brimob).

Mako Korps Brimob Polri terletak di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Satuan I Gegana dan Satuan III Pelopor juga berkedudukan di Kelapa Dua, Sedangkan Satuan II Pelopor berkedudukan di Kedung Halang Bogor. Gegana adalah bagian dari Brimob. Pada tahun 1995, dengan adanya pengembangan validasi Brimob, Detasemen Gegana ditingkatkan menjadi resimen tersendiri, yakni Resimen II Brimob yang sekarang berubah nama Sat I Gegana. Tugas utama Gegana antara lain mengatasi situasi terorisme, jihandak (penjinakan bahan peledak), pembebasan Sandera (situasi krisis).

 Sumber : majalah Teratai, Wikipedia

About these ads
72 Comments leave one →
  1. sejutaasa permalink
    September 14, 2008 9:23 pm

    bravo korps brigade mobil!!!

  2. September 17, 2008 9:10 am

    Wah, lagi di kelapa dua ya skrg…
    Selamat bertugas ya…

    @ piko.prayogo : yupz, thanks..

  3. Sandhi permalink
    September 23, 2008 6:21 pm

    ijin bang, ijin bertanya.. kami T3 juga ingin buat Web site kyk punya abg TS nya.. dulu habis dananya berapa bang?

    ijin bang, kalau berkenan saya tunggu petunjuknya di e mail saya:

    sandhiez@yahoo.co.id

    Terima kasih bang.. sukses selalu di sudan..!

  4. cantigi™ permalink
    September 25, 2008 7:59 pm

    selamat idul fitri 1429H, mohon maaf lahir & bathin yaaa.. ^_^

    @ cantigi : sama2 bro mohon maaf lahir dan batin..

  5. September 28, 2008 11:18 pm

    selamat hari raya idul fitri adik asuh.. minal aidin wal faidzin

    @ sejutaasa : siap sama2 bg.. Mohon maaf lahir dan batin…

  6. October 18, 2008 1:27 pm

    sukses buat dinas ke sudan bang

    @ harriansyah : oke my brother..

  7. November 1, 2008 3:49 pm

    slam kenal sbelumnya, cuma mau ucapin selamat eN sukses slalu yah.!!!
    Klo bisa update dong kegiatan2 FPU Indo di Sudan., sekali lgi selamat bjuang..

    Bravo Korps BROMOB…,

  8. November 8, 2008 10:44 pm

    web nya manteb banget ya,…salam hormat dari kie 4 den c madiun

    @ madufm.madiun : salam hormat kembali kmdan..

  9. November 15, 2008 8:35 pm

    jaya terus brimob, diusahakan jangan ada bentrok lagi dengan TNI key

    @ edwin : akur ya mas..

  10. i ketut agus budhiyasa permalink
    November 28, 2008 8:13 am

    hidup brigade mobil jaga selalu kekompakan , salam buat seluruh brigade

  11. December 11, 2008 1:12 pm

    salam hormat dari detasemen b kompi 1 satuan iii pelopor

    @ joko susilo : salam hormat kembali untuk rekan-rekan di sat III Pelopor. Sukses dan Jaya Selalu…

  12. December 12, 2008 1:02 pm

    menjadi anggota brimob yang beriman dan bertaqwa rajin sholat dan mengaji, melindungi rakyat. Sukses selalu.

    @ dhe-dhe : terima kasih atas doanya..

  13. teddy bear permalink
    December 25, 2008 9:45 pm

    Horas……….,to kepolisian indonesia smoga tambah maju &jaya slalu za pokokny jaga terus kesatuan NKRI,tanggung jawab ini kuserahkan kpdmu,kami masyarakat mendukungmu”

    @ teddy bear : siap dilaksanakan, mohon dukungannya..

  14. January 21, 2009 9:20 am

    jaya trus brigade mobil keutuhan NKRI ada dipundakmu tiada hari tanpa latihan dan belajar N’perkokoh iman. oh iya..”den 88 itu puya qta,brimob apa bkn ya? sy stuju den 88 pk lmbng teratai aja dr pd pk brng hantu!!

  15. IRVAN GUCCI permalink
    February 12, 2009 9:39 pm

    pak saa kagum dengan tugas polisi dimana selalu membuat rakyat tenang, nyaman dan tentram. maka dari itu saya ingin sekali menjadi seorang polisi yang lulus dari AKPOL, pak kalaw boleh tanya untuk pendaftaran taruna lulusan SMA masih bisa dan kia-kiat apa saja yang saya harus lakukan untuk lolos dalam seleksi?

  16. ayunda yunita yusuf permalink
    March 28, 2009 2:10 pm

    pak apakah perempuan yg udh g virgin mci ad kesempatan bwt jd polwan????

  17. sumarno permalink
    April 8, 2009 4:37 pm

    Selamat bertugas saudaraku ,semoga selalu sukses dimedan tugas

    @ sumarno : makasih atas doanya..

  18. glock 19 permalink
    April 13, 2009 3:28 pm

    mohon informasi shandy ari dari kesatuan k9 kelapa dua???

  19. Taufik permalink
    May 2, 2009 9:39 pm

    Blog ni sangat bgs skali,krn informasinya sangat saya perlukan.
    kalau tidak merepotkan,sya ingin menanyakan pendaftaran Akpol 2009 dmulai tgl brp?
    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih

    @ Taufik : silakan baca posting selanjutnya.

  20. radech permalink
    May 3, 2009 7:47 am

    berjaya pasukan elite polri…….salam buat corps brimob sungai raya pontianak…….terutama buat kakanda briptu iwan suparman dan adinda bripka buddy nurhadi………

  21. dian permalink
    May 8, 2009 1:29 pm

    BRIMOB….KEREN BANGET EUY…

  22. ARIEF HIDAYAT permalink
    May 16, 2009 4:09 pm

    majulah selalu pasukan BRIMOB,slam dari SATBRIMOBDA NTB, Bripda Arief hidayat,

  23. bayu adi permalink
    May 17, 2009 3:51 pm

    widya castrena dharma siddha
    salam dari rekan resimen mahasiswa
    bang,,,, saya mau tanya…… penerimaan brimob persyaratannya apa aja ?
    terima kasih bang
    bravo brimob

  24. NANANG KOSIM permalink
    June 7, 2009 1:50 pm

    MAJU TERUS BRIMOB…,sesuai dgn semboyanmu SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL,BRIMOBmemang keren hbs…….

  25. TAUFIQ@BM LODAYA permalink
    June 14, 2009 10:10 am

    SUKSES WAHYU>>>>.. SALAM UTK SEMUA YANG DISANA>>>

  26. June 14, 2009 3:23 pm

    hidup brimob usahakan kekompakan brimob jangan sampai pudar jangan ada perbedaan suku agama tapi brimob harus satu karna brimob pemersatu bangsa ini kalau tidak kompak lagi hancurlah indonesia ini .selamat tugas brigade

  27. June 14, 2009 3:26 pm

    guentar kalau uda gede dan tamat sekolah mau jadi brimob kayak om yang gagah dan ganteng

  28. reza permalink
    June 18, 2009 3:50 pm

    selamat sore pak…..! saya mau tanya kalau kalau masih kuliah bisa jadi anggota brimob semester 4,terus kalau lulusan sarjana S1 jurusan komputer masih bisa tidak jadi anggota brimob? kalau mau mendaftar jadi anggota brimob kemana.? dan tinggi badan dan umur minimal berapa..? terimaksih .

    @ reza : silakan mendaftar di biro personel polda setempat.

  29. Dedi permalink
    July 13, 2009 11:49 am

    Horas kEtuA…
    Kayak nya disni bsa jawab PertaNYAan aq ni…alnya,memaNg KhusUS brimob…lanGsungAJ ni oM,PENdaftaran Brimob di aceh masi ada ngk thn 09 ni?trus lau thn 2010 kpn bos…
    Ad dengar2 harus berdomisili 1 thn di polda tmpt pendaftaran,apa benar pak?…tolong bls ya pak,berharap sangat..

    @ Dedi : pendaftaran personel polri dilakukan di biro pers polda setempat, khusus untuk brimob melalui polisi umum dulu baru nanti ada spesialisasi. Info lengkap silakan menanyakan di polda setempat.

  30. agung ambarawan permalink
    July 20, 2009 4:01 pm

    salam brigade buat rekan yg lagi melaksanakan tugas di papua, semoga berhasil

  31. agung ambarawan permalink
    July 20, 2009 4:04 pm

    salam brgade buat rekan brimob smua, brimob jaya selalu

  32. manda permalink
    July 30, 2009 11:17 pm

    it’s cool.
    maju terus utk kesatuan brimob,moga makin jaya.
    utk brimob kedunghalang tlg kurangin donk kenakalannya sm perempuan!!
    rumor ni dh beredar smpe penjuru ibu kota loowh.

  33. yudhy permalink
    September 7, 2009 8:54 pm

    BRAVO BARET BIRU, u BORN to WIN, never give up…………
    Do the best………..
    For the best………..
    Be The Best………..
    Nothing Else………….

  34. September 13, 2009 4:55 pm

    Walaupun anggotanya banyak yang ngontrak karena ga kebagian ASRAMA.
    BRIMOB TETAP TABAH……..

    Walaupun bayak asrama yang terbuat dari bilik (Brimob Jabar Den. B)
    BRIMOB TETAP TEGAR……..

    Walaupun jatah Provit tidak adil, karena banyak Penyemir dan penjilat
    BRIMOB SELALU ADA………

    Walaupun kendaraan minim tetapi tetap BRIGADE MOBIL..
    Walaupun fasilitasnya sangat kurang terlalu banyak disunat
    BRIMOB SELALU SABAR…….

    BRIMOB….. BRIMOB….. KASIAAN AMAT SIH DIRIMU.
    (tapi jangan merana dulu… sama kok dengan Polisi Umum malahan lebih banyak Penjilatnya) kalau kau tak percaya coba langsung surpey aja ke Anggotanya jangan nanya sama PIMPINANYA (besar kebohongannya)

  35. wajraceyna permalink
    September 15, 2009 1:38 am

    jayalah selalu brimob polri ku….

    majulah – majulah korps brimob polri ku
    aku siap korbankan ragaku
    aku siap korbankan jiwa ku
    aku siap korbankan semua…
    demi kemanusiaan…
    demi kemanusiaan…

    salam BRIGADE dari let 15 gel 1
    SAT BRIMOB POLDA SUL-TENG

    bila ada salah selama kami magang & pembulatan , serta selama kami masih dalam penampungan th 2005-2006 di mako korps brimob kelapa dua
    saya atas nama let 15 gel 1 kami mngucapkan
    selamat hari raya idhul fitri bg yg muslim
    mhon maaf lahir bathin

  36. rara permalink
    October 11, 2009 10:09 am

    smoga TNI n BRIMOB slalu rukun n bersama-sama dalam berjuang mempertahankan keutuhan Republik Indonesia,,,,karena akhir2 nie banyak penjajah2 baik secara langsung maupun tidak. Q berharap kedua pasukan2 bersenjata ini menyadari bahwa mereka adalah “SATU”,,,,,

  37. Arema permalink
    October 13, 2009 9:19 am

    Jayalah selalu Brimobku pengabdianmu menciptakan pimpinan yang beriman dan bertaqwa menjauhkan dari mara bahaya dan meningkatkan Brimob makin jaya brovo horsa amien.

  38. eddy permalink
    October 17, 2009 5:46 pm

    BRIGADE SEMUA,salam dari BM BTN,tanamkan dalam hati rekan” bahwa BRIMOB sanggub menjaga keamanan dalam negeri,teruslah berlatih dan berlatih guna menyongsong tugas yg mangkin berat dan berbahaya. JIWA RAGAKU DEMIKEMANUSIAAN…………..

  39. November 1, 2009 8:27 pm

    Mudah2an Brimob tetep jaya dan sukses selalu, Sejarah Pelopor tidak hilang bersama majunya Polri, Mudah2an Allah SWT senantiasa memberikan Rahmat Hidayah kepada kita semua, kita dapat diperkenankan mengabdi kepada Bangsa dan Negara RI melalui Polri ( Brimob ) sampai Purnawirawan, Amien … hidup Brimob PELOPOR.. KOMANDO..

  40. November 29, 2009 12:48 pm

    saya mau tanya ,, apa aja persyaratan masuk brimob !! kalo dr STM bisa ga ??

  41. January 14, 2010 9:13 pm

    SUKSES TRZ BUAT BRIMOB GORONTALO

  42. January 19, 2010 2:21 pm

    TOLONG KEPADA SDR ERYANTO DEN A KOMP I UNTUK MENENGOK ANAKNYA
    KRENA SYAFA & ECHA BUTUH PERHATIAN DAN BIAYA……

  43. January 19, 2010 2:27 pm

    TOLONG SESEKALI DITENGOK TUH ANAKNYA (SYAFA & ECHA)
    u/ eryanto DEN A KOMPI I KORP BRIMOB KEDUNG HALANG BOGOR.
    TRMS.

  44. January 27, 2010 10:11 am

    Maju terus BRIMOB hehheee, pamanku juga BRIMOB Sat II Pelopor di Kedung Halang hehehee
    maju terus BRIMOB ! ! ! (Pengen jadi Polisi terus masuk kesatuan Brimob tapi lagi2 g ada duit untuk daftar hixz hixz dalam hati ini menangis heheheee)

  45. djovita permalink
    March 3, 2010 1:44 pm

    buat para brimob tetep semangat ya…….jangan pernah putus asa dalam menjalankan tugas nya

  46. Priyono permalink
    April 23, 2010 2:58 pm

    Saya sedang mencari saudara bernama Haryogi dg kakak kandungnya Suharto asal Banyuwangi
    mohon untuk dapat menghubungi kami hp. 0813. 60 888 959 atas bantuannya terima kasih

  47. nurman1999 permalink
    May 20, 2010 9:48 am

    Kok fotoku ngga ada ?

    siap salah bang.. mantap blognya abang !!

  48. derry permalink
    May 23, 2010 1:09 pm

    mau nanya nih! kalo mau masuk brimob smk bisa ga? soal nya kemarin saya udah daftar akpol,gara-gara ijazah saya smk jadi ga bisa, denger-denger smk bisa masuk brimob. saya mau banget jadi brimob.

  49. June 22, 2010 8:43 am

    maju terus KORPS BRIMOB jiwa ragamu demi kemanusiaan. Aku pingin bisa bergabung dengan KORPS BRIMOB,,,setelah lulus SMA aku harus melanjutkan kemana untuk bisa menjadi BRIMOB???

  50. hary acong permalink
    July 11, 2010 10:18 pm

    salam buat rekan2 sebangsa setanah air,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,PMJ DEN D CIKARANG

    BRIGADE

  51. September 4, 2010 5:18 pm

    Brimob I’comink….

  52. Rais Buana EU/ DELTA permalink
    September 23, 2010 9:34 am

    BRAVO KORPS BRIMOB POLRI….

  53. dhenu permalink
    October 13, 2010 5:22 pm

    mas POLISI, tanya dunk…kenapa brimob harus tampil kaya militer ? kenapa juga punye kemampuan seperti militer ? apa gak tumpang tindih om tugasnya ?
    kalo emang bisa bertempur juga, mending bubarin aja TNInya, daripada gak ada kerjaan…mending anggaran buat pendidikan…

    last, kok situs brimob polri belum banyak isinya ?

    maaf

  54. ranger1 permalink
    October 28, 2010 7:57 pm

    pak boleh nanya? itu tugas2 brimob ada dasar legal formalnya ga? UU,PP or yang lainnya? share donk,,,,thx…

  55. aldo gunawan permalink
    January 25, 2011 10:29 am

    brimob gak keren.. Hanya kebanyakan gaya tapi dilapangan nol besar. Buktix wkt penangkapan gembong teroris nordin m top butuh wkt 14 jam. Gak kayak kopasus sewaktu pembebasan sandera di thailand hanya butuh wktu 30 menit. Begitu yg bisa dikatakan profesional.

  56. February 22, 2011 7:26 pm

    brimob waooooooo keren mau dong

  57. balakasadut permalink
    July 12, 2011 10:04 am

    Temen gw punya tetangga anggota brimob kata temen gw orangnya nyebelin banget…suami istri panasan ga bisa liat orang beli barang…trus sang suami yg brimob orangnya kayak perempuan suka ngerumpi dan iri hati kalo liat orang lain beli barang dan renovasi rumah…orangnya ga mau kalah….apalagi istrinya..anaknya balita tapi udah pinter nyolong mainan tetangga…pokoknya nyebelin deh….males…gitu temen gw suka curhat ma gw……

    • gibs tukang potong permalink
      October 16, 2012 10:08 am

      temen ge juga pernah curhat.. dan ternyata yg sirik dan iri itu loe… ahahaha..

  58. riong sinuraya permalink
    October 17, 2011 12:46 pm

    mau tanya informasi nih, saya punya temen smu yang dah jadi anggota brimob, saya sudah kehilangan kontak sama dia, kalau ada yang tau tolong kabari ya, nama teman saya itu laivai surbakti, kalau ada yang tau informasinya tolong kabari saya di 083184454618 (riong)

  59. sapri permalink
    November 8, 2011 7:23 pm

    EX MEN 1. Aku tetap bangga padamu. N jaga kemanpuan hilangkan kesombongan

  60. April 30, 2012 6:56 pm

    Lanjutkan perjuangan para pahlawan kita

  61. Abeng Alexandria permalink
    September 12, 2012 2:58 am

    Di jual Kenalpot AHAU masih 2 bulan pake,kondisi masih bagus , harga 350 rbu bisa nego..?

  62. Une darma permalink
    September 24, 2012 8:21 am

    Jayalah teruz Korps Brimob terutama unit sat.Pelopor seperti bp.sy bangga sampai di hati jadi anak BRIMOB.tolong pak berita2 update korps brimob yg terbaru…thx u

  63. zulfa permalink
    November 27, 2012 12:48 pm

    Bagus tuk menjaga bangsa tapi kalo tuk mainkan wanita sampai dikerjain dan wanita itu pun mau aja karna mungkin terpesona tapi dan dipake di cuekin aja, apa itu sesuai logonya yang bilang kemanusiaan

  64. July 5, 2013 1:29 am

    Brimob (Brigade mobil) tugas utamanya menangani masalah kedaruratan.

  65. xxx permalink
    October 16, 2013 11:15 am

    semoga selalu dalam lindungan-Nya utk brimob yg baik2, utk BRIMOB para penjahat wanita ketembak mati aja waktu tugas atau cacat seumur hidup biar disiksa dulu didunia. salam benci utk Bripda Muchlas Ardianto ADP kedunghalang bogor.

  66. rossi permalink
    November 8, 2013 5:26 pm

    Pak polisi.. tny donk.. klo mw krim brg ke brimob yg tgl di asrama.. alamatnya apa ya? Thank you..

  67. dario permalink
    July 7, 2014 8:43 am

    brigade mobil tidak ada yang lebih hebat dari mu,dari reaksi mu yang cepat dan hebat engkau tetap brigade ku ,dalam jiwa ku tetap tumbuh jiwa korps yang tinggi hidup brigade mobil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: