Skip to content

Profil Taruni Akademi Kepolisian

August 3, 2008

Dimulai pada medio tahun 2003, terdapat nuansa baru di Akademi Kepolisian. Dimana sebelumnya Akpol hanya mendidik Taruna yang berjenis kelamin laki-laki saja. Namun semenjak saat itu Akpol mulai menerima Taruna wanita, atau yang selanjutnya biasa disebut dengan Taruni. Sampai dengan saat ini Akpol telah mendidik 6 angkatan Taruni, 3 angkatan diantaranya sudah lulus dan telah melaksanakan dinas di berbagai wilayah RI. Jumlah setiap angkatan berbeda-beda, berkisar antara 30 sampai 60 orang.

Ternyata gampang-gampang susah untuk membina karakter seorang Taruni, yang pada dasarnya merupakan kodrat seorang wanita dengan sifat lemah lembut, untuk dibentuk menjadi insan yang berjiwa tegar dan tangguh menghadapi segala bentuk tantangan dalam tugas nantinya. Secara fisik, hampir seluruh kegiatan yang dilaksanakan Taruna (laki-laki) juga diikuti oleh Taruni, walaupun dengan porsi yang berbeda, seperti lari, cross country, mounteneering, rapling, halang rintang, dll. Sehingga dapat digambarkan bagaimana kekuatan fisik yang dimiliki calon srikandi-srikandi Polri ini, dibandingkan dengan remaja seumurannya yang tidak mengenyam pendidikan semacam ini. Meskipun demikian, seorang Taruni tidak boleh juga meninggalkan kodratnya sebagai wanita. Makanya disela-sela kegiatan yang padat diselipkan kurikulum khusus untuk mempertajam naluri kewanitannya, seperti kegiatan memasak dan merias diri.

Dari segi prestasi di bidang akademis pun, Taruni tidak kalah dengan Taruna. Bahkan pada tahun 2006, penyandang predikat Bintang Adhi Makayasa (Lulusan Akpol dengan Prestasi terbaik gabungan dari aspek Akademis, Sikap dan Perilaku, serta Kesamaptaan Jasmani) didapatkan oleh Ipda. Ratna yang merupakan seorang Taruni. Ya, akhirnya diharapkan di dalam ketegasan sikap dan perilaku yang dimiliki Taruni, mereka tetap menyimpan sejuta kelembutan dan sifat keibuan.

About these ads
68 Comments leave one →
  1. cantigi permalink
    August 4, 2008 10:28 am

    dan cakep2.. :D
    makin keren ajah kepolisian.
    salut bro..

    @ cantigi : makasih mas den, bisa ajah.. =))

  2. August 9, 2008 1:49 am

    polwan skrg lebih modis2 ya

  3. Indra permalink
    August 28, 2008 9:07 pm

    Mas blognya bagus dan sangat informatif.. ini memberi gambaran yg jelas tentang seluk belik akpol..tapi bisa sedikit dong dijelaskan yg PPSS-nya juga…apakah pakaian/seragamnya sama ..apa yg membedakan akpol dan ppss pd seragam tsb…

    @ Indra : makasih, nanti akan saya angkat profil mengenai siswa PPSS..

  4. DANTE permalink
    September 21, 2008 12:17 pm

    buat taruni yang baru lulus, berapa bulan tidak boleh di hubungi?

    @ DANTE : untuk masa pendidikan dasar bhayangkara direncanakan selama 4 bulan, jadi kurang lebih sampe bulan desember.setelah itu akan ada upacara pelantikan menjadi Taruna.

  5. DANTE permalink
    September 23, 2008 12:08 am

    Makasih jawabannya Mas.. Setelah itu ada dikasih libur nggak buat pulang kampung ? Trus lebaran ini gimana, nggak ada kebijakan buat kasih kabar ke keluarga ? Pendidikan dasar bhayangkara kegiatannya apa aja Mas, plonco ya…?

    @ DANTE : menurut info yang saya dapat, setelah pendidikan dasar akan diberikan libur. Untuk lebaran ini melaksanakan libur tapi tetap di Akpol. Kegiatan pada saat pendidikan dasar kebanyakan kegiatan fisik untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh. Kalo bahasa mahasiswanya ya plonco itu…

  6. DANTE permalink
    September 23, 2008 1:56 pm

    Wah berarti lebaran ini nggak bisa dihubungi sama sekali ya.. Keras dong plonconya Mas, bisa pake hukuman fisik dong.

  7. DANTE permalink
    September 24, 2008 3:19 pm

    Lebaran ini nggak bisa dihubungi sama sekali ya? Nggak ada kebijakan buat kasih kabar ke keluarga. Plonco kalo berbuat salah, bagi Taruni dikasih hukuman fisik ya ? Kasian… Keras dong plonconya.

    @ DANTE : saya pikir nanti diberikan waktu untuk sekedar menghubungi keluarga pada saat lebaran, tapi ini merupakan kewenangan dari pengasuh Detasemen X. Keras=mendidik disiplin, tapi yakinlah di Akpol tidak ada lagi kekerasan di luar batas kemanusiaan.

  8. October 28, 2008 1:31 pm

    oowalah opo mene seng kurang..wes ayu awake seger mene.salam yo karo srikandi akpol kuabeh..

  9. December 3, 2008 8:12 pm

    cuakep-cuakep dan beda banget ama angkatan perang wanita. Bravo

  10. December 12, 2008 2:06 pm

    Uh..bangga banget deh lihat juniorku..tambah lama tambah cakep2x…Tetap semangat yah dek…teruskan perjuangan senior tarunimu….

    @ Aye TD : betul mbak Aye, harus terus semangat berjuang..

  11. Sidriani permalink
    December 15, 2008 6:23 pm

    Pengen bisa jadi seorang taruni….!
    Melihat, membaca atau mengetahui segala hal tentang taruni saja, sudah membuat hati dan darah saya bergetar hebat (serta banyak lagi yang tak dapat dilukiskan dengan kata2)
    Semoga saya bisa mewujudkan cita!
    Aminyarobbalallamin…..

    Best Regarts
    =Anak Ibu Bhayangkari=

    @ Sidriani : Saya ikut berdoa semoga cita-citanya dikabulkan. Amin..

  12. azyzul hakym permalink
    February 10, 2009 10:30 am

    wahh…

    banyak juga ya stoknya!!!
    minta 1 dunk.. hehe

  13. rohmad permalink
    March 18, 2009 12:05 am

    hem…..biasa aja kok.

  14. yudi permalink
    March 26, 2009 9:51 pm

    Sekarang kok susah ya masuk polisi,aku adalah pemuda yang dulu pernah mendaftar sebagai seorang polisi.semua tes aku jalani dan aku lulus semua,aku heran pada saat wawancara aku gagal.karena saat itu aku ditanyai punya duit pa engak…. katanya gratis mana?????????????mohon konfirmasinya!!!!!!!!!!!!!!

  15. April 6, 2009 8:19 am

    bisakah untuk menjadi Akpol dari sarjana teknik mesin..
    thanks..

    @ adian tobing : berdasarkan ketentuan tahun kemarin, teknik mesin tidak ada, hanya dari teknik informatika saja.

    • susi permalink
      October 5, 2012 10:28 pm

      untuk jabatannya itu gmana gan?seumpama kalo sudah jadi perwira S1 di akademi semi militer msuk akpol?apakah harus dari 0 lagi??
      trus ada jabatannya sendiri/gelar sendiri g ndak?

  16. kurnia permalink
    April 6, 2009 8:06 pm

    Yth. Bpk. Kapolri
    Bpk. Gubernur taruna AKPOL

    Kami harap Bapak membuka pendaftaran Taruna AKPOL dari lulusan SMA, dikarena banyaknya SDM yang berkualitas. Terima kasih.bls.

  17. BELMI H.SIALLAGAN permalink
    April 11, 2009 1:33 pm

    saya bercita-cita nanti anak saya masuk Taruna dan Taruni Akpol agar nama dan martabat keluarga meningkat.Jaya POLRI

  18. aan dwi satriyo yudho permalink
    April 14, 2009 10:45 pm

    i love police academy, ! Coz i’m a policeman

  19. April 18, 2009 1:29 pm

    thank for indonesian national police ,,goog luck for your jobs discription….knowledge is power but character is more

  20. wth?? permalink
    May 7, 2009 3:07 pm

    denger” akpol nerima lagi dari sma ya?
    bener gag tuh makasih

    @ wth?? : bener sekali mas, silakan baca tulisan selanjutnya.

  21. May 11, 2009 1:27 pm

    Taruni itu berapa lama ya mas Pendidikannya?
    Trs setelah Pendidikan itu baru di bolehkan Maried ya?
    Tks infonya.

    @ Rika: silakan baca di posting lainnya/selanjutnya.

  22. aya permalink
    June 14, 2009 10:24 pm

    smangat deh mb tapi kayaknya tbq kuyang hehe……

  23. diva permalink
    July 17, 2009 7:56 am

    maz ….syarat2 masuk akpol tu apa aj???trus tes fisiknya apa aj?berat g???berat badan ideal masuk akpol berapa,bagi wanita

  24. meli permalink
    August 10, 2009 6:51 pm

    mudahan q bisa jadi taruni,,setelah kemaren gagal…tp its ok try again,,,mungkin foto diatas jd kan inspirator to lebih semangat pantang menyerah…..ho,ho

  25. Hartati Sinaga permalink
    August 24, 2009 10:43 am

    kalo pake kawat gigi (ortho cekat) masih boleh daftar AKPOL g?

  26. September 1, 2009 12:37 am

    POLISI IS THE BEST..
    doain que bz brhsl jd taruni
    krna itu cta2 aq
    AMIN

  27. angga permalink
    September 24, 2009 8:01 pm

    mdh2 an q bs sprt mrka .
    kuatkanlah tekad dan semangat q utk jd abdi negara
    amin ya allah

  28. Satria pandu permalink
    September 26, 2009 10:29 am

    Wah cantik2 ya? Mas, kalo taruni di dalam ksatrian boleh pacaran ama taruna ga? Terus kalo pesiar hari apa aja?

    @ Satria pandu : kalo hanya sebatas pacaran/menjalin hubungan biasa, karena itu “bumbu akademi” juga wajar bagi remaja seusia mereka. Pesiar hari rabu, sabtu, dan minggu.

  29. aan permalink
    October 13, 2009 10:53 am

    Kpan yah q bs spt mreka????

  30. Antoni Manik permalink
    October 13, 2009 4:22 pm

    Saya ingin anak saya kelak bisa masuk dan menjadi Taruni Akpol, kalau saya pernah dididik di Secapa Polri Tahun 1999-2000, moga anak saya bisa dididik di Akpol Semarang, Bravo Akpol RI

  31. Hidayatullah permalink
    October 14, 2009 8:46 pm

    Tahun depan aku nyusul…pendidikan diAkpol semarang amin…

    • Hidayatullah permalink
      October 14, 2009 8:49 pm

      bang minta tips-tips kalo hadapi psikotes? aku tanya juga kalo ada kayak ada tanda lahir apa masih bisa lolos tes kesehatan? trus tes kesehatan meliputi apa ja?

  32. Intan Merdekawati Mahyuddin permalink
    October 30, 2009 2:30 pm

    aq mencari seseorang yg Lgi ngeLanjutin pendidikan AKPOL nya d Surabaya,,
    aq gak tau gmna caranya utk bisa berkomunikasi sama dy……

    aq mau dy balik k medan…
    krn hanya dgn Leat dy semangat hidup aq bertambah, walau pun itu hanya sebentar….

    aq harap sLma dy dsna,,dy baik2 aj,,& Allah senantiasa seLaLu meLindungi dy…..

    dan semoga seLama dy mengikuti pndi2kan ini,,tdk ad sifat dy yg berubah,,semoga dy tetap menjadi pribadi yg menyenangkan….

    SEMANGAT y…
    semoga ktika bLik k Medan nanti, aq bsa meLihat Qmu Lgi sperti ap yg aQ inginkan…

    bwt:
    Muhammad IsraL….

    *bagi yg mengenal nama itu tLOng di sampaikan y…

  33. ari tri permalink
    November 16, 2009 9:11 am

    hm…semangat ikutan makin berkobar nih…
    dari dulu pengen banget masuk akpol…

    kalo lulusan keperawatan bisa ikut tak???
    soalnya saya ingin banget jadi polwan…
    melanjutkan semangat perjuangan ayah dan kakak saya…
    ^^…terimakasih

  34. November 17, 2009 9:29 pm

    kmrn gagal d pantukhir..sedih bgt eung..mw nunggu lg taun dpn tapi dgr2 katanya taun depan g menerima dari sma lg..ap bnr??klo iya..aq mw daftar bintara za desember skrg. .tolong d jawab y mah. .thanks

  35. SYAHNAS AYU MENTARI SYANI permalink
    November 19, 2009 9:51 am

    PEND.NYA SIH JD TARUNI KYK MBK FIRAH MEYDAR TP BSA GK YAAAAAAAAAAAAA!

  36. November 19, 2009 8:35 pm

    pendaftaran akpol kapn lg ? tolong ksh tau ?
    yang ankatan 2010-

  37. December 19, 2009 2:45 pm

    udah pelantikan ya??huwaaa…. sudah tidak berminat daftar taruni..

  38. December 20, 2009 6:39 am

    2010 pendaftaran smu lg y?klo yg S1 beda lg kn?semangatt!!

  39. ngess-ngess permalink
    December 28, 2009 1:05 pm

    ijin bang…hahha..taruni ya..ga tau knapa tuh kadang2 ada sebagian temen2 termasuk saya yng sebel sama taruni karena kalo uda dirukan tuh mayor2 yang galak jd hilang taringnya ma mereka,kita disuruh makan bnyak eh mereka ditekel..sedih dehh..ganasnya mayor atau sersan taruna hilang dengan senyuman taruni..hihihi..tpi ya maklum sihh..taruna juga laki-laki..udah gitu kalo apel mereka terlambat pasti langsung dihujat,hehhe….”paslah taruni”..ehm tapi kalo uda berkunjung ke Akademi TNI taruni kita jadi primadona tuh….hehhehe….

  40. Faber William Marsahala permalink
    March 3, 2010 11:56 am

    Semoga tahun ini saya dapat menjadi taruna Akpol. Amien….

  41. yurzhamara putra zam permalink
    April 28, 2010 10:15 am

    wah keren absd………?
    kalu semua komandan kepolisian kayak gene semua,,heem aq jamin banyak yg berminat jadi polisi.xixixixixixi

    SALAM SOLO BANDUNG KOSTRAD

  42. endah setiyo rini permalink
    April 30, 2010 4:59 pm

    i loveeeeeeee akpol :D so much :D doain yya untuk tahun depan aku mau mendaftarkan diri. semoga lancar terutama LULUS SMA (UAN,UAS,PRAKTEK) DAN DITERIMA DI AKPOL AMINNNNNN YA ALLAH :D :D :D

  43. May 11, 2010 2:55 am

    bagus,, tapi tolong,, kalo bisa memakai jilbab bagi polwan yang muslim,, karna apa??? indonesia 75% bragama muslim. lagian akan lebih terhormat & berwibawa & lbih suci sbagai,, kodratnya manusia,

  44. even permalink
    May 19, 2010 10:11 am

    horas..horas..horas…

    semoga tahun ini aku masuk akpol……..

    mohon Ya pak…………
    aku kan membuat yang terbaik untuk Negara Tercintqa ini………..

  45. restu permalink
    May 20, 2010 8:46 pm

    ass…
    saya ingin masuk taruni,tapi saya sendri pkai jilbab….!!!

    gimana pak?
    bisa d terima g’???

  46. sahat permalink
    June 4, 2010 1:14 pm

    mantap emng tbh krenya smuanya, tingktkaan dan tetap semangat buat negeri kita ini………

  47. July 17, 2010 12:56 pm

    Thanks a lot, had a great presentation

  48. siti amelia permalink
    August 16, 2010 9:49 pm

    smoga aku bsa jadi taruni…
    wlupun thun ini hnya smpai pantuhir,thn dpan hrus bisa lolos
    doakan yah

  49. September 14, 2010 9:31 am

    assalamu’alaikum..

    Aku mau tanyaaa.. kalo taruni gak ada yang pakai jilbab ya??

    di jawab ya..

  50. boy permalink
    October 7, 2010 12:22 am

    dan akpol 2011 bulan apa ? jaya selalu

  51. October 22, 2010 6:20 pm

    wahh.. keren buangeettts klo q lulus sma q mau jadi taruni ach..tapi q masih sd.. masih kls 6..susah ga sihh jadi taruni ? pasti bikin orang tua bangga tuh.. ikutan donk..

  52. Muhammad Rizal permalink
    December 29, 2010 3:40 am

    kapan saya bisa jadi TARUNA AKPOL keren amat yac

  53. tika permalink
    January 14, 2011 4:30 pm

    kakq smw, apa sih syarat masuk akpol?

    brapa orang yang di butuhkan taruni??

  54. sersan mayor taruna wahyu surya fraduta permalink
    February 20, 2011 2:40 pm

    boleh juga taruni2 sekarang tp kepolisian harus lebih meningkatkan kinerja lebih baik lagi dari tahun2 sebelumnya?hormat saya SERMATA wahyu surya fraduta

  55. ENCHI permalink
    March 29, 2011 10:43 am

    AKU MAU SPRTI KALIAN,, TAHUN INI 2011 AKKU HARUS BISA …
    TUNGGU AKU UNTUK GABUNG BRSAMA KALIAN,,
    DO.AKAN YAA

  56. March 31, 2011 6:59 am

    2012 akpol i’m comming :)

  57. ARIEF WIBISONO permalink
    May 18, 2011 9:16 pm

    INFO BWT SMUA NYA,…
    1 PANDA(PANITIA DAERAH) YG DI AMBIL 7 TARUNA DAN 6 TARUNI,…
    DAN LAGI SKRG SYRAT NYA DI TMBH DGN NILAI TOEFL HARUS 500 KEATAS,…
    JDI HARUS LES JGA,…
    TRUS JGA KSHTAN,…
    AKPOL 2012 I ‘M COMING !

    • ukha permalink
      September 30, 2011 3:08 pm

      nilai ujian n raport minim brapa kalo bleh tau??

  58. verdi permalink
    July 4, 2011 1:35 pm

    mas…
    sya mau daftar akpol … sya masih klas 2 sma jurusan IPS…
    apa bnar bila taruna akpol itu lebih memilih yang lulusan IPA dr IPS.. ????
    thanks… tolong jwab ya mas

  59. esti permalink
    July 6, 2011 11:07 am

    mohon doanya aku pngen masuk akpol

  60. ipul ais efendi permalink
    March 2, 2012 4:12 pm

    cantik cantikk,,bnget

  61. ROBINA permalink
    March 6, 2012 3:57 pm

    semoga aku bisa menjadi polwan ya,,,cita-cita aku ingin jadi polwan,,,,,,ada gak ya pndaftaran tahun ini tahun 2012,,,,,

  62. arga permalink
    March 16, 2012 5:19 pm

    Syarat-syarat akpol itu mah apa saja nya???

  63. Nur aitun islamiyah permalink
    April 27, 2012 11:53 am

    Ass…pak
    pak saya setelah tamat sma ingin melanjutkan ke akpol,saya ingin bertanya apakah jika kita menjadi taruni masih bisa tetap memakai jilbab selama bersekolah di akpol pak,saya mengharapkan balasannya pak,terima kasih y pak
    wss..

  64. dewiana permalink
    February 27, 2013 3:48 pm

    Kalau mengenai seragam polwan berjilbab sampai saat ini masih hanya berlaku di polda aceh saja, meskipun banyak polwan baik lulusan taruni akpol maupun sumber lain yang sebenarnya juga sangat menginginkan dapat mengenakan seragam polwan berjilbab meskipun bertugas di luar polda aceh, namun demikian untuk mewujudkannya memang perlu kajian lebih lanjut lagi mengingat tugas polri bersifat universal, oleh karena itu kami memahami hal itu namun kami juga berdoa semoga suatu saat nanti polwan dapat mengenakan seragam berjilbab meskipun bertugas di luar polda aceh termasuk yang sedang mengikuti pendidikan, dengan catatan tidak mewajibkan namun memberi ijin kepada polwan yang ingin berjilbab..yang utama kita polwan (srikandi polri) harus terus berusaha menunjukkan profesionalisme kinerja dan prestasi yang baik di kedinasan dalam memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat tanpa diskriminatif sehingga mudah-mudahan apa yang kita cita-caitakan dapat terwujud Amin Ya Allah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: