Skip to content

Polri Membuka Pendaftaran Bagi Sarjana S1/S2 Untuk Dididik Menjadi Perwira Polri

June 3, 2008

Terhitung semenjak tanggal 19 Mei s/d 23 Juni 2008, Polri membuka kesempatan bagi warga negara Republik Indonesia untuk dididik sebagai Taruna Akpol pada tahun anggaran 2008, yang menurut rencana pendidikan akan dimulai pada tanggal 21 Agustus 2008. Sebagai syarat utama adalah lulusan Sarjana S1/S2 dari Perguruan Tinggi/Fakultas dengan program studi yang terakreditasi (A,B,C). Info lebih lengkap dapat dilihat disini, atau menghubungi Polda/Polres terdekat.

Saat ini di Akpol sudah ada 1 (satu) angkatan/detasemen yang sebagian besar Tarunanya bersumber dari Sarjana. Yakni yang sekarang sedang menjalani pendidikan di tingkat I/detasemen Dharma Ksatria. Angkatan ini adalah masa peralihan sumber Taruna yang dahulunya sebagian besar lulusan SMA, di angkatan ini pada saat masuk berjumlah 300, bersumber dari sarjana 230 Taruna dan dari SMA sebanyak 70 Taruna. Selanjutnya pada Tahun Anggaran 2008 ini seluruh Taruna bersumber dari Sarjana, baik S1 atau S2.

Sistem pendidikan dan pengasuhan di Akpol sudah mengalami banyak perubahan yang cukup signifikan, dimulai semenjak Akpol mandiri pada tahun 1999 hingga kini bergulir terus reformasi di tubuh Akademi ini. Gubernur Akpol yang baru Brigjen Pol Drs Sutjiptadi, MM dan seluruh staf memiliki komitmen yang tinggi untuk menghilangkan tradisi kekerasan dari kehidupan korps Taruna. Taruna dididik untuk menjadi Inspektur Polisi dengan kualitas sebagai bhayangkara yang mahir, terpuji, dan patuh hukum.

So, don’t be hesitate if you wanna be a police academy cadet.. Welcome !!

111 Comments leave one →
  1. June 7, 2008 1:46 pm

    Isi blognya sangat baik, karena menampilkan tentang akpol,alumni akpol bahkan tindak kejahatan yang dilakukan oleh masyarakat.contohnya unjuk rasa,dan juga mengakibatkan polisi.

  2. Sidriani Handayani Desky permalink
    June 11, 2008 1:08 pm

    Assalamu’alaikum….
    terimaksih mas infonya..
    saya juga sebenarnya sangat ingin masuk Akpol.
    sekarang saya sedang Kuliah di Jurusan Antropologi Sosial, salah satu jurusan yang ada dalam persyaratan, hehee… tapi sepertinya tinggi badan saya kurang :(
    tapi semoga saja ada jalan dari Allah.
    Amien..

    Trimakasih mas untuk ruang sharingnya.
    senang bisa mendapat pengetahuan banyak dari mas.
    salam kenal..

    @ Sidriani : Ga ada salahnya untuk mencoba mbak, semoga beruntung !

  3. June 12, 2008 7:01 pm

    Mohon Informasi syarat pendaftran akpol dan formulirnya?

    @ Nurhikmah : syarat pendaftaran dapat dilihat di http://www.polri.go.id/images/dat_penerimaan/20080519045514.gif keterangan lebih lengkap dan formulir dapat anda peroleh di polda/polres setempat.

  4. July 18, 2008 6:28 pm

    thanks ya atas infonya mas..
    ohya saya tidak bisa mengakses situs resmi polri yang anda sertakan!!
    saya mengakses internet dari kantor saya.kyaknya ga mungkin diblok deh.bukan situs parno kan itu polri.
    gini aja deh mumpung mas bisa akses boleh ga ya kira2 mas kirimin (via email) paling tidak syarat2 akademik dan fisik (mata saya minus) untuk masuk perwira ini?? itu pun klo mas besedia..
    saya ucapkan terima kasih sebelumnya..

    @zulpan : wah saya jg baru tau kalo situs http://www.polri.go.id lg down mas, tapi sayangnya tahun ini untuk pendaftaran sudah tutup tgl 23 juni kmrn dan sudah dilaksanakan tes tingkat daerah. mungkin tahun depan bisa coba lagi.

  5. putra permalink
    July 28, 2008 10:25 am

    mas ternyata penerimaan AKPOL sekarang tidak semua jurusan, tapi untuk penerimaan AKPOL 2007 tuh semua jurusan, buktinya teman saya 1 jurusan kuliah daftar AKPOL 2007 keterima, sedangkan saya nyoba daftar AKPOL 2008 ternyata jurusan saya udah tidak ada..

    yah kecewa deh……………….
    dan harus memendam dalam2 deh impian jd perwira polisi…..

    @ putra : betul mas, penerimaan yang tahun ini dan ke depan nantinya, jurusan kesarjanaannya disesuaikan dengan kebutuhan Polri. Karena kalo tidak disesuaikan dikhawatirkan tidak dapat memberikan dukungan yg optimal dari bidang ilmu dimaksud.

  6. Imam Priambodo permalink
    July 28, 2008 3:37 pm

    Kalau dari teknik geodesi bisa nggak ya?
    Karena sekarang saya sedang menempuh studi S1 di teknik geodesi universitas Diponegoro.
    Mohon dijawab ya pak/bu

    @ Imam Priambodo : Kalo untuk pendaftaran tahun ini tidak ada teknik geodesi, tapi saya belum tahu untuk tahun depan, karena bidang ilmu itu bisa berubah sesuai dengan kebutuhan Polri. Apabila dirasa perlu bisa saja dibuka untuk bidang ilmu tersebut.

  7. Ikbal Rachim Ekoputro permalink
    August 4, 2008 4:32 pm

    Untuk S1 jurusan Teknik Penerbangan
    apa di butuhkan di Kepolisian..?
    minta konfirmasinya

    @ Ikbal Rachim : Sekali lagi untuk tahun ini pendaftaran sudah selesai mas, dan sudah memasuki seleksi tingkat pusat. Untuk tahun depan saya belum bisa memastikan, tapi kalo dilihat kebutuhan Polri bisa jadi dibuka, karena Polri memiliki kesatuan Polisi udara, dimana disitu mengemban fungsi keamanan/pendukung yang menggunakan sarana udara.

  8. August 9, 2008 2:06 am

    Bang sekalian mau tanya karna blm dapat jawaban nie. kl penerimaan PPSS ini kira2 msh ada apa tidak dibuka lagi ya, mengingat penerimaan AKPOL sejak 2007 sudah dari sumber S1.

    Mengingat saya fail di akpol tahun ini. smg saja ad penerimaan untuk PPSS.

    mohon infonya bang, thx. 8-13

  9. August 26, 2008 2:56 am

    As,maf bng mau tany pendaftaran pns polri kpn n syaratny ap aj?Sy skr sdng kul d fak hukum.Dr info yg sy terima kalo u/ jd pns polri harus honor 3tahun dl..Mohon infonya.Mks

    @ anatasia : wah kalo secara resmi saya juga belum tau suratnya mbak, tapi mungkin bisa ditanyakan polda/polres setempat, atau kunjungi website polri di url http://polri.go.id

  10. September 21, 2008 3:56 am

    Ass…
    Saya mau bertanya dan mohon petunjuknya,
    Apakah sarjana teknik industri bisa mendaftar di AKPOL?
    Karna saya lihat ilmu disiplin yg dicantumkan diselembaran tidak ada ilmu disiplin teknik industri.
    Selebihnya trima kasih dan mhon ptunjuknya

    @ Yamaja : FYI, kalo pada selebaran pengumuman pembukaan pendaftaran Akpol tidak ada, berarti Akpol belum menerima untuk disiplin ilmu itu, Tapi untuk tahun depan saya belum bisa pastikan karena bisa saja terjadi perubahan syarat menyesuaikan dengan kebutuhan Polri. Untuk info up to date selalu kunjungi situs polri di http://www.polri.go.id trims…

  11. magdaditha permalink
    October 13, 2008 3:36 pm

    halo mas, saya mau tanya apakah tahun depan ada penerimaan untuk Akpol, denger2 karna ada PEMILU tahun depan tidak ada. kalau ada sekitar bulan dan tanggal brp?

    Apakah jurusan design komunikasi visual, termasuk jurusan yg dibuka, karena jurusan ini termasuk komunikasi.

    Terimakasih atas informasinya

  12. magdaditha permalink
    October 14, 2008 3:17 pm

    hallooo kok message ku ga masuk yah….

  13. leo permalink
    October 20, 2008 12:23 am

    saya mau beratnya dan memohon petunjuk?
    apakah sarjana agribisnis bisa mendaftar akpol?
    terima kasih

  14. B2-4065 Gita permalink
    October 27, 2008 7:24 pm

    sarjana biologi bisa ikutan jadi Akpol taq???

    berat badan harus berapa ya???

    kira2 kapan ada pendaftaran akpol 2009???

    terima kasih.

    • Ecca permalink
      May 1, 2009 5:42 pm

      Asl.Hai….

      Emang kamu mau daftar Akpol ya?
      Lu2san mana?

      Boleh kenalan g’….?

  15. setiawan ari permalink
    November 7, 2008 12:37 pm

    assalamualaikum,,,,,saya mau tanya kalau teknik elektro untuk tahun 2009 apakah bisa ikut untuk mendaftar menjadi perwira akpol,,dan kalau pernah patah tulang di tangan apakah masih punya kesempatan? tolong di balas ke email saya yach (ari_kendali@yahoo.com)

  16. R Ardi Prasadya permalink
    November 11, 2008 6:06 pm

    mas, saya lulusan sarjana Teknik Informatika. saya Ingin sekali masuk akpol. tinggi saya 173cm. dibukanya akpol skarang bulan apa? kalo dari jurusan saya, yang diterima sekitar berapa orang ya?? apa sama lulusan dari SMA dengan lulusan perwira ditempatkannya??
    mohon petunjuknya ya..
    terima kasih

    @ R Ardi Prasadya : FYI, Kalau tidak ada perubahan, Akpol tetap menerima sarjana teknik Informatika. Biasanya pendaftaran dimulai sekitar bulan maret-mei setiap tahunnya. Dan pendidikan dimulai sekitar bulan juli. mengenai syarat administrasi pendaftaran bisa dilihat di website Polri http://www.polri.go.id Mengenai jumlah yang diterima dari tiap jurusan disesuaikan dengan kebutuhan Polri pada saat itu, jadi bisa berbeda-beda.

  17. ancha permalink
    November 23, 2008 7:26 pm

    untuk S1 jurusan arsitektur
    apa dibutuhkan dikepolisian ?
    trus PPSS masih ada gak?
    tolong dibalas ke email saya yah. terima kasih sebelumnya. (anchatecture@yahoo.com)

    • Andy permalink
      April 30, 2009 6:09 pm

      jur km daftar PPSS aja awal mei ’09 max umur 30 thn yg udah nikah infonya bisa daftar juga lama dik cm 6 bln dh jadi IPDA, perwira teknis yah team ahli gitu dh

  18. trisna amijaya permalink
    November 30, 2008 9:19 pm

    klo dari teknik kimia bisa ikut tes akpol gak??

  19. December 10, 2008 3:22 pm

    asalamualaikum.sy berkomitmen ingin menjadi seorang perwira polisi,untuk mengikuti jejak orang tua sy.skrng sy berkuliah d fakultas ilmu kesehatan.terima kasih infonya

    @ SANDYKA TRI PRASETYA : Wass. Saya ikut mendukung dan mendoakan semoga sukses dalam meraih cita-cita.

  20. December 10, 2008 3:24 pm

    mohon tipsnya,dalam pembinaan tubuh,fisik,dan mental untuk persiapan perwira polisi..terim Kaih y..ASALAMUALAIKUM

  21. December 27, 2008 10:35 am

    salam sejahtera untuk kita semua

    saya mau menanyakan pendaftaran anggota POLRI tahum 2009 kapan di buka (untuk SI)?. kalau dari teknik mesin apakah bisa mendaftar dan apakah ada kuotamya…?

    terimakasih…

    @ setyawan : pendaftaran biasanya dibuka bulan maret-april mas.info lebih lanjut monitor selalu di website http://www.polri.go.id

  22. Annga Pambudi, SE. permalink
    December 30, 2008 11:44 am

    Asslm. Wr. Wb.

    Dng hormat,
    Langsung saja, yng pertama sya mau tanya dlm psikotes apa masih adakah tes menggambarnya pak?, dan yng kedua wajibkah perwira aktif dalam listening and wraiting english?.

    Atas perhatiannya dan sya mengharapkan jawabannya terima kasih.

    Wasslm. Wr. Wb.

    @ Annga Pambudi, SE. : kalo psikotes yang ada gambarnya setau saya masih, sedangkan bahasa Inggris itu bisa dipelajari..

  23. lukman permalink
    January 5, 2009 10:46 am

    haloo…haloo, mau tanya apakah syarat menjadi perwira akpol harus sesuai dengan jurusan yang dimiliki oleh calon pendaftar…?? padahal banyak pendaftar yg datang pd saat pembukaan yg memang betul2 ingin mengabdi kpd negara, cm krn tidak sesuai kebutuhan POLRI mka dianggap tdk bisa dan klpun bisa harus ada “UANG PELICIN” yg blm tentu masuk juga, mohon informasinya.? sebab rumor “uang pelicin” msih terjadi, dan blm tentu yg menggunakan “uang pelicin” tsb menjalankan tugasnya…hanya sekedar mencari ke GAGAHAN dan SENSASI…terima kasih

  24. January 21, 2009 10:36 am

    trimakasih ya…saya mau nanya,ilmu pendidikan yang saya tekuni,di fakultas ilmu kesehatan masyarakat s1,apakah nantinya bisa mendaftar di perwira polisi????

  25. fajar nugroho permalink
    January 22, 2009 3:38 pm

    ass wr wb,mas mau tanya apakah jurusan bsnis admistrasi lulusan malaysia dapat diterima?
    lalu berapa lama kira2 lama pendidikan?

  26. defri roza permalink
    January 24, 2009 3:15 pm

    om…. saya di tahun 2009 ini saya ingin mendaftar AKPOL, tapi saya agak sedikit pesimis karna gigi saya ada yang tanggal dan berlubang, tapi kedua-duanya itu di bagian belakang om…… apakah saya masih ada harapan untuk masuk ke AKPOL tolong di balas om….. agar saya tau apa yang harus saya lakukan, sebelumnya saya ucapkan terimakasih….

    @ defri roza : tentu saja harapan masih ada. kalo gigi berlubang sebaiknya ditambal saja, atau malah dicabut sekalian. silakan konsultasi ke dokter gigi terdekat.

  27. Delanensy permalink
    January 27, 2009 12:40 pm

    met pagi pak..mau tanya nih..
    apakah dari lulusan MIPA hanya sarjana matematika,fisika sama statistik aja???
    saya lulusan biologi apakah bisa mendaftar???
    karena ada matakuliah wajib dari Biologi UGM itu yang menyangkut matematika,fisika ma statistik.
    bahkan ilmu dasar forensik juga kami pelajari spt fingfer printing dsb.
    Sebagai saran saja agar Polri lebih dapat membaca lebih dalam ilmu-ilmu terapan dari @fakultas shg semua jenis fakultas dapat masuk.kan nantinya kita juga akan melalui tahap training and development kan pak…
    tolong dijawab,,,
    Thanks

  28. HARUN permalink
    January 28, 2009 10:08 am

    SAYA INGIN MASUK AKPOL TAPI JURUSAN SAYA S1 SOSEK PERTANIAN APA BISA…
    TERIMAH KASIH……………………………….

    @ HARUN : untuk akurasinya jurusan yang akan diterima pada input akpol 2009 kita masih menunggu info dari mabes.

  29. R Ardi Prasadya permalink
    February 1, 2009 12:37 pm

    assalamualikum,

    mas saya mau nanya lagi tentang persyaratan,… di persyaratan tercantum tinggi badan(dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) misalkan tinggi saya memenuhi yaitu 173cm, dengan berat badan saya 57, kira2 memenuhi tidak ya??

    @ R Ardi Prasadya : tinggi 173 cm, berat idealnya kira-kira antara 60-70 kg, jadi sebaiknya mesti ditambah lagi mas..

  30. hanim permalink
    February 8, 2009 9:07 am

    mas perkenalkan nama saya hanim, saya sekarang masih menjadi mahasiswi fak MIPA jur Fisika di sebuah PTN yang ada di jawa timur dan sekrang IPK saya cuma 2.91 dan skearang sedang skripsi. apa syarat-syaratnya klau jd AKPOl? tapi saya jur fisika n gigi saya berlubang apa bisa?

  31. luqman hakim permalink
    February 8, 2009 9:22 pm

    assalmlkm.. salam kenal ms sya luqmn org tegal tinggi 166 cm berat 57 kg, ms mw nanya klo ekonomi akuntansi untuk pendaftaran akpol 2009 kira2 prediksi mas ada ga formasiny?? ms sya mohon bantuany apa2 sja yg hrus sya persiapkn agar bs msuk akpol. tips2 ny ya ms. terima kash bnyk ats waktumy ms. sukses slalu

  32. R Ardi Prasadya permalink
    February 9, 2009 1:19 am

    wah mas wahyu, saya harus banyak makan nih….
    gmna yah caranya biar berat naik, tapi tidak menjadi keberatan, dan tetap bugar…
    hmmmmm…

  33. February 10, 2009 9:26 pm

    pak klu sarjana sejarah ada kemungkinan masuk akpol tidak ya?
    kalu caba ?

  34. February 10, 2009 9:28 pm

    dengar2 sekarang caba minimal S1 ya?
    klu aq waktu tolong kirim juga ke mail saya
    iwanul@yahoo.co.id

  35. R Ardi Prasadya permalink
    February 12, 2009 8:46 am

    mas wahyu, pendaftaran akpol untuk daerah jakarta tanggal brapa ya dibuka??? ato saya masuk ke daerah depok… kira2 dimna ya?

  36. agush hendra rangi permalink
    February 25, 2009 8:11 am

    selamat pagi pak..
    saya adalah mahasiswa semester 8 jurusan International Business Adminstration (IBA).
    saya mau bertanya pak kapan penerimaan AKPOL 2009, berapa kali dalam setahun, persiapan apa yang harus dilakukan!!!
    saya mohon bagi-bagi tips supaya bisa masuk ke AKPOL..!!!
    thanks for your kindness and may God bless
    going to Indonesia’s advance…

  37. March 5, 2009 1:12 pm

    mas…numpang nanya? Pdftrn akpol 2009 dgr2 d buka dr sma lg iah? tp ad yg blg g recruitment dr umu alias ngambil dr bintara polri sajah? Mn yg bnr mas? Thxs b4

  38. anik tri wulandari permalink
    March 10, 2009 2:47 pm

    sore pak…saya mau tanya,saya heran bahkan kagum pada taruna taruni akpol yang bdnny proporsional,gini loh kata temen saya yang masuk akpol itu adl orang2 pilihan dlm arti (ekonomi menengah atas)tidak spt bintara polri yang standar ekonominya.bener gak sich…?namun apabila masuk calon taruna taruni akpol yang merasa kesulitan itu harus masuk bintara dulu yang penting pnya uang dan memenuhi kriteria.coz kenapa sich masuk calon taruna taruni akpol kok sulit bgt n ngehabisin biaya bnyk.

  39. March 25, 2009 9:39 pm

    pak..numpang nanya, saya lulusan dari s1 keperawatan,apakah ijazah saya bisa dipakai untuk mendaftar sbg taruni akpol 2009? sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk jawabannya..

    @ mila sadya : untuk ketentuan pendaftaran 2009 belum ada, tapi berdasar ketentuan tahun 2008 tidak ada untuk lulusan dari keperawatan.

  40. sitha.,S,Kep permalink
    March 27, 2009 9:44 pm

    salam kenal..menyambung pertanyaan yang diberikan oleh mila sadya..

    kebanyakan teman2 yang lulus dari S1 keperawatan berkeinginan untuk menjadi taruna taruni akpol.
    apa mungkin, ksmi tidk bisa mencoba untuk bergabung dengan AKPOL.

    padahal kami menaruh harapan yang besar untuk mengabdi di dunia kepolisian.

    @ sitha.,S,Kep : untuk keterangan lebih lanjut silakan bisa menghubungi polda/polres setempat. trims.

  41. March 28, 2009 5:17 pm

    mas maaf, saya mau nanya kalau masuk akpol, dari lulusan S1 peternakan bisa g?

    @ hadi suprayogi : sampai saat ini saya belum mendapatkan info bahwa lulusan dari fakultas peternakan dapat mendaftar akpol. Trims

  42. frengly aldes permalink
    March 30, 2009 3:38 pm

    mo tanya pak,,saya lulusan s1 teknik industri,apakah bisa ikut penerimaan akpol???mohon blz

  43. frengky aldes permalink
    March 30, 2009 3:43 pm

    mo tanya pak,,saya lulusan s1 teknik industri,,saya ingin sekali menjadi perwira polisi,itu cita-cita saya sejak kecil,,yang ingin saya tanyakan apakah jurusan yang saya ambil bisa masuk dalam sesleksi penerimaan akpol 2009?mohon di blz.

    @ frengky aldes : untuk tahun 2008 dari teknik yang diterima hanya teknik informatika. untuk tahun 2009 masih akan dibahas akhir bulan april yg akan datang. trims.

  44. abdee permalink
    April 15, 2009 6:01 pm

    pa,,saya mau tanya untuk thn 2009 ini pendaftaran nya tgl dan bulan apa ya pa..trus untuk jurusan teknik informatika ada ga ya..
    terima kasih sebelum nya..di tunggu penjelasan nya…

  45. pasti aji permalink
    April 21, 2009 8:12 am

    pak saya mau tanya,apakah benar tahun 2009,penerimaan akpol masih bisa dari sma?kalau bsia kasih tau saya persyaratan apa saj dan kirim ke email saya di menot_taruna_akpol@yahoo.com.terima kasih.maju terus kepolisisan indonesia

  46. pasti aji permalink
    April 21, 2009 8:16 am

    pak saya mau tanya,apakah benar,tahun 2009 penerimaan akpol masih bisa dari sma?kalau bisa kasih tau ke email saya.menot_taruna_akpol@yahoo.com.terima kasih

  47. yovieee permalink
    April 22, 2009 2:20 pm

    wah……….. tank’s ya atas infonya, sangat membantu.
    saya berharap kepada anda jika ada informasi terbaru tentang pendaftaran akpol, tolong diatmpilkan ya…..
    Oooo… ya saya mau tanya neh pak..
    dalam hal tes kesehatan apa saja yang sih yang diperiksa dan yang sangat diperhatikan..

  48. rizky illahi permalink
    April 23, 2009 1:34 pm

    mhn izin pak kapolri yang terhormat…
    mhn bapak pertimbangkan lagi untuk penerimaan akpol sumber sarjana th 2009 ini disiplin ilmunya di tambah lagi pak, saya lulusan ekonomi manajemen sumber daya manusia pak dgn universitas yang terakreditasi.. tahun kemaren ada pak knapa tahun ini ngga ada pak.. mhn diralat lagi pak.. karena saya sangat ingin mendaftar akpol sumber sarjana tahun ini pak… terimakasih atas perhatiannya…

  49. defri roza permalink
    April 23, 2009 1:44 pm

    mas mau tanya ni….
    kabarnya penerimaan akpol tahun 2009 ini bisa dari sma lagi ya mas.
    tapi kalaupun itu memang benar bukan berarti dari S1 tidak bisakan mas.
    tolong di balas mas.

  50. deasy rosalia rachman permalink
    April 23, 2009 7:54 pm

    Slamat malam pak kapolri
    saya lulusan s1 pendidikan kepelatihan olahraga, saya ingin mendaftar menjadi seorang polwan karna itu cita-cita saya sejak kecil,. Bpak saya butuh informasi kapan pendaftaran buat perwira itu dibuka?. sebelumnya terimakasih bapak.

  51. deasy rosalia rachman permalink
    April 23, 2009 8:06 pm

    Bapak, saya mohon balasannya
    saya mau tanya pendaftaran akpol 2009 itu kapan mulai dibuka?

  52. tree permalink
    April 23, 2009 8:54 pm

    ass..saya sepakat dengan harapan saudara rizky..mhn ijin bapak kapolri,untuk penambahan jurusan yang dari s1.saya lulusan Ekonomi manajemen sdm,tahun kemarin saya bisa daftar tp hanya sampe test pantauan akhir daerah dan saya msh punya cita2 untuk menjadi taruna polri di tahun 2009 ini.Mhn sekali.wass bls

  53. Blue permalink
    April 24, 2009 3:15 pm

    Pak polisi YTH, saya mau tanya kalau S1 lulusan Sastra Inggris atau dgn gelar Spd skrg udh bs ikut mendaftar AKPOL ga? Udh ada quotanya buat S1 lulusan Sastra Inggris atau yg pny gelar Spd blm pak?
    Thanks.

  54. m. agung. subkhi permalink
    April 25, 2009 10:00 pm

    kalo lulusan sarjana pendidikan islam, kira2 bisa mendaftar ga ya?
    terimakasih

  55. Andy permalink
    April 30, 2009 6:11 pm

    nangis deh loh, pol kalo butuh da’i tinggal ngundang loh aja, yg tabah ya, profesional aj deh

  56. alfan permalink
    May 1, 2009 10:37 am

    salam kenal om…..
    do’akan saya ya agar saya berhasil lulus masuk AKADEMI KEPOLISIAN…

  57. taufik muhlis permalink
    May 1, 2009 7:28 pm

    aslm.
    mau tanya mas, kalau dari s1 jurusan transportasi,atau d3 pelayaran jurusan nautika bisa daptar akpol gak ya?
    trims,,

    @ taufik muhlis : tahun 2009 ini hanya dari hukum dan fisip

  58. dinda permalink
    May 2, 2009 3:25 pm

    Mas, saya lulusan S1 Teknik Informatika. saya Ingin sekali masuk akpol. berdasarkan persyaratan yg saya lihat jur TI tdk ada. Adanya ilmu komputer, apakah itu sama saja??? tinggi saya 160 cm (berdasarkan SIM) lalu berapa y berat ideal nya y??

    atas perhatiannya
    terima kasih

  59. rezi junialdi permalink
    May 8, 2009 10:39 am

    pak saya dari fmipa jurusan biologi,,,,,,,,,,,,apakah saya bisa masuk untuk akpol ini??????????????????

    @ rezi junialdi : untuk 2009 ini , hanya dari fakultas Hukum dan FISIP.

  60. May 13, 2009 9:53 am

    wah penerimaan polri (PPSS) 2009 untuk semua jurusan nih sepertinya coba anda lihat link ini http://www.polri.go.id/images/dat_penerimaan/20090426013338.jpg pasti jelas.
    thx regard,
    mandala

  61. radit permalink
    May 26, 2009 8:40 am

    Mohon informasi untuk penerimaan AKPOL dan PPSS 2009 apakah S1 teknik penerbangan bisa untuk bergabung mendaftar, mengingat melihat kebutuhan POLRI untuk S1 tek penerbangan belum masuk kuota tetapi di dalamnya ada ilmu (nautika & transportasi) terima kasih infonya

    @ radit : sesuai persyaratan demikian (yang ada ilmu nautika) untuk lebih lengkapnya silakan mennghubungi Polda setempat.

  62. Andry latansa permalink
    May 27, 2009 10:40 pm

    Assalamu’alaikum pak.
    Saya dengar tahun ini ada ppss menerima dr jurusan dokter hewan?
    Kebetulan saya baru lulus,yg mau saya tanyakan klo sudah diterima berapa lama pendidikan yang hrs dijalani?dan job descrpition buat seorang veterinary dlm dunia kepolisian apa? Saya sangat ingin mengabdi pd negara,mungkin dgn ini saya bisa mewujudkan cita2 saya..smoga Allah SWT memudahkan jalan saya..amin.
    Makasih pak.

    • June 1, 2013 8:02 am

      Hei, ak jg cdrh nih, dh mau lulus, klo menurutku drh diperlukan buat melatih dan menjaga kesehatan hewan2 yg digunakan utk mendukung kerja polri, seperti anjing pelacak.

  63. Nico permalink
    June 1, 2009 12:43 pm

    Izin bertanya pak,,,
    Saya mau menanyakan,apakah selama mengikuti tes Akpol itu benar2 Gratis,,?
    & apakah selama pendidikan di Akpol itu tidak di pungut biaya,,?
    Terimakasih pak,buat jawabannya,,
    Sukses selalu,,

  64. septian permalink
    June 2, 2009 12:56 am

    pendaftaran akpol brapa ya biyanya?? saya pengen bgd masuk akpol dan menjadi perwira polisi… untuk pendaftaran th 2009 kpn?? makasih

    @ septian : tidak dipungut biaya, tahun ini pendaftaran sampe tgl 6 juni, di polda setempat.

  65. niko permalink
    June 9, 2009 11:05 am

    Pak,saya maum ikut tes akpol,tapi gigi saya sudah 2 yang bolong,
    apkah itu sangat berpengaruh pada penilaian masuk akpol nanti,,?

    terimakasih buat jawabannya,,

    @ niko : lebih baik ditambal saja.

  66. fandi ahmad sul toni permalink
    June 27, 2009 8:01 pm

    salam
    em sy dr jurusan fkip/keguruan tp sy maskPLS/ kemasyarakatan stu jajr dngn sosiologi/psikologi apakah sy jg bs msk akpol, sy skrng ikut jd anggota componen negara yaitu resimen mahasiswa
    mhn dibls terima kasih

  67. riady permalink
    October 3, 2009 2:06 pm

    aku mau daptar kapn ada lagi q lulusan SMK katolik blitar taun 2009???bls GPL

  68. dicky permalink
    November 1, 2009 7:11 pm

    ass ….
    saya mau tanya kapan pendaftaran akpol 2010 terima kasih tolong di kasih tau lewat email qd_dicky@yahoo.com terima kasih

  69. galih permalink
    November 21, 2009 8:02 pm

    assalamu’alaikum wr. wb.
    numpang nanya,, kulo ini sarjana hukum islam (syari’ah) nek misalken masuk pengen jadi anggota polri lewat mana yeaaaaaa,, q bingung nich…!! ada formasinya nggk tuk tahun 2009/2010 nieeeeeeee,,, capek dechh!!! tlg d’jwb p.tany’n nie yeaaaa!! thnxz bgt pakkk, buuu, masss, mbkkk….
    wassalamu’alaikum. wr. wb.

  70. Verdhy permalink
    November 30, 2009 6:56 am

    Ass,sya mw tny ni pak. Kakak sya sngt brminat dftr polisi tp dy msh kuliah d jrusan k agamaan saat lu2s mngkin umurny sdh 25 thn,ap msh bs dftr? Trims

  71. aay permalink
    December 2, 2009 1:14 pm

    wah kalo lulusan sarjana ilmu komputer gimana pak/bu peluang nya buat daftar kepolisian…. ???
    apakah bagus or kurang bagus yah….???

  72. Helmi Afif permalink
    December 10, 2009 6:29 pm

    Ass… Mau Tanya Pak… Akpol Menerima Lu2San Sarjana Dari Jurusan Teknik Kimia Gak…? Karna Saya Ingin Sekali Ikut Akpol Dan Saya Adalah Lu2San Dr Teknik Kimia… Apakah Ada Penerimaan Untuk Jurusan Saya Itu?…
    Trimakasih Atas Informasinya…

  73. December 11, 2009 2:25 am

    Ijin..
    saya seorang PNS gol IIIa (bukan dari ikatan dinas), skrg sy kuliah S2 hukum n insyaAllah bs lulus sblm 30 thn, S1 n S2 tidak linier, bisa ndak ya daftar AKPOL?
    terimakasih.

  74. salwan permalink
    January 9, 2010 7:08 am

    wah kou dri thnik otomotif jd pa

  75. Chips permalink
    January 10, 2010 8:32 pm

    Assalamualaikum…
    izin bang mawu nx nih, untuk masuk Akpol kalau mengantongi gelar S2 berapa tahun pendidikanx..?
    thank’s..
    d blz ya..

  76. February 14, 2010 12:41 am

    salam sejahtera indonesia!
    maaf knpa polri plin-plan dalam mengdakan aturan pendaftaran untuk taruna? dulu harus S1 skrg SMA? apakah kami para S1 tiak boleh menjadi sseorang abdi negara!!!!!!ada apa dengan pola pikir kapolri????
    mohon di jawab nddddddddddddaaaaaaaaaaaaannnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  77. Surya perdana permalink
    February 16, 2010 8:36 pm

    maf pak saya sarjana hukum mau tanya tentang pendaftaran polisi pasca sarjana tahun 2010itu gmana dan apa saja persyaratanya ya pak…
    saya sagat berminat sekaliuntuk masuk pak

  78. brutal_soldier permalink
    February 20, 2010 12:54 am

    saya sarjana s1 ingin masuk secaba 2010.

    syarat2nya apa aja ya mas?

  79. lukman hakim permalink
    March 9, 2010 8:35 pm

    mas mau nanya maaf gigi graham saya bolong satu…pie mas bisa ga ya masuk polisi..tolong bi blz ya mas

  80. ilham permalink
    April 13, 2011 12:04 pm

    pak,sya kan bru lulus sma
    jd sy mau tanya
    kan tiap tahun untuk ppss atau sipss brubah2 dalam pilihan jurusan
    jd bagusnya untuk ikut tes polisi bgusnya fakultas apa yg kt masuki untuk bisa ikut tes polisi
    krn takutnya slah ambil jurusan nntinya
    mohon dibals lwat akun fb sy pak
    valegha tho endrekang
    thanks y abank2

  81. ichal permalink
    May 9, 2011 1:50 am

    pendaftaran akpol 2011 dibuka kapan,.,.?? tinggi saya 164,, apkah Bisa Masukk,,?? dan apakah bener kalo masuk akpol itu ada yang Bilang sampek 250juta?? teriama kasih,.,.

  82. jili permalink
    May 28, 2011 3:09 pm

    salam,,
    saya kuliah jurusan ekonomi manajemen,sy mw masuk akpol,bs gk yah?
    dan berapa syarat berat badan?trims

  83. xxx permalink
    June 8, 2011 10:29 pm

    asslm.wr.wb. mohon maaf sebelumnya.. saya mau tanya saya dari jurusan teknologi pendidikan berniat mau daftar.. yang saya mau tanyakan untuk kuota jurusan saya untuk saat ini kira – kira di butuhkan berapa orang yah mas ??? mohon maaf kalau menggangu… terima kasih mohon kerjasamanya…

  84. mr.P permalink
    June 24, 2012 1:32 pm

    ass…..

    mas tuk lulusan sarjana,jurusan pa ja yg d butuhkan………

  85. July 13, 2012 8:53 pm

    Om Thanx ya atas smua informasi’a….
    aku kn pnya 2 gigi yg berlubang, trus aku hmpir putus asa…
    trnyata bisa yah d tambal…??

  86. Tedi Firmansyah Prasetyo permalink
    July 26, 2012 10:39 am

    pa apakah sarjana bahasa indonesia bisa masuk bintara polri ?

  87. August 1, 2012 10:08 am

    Mas kalau dari s1 agroteknologi bisa ga masuk polisi militer?

  88. August 1, 2012 10:10 am

    Ini no. hp saya 082368871639,, mas tinggal sms aja, nanti saya hubungi.
    trima kasih sebelumnya.

  89. August 4, 2012 1:12 am

    selamat malam komandan ijin tanya , saya sekarang kuliah akuntansi perpajakan ditrisakti apakah akpol atau sipss bisa menerima jurusan saya tersebut ? mohon pencerahannya .

  90. andri permalink
    November 22, 2012 10:38 pm

    assalamualaikum ..
    saya kebetulan sedang kuliah di ilmu keperawatan S1. kalau dari ilmu keperawatan s1 masa depan nya gmana di perwira karir ?
    dari pekerjaan nya gmna ajah ? pendidikannya gmna ?
    mhon di bales buat info lbih lanjutnya lagi.
    ke email : nurmansyahandri@ymail.com
    terimakasih

  91. udi.edsa09@gmail.com permalink
    December 3, 2012 5:05 pm

    ap jurusan pendidikan bahasa inggris bisa masuk akpol?? mohon infox

  92. UDHI WAHYUDI permalink
    December 4, 2012 8:21 pm

    kalau lulsan S1 jurusan bahasa inggris bisa masuk akpol ngga?? mohon infox komandan

  93. dhimas kerenz permalink
    December 9, 2012 10:34 am

    salam komandan ijin tanya , saya s2 matematika,ipa,bahasa indonesia apa bsa masuk perwira akpol…

  94. December 11, 2012 1:36 pm

    selamat siang kk,,kk mau tanya: akpol untuk lulusan s1 dan s2 apakah masih berlaku??soalnya saya buka website tentang akpol: persyaratannya lulusan SMA dan brigadir.

  95. Halmar permalink
    December 28, 2012 2:07 pm

    kalau jurusan FKM ,KESEHATAN MASYARAKAT bisa gak daftar akpol / SIPSS

  96. amossembiring permalink
    January 23, 2013 10:19 pm

    mf,,,saya mau tanya,,,,s1 ilmu keperawatan bsa tdk jdi akpol,,,? mhn informasi ya..mksh

  97. May 10, 2013 12:23 am

    Maaf saya mau tanya… saya kan sdang kuliah dan ngambil jurusan Olah Raga…. apa bisa saya ikut tes polisi kalau sdh lulus nanti…??, yg saya dengar” lulusan Olah Raga gk bisa mas…

  98. Dafi permalink
    May 10, 2013 11:19 am

    Selamat Pagi….saya lulusan dari Madasah Aliyah swasta, dengan lulusan Jurusan “keagamaan” ,maaf pak saya mau tanya untuk pendaftran Akpol, bisa ngak kita ikut pendaftaran Akpol 2013 ? mohon solusinya. thank so much.

  99. Hery Prasetyo, M.Pd permalink
    May 30, 2013 8:57 pm

    Selamat malam Komandan. mohon petunjuk, saya Hery Prasetyo Putera dari Peltu Jumanan saya mengalamai kesulitan. izin bertanya jika saya mau mendaftar jadi polisi dengan lulusan S.2 kapan di buka pendaftarannya? Terimakasih sebelumnya. di tunggu jawabanya. Selamat Malam Komandan.

  100. June 1, 2013 6:05 pm

    umur maksimal untuk sarjana s1 berapa ?

  101. Charles manupassa permalink
    June 9, 2013 6:10 pm

    Selamat malam saya Charles ijin tanya Pak,
    saya masih kuliah semester akhir jurusan Ekonomi Manajement apakah jurusan saya ini masih di butuhkan di Kepolisian serta untuk mengikuti mengikuti seleksi di PPSS di tahun 2014 ?
    Atas Informasi nya saya ucapkan Trima Kasih.

  102. adhyt permalink
    June 15, 2013 7:07 pm

    Salam sejahtera komandan, saya nupang tanya apaka bisa jurusan akuntansi konsentrasi perpajakan bisa daftar akpo ???
    moon penjelasannya, makasih.

  103. eskahindra@gmail.com permalink
    September 1, 2013 6:52 pm

    Ass.,
    saya mau tanya kalaw dari D3 keperawatan biasa gax masuk akpol,
    dan ada gax polisi kesehatan,+akademi nya dimana .,
    terimakasih.,.,
    WSs.,

  104. syamsurizal permalink
    September 19, 2013 10:40 am

    untuk S1 jurusan arsitektur
    apa dibutuhkan dikepolisian ?
    trus PPSS masih ada gak?
    tolong dibalas yah. terima kasih sebelumnya.

  105. Rama Glantiga permalink
    November 26, 2013 7:30 am

    Saya gagal tes akpol, kemudian saya mencoba untuk mendaftar nanti di sipss dengan jurusan yang saya pilih yaitu kedokteran hewan.. namun saat saya melihat persyaratan th 2013, saya tidak melihat s1 kedokteran hewan , tercantum sebagai perayaratan… apakah cita2 saya harus berakhir? Sekarang sy smtr 5,,,, dan keinginan saya untuk masum polisi sangatlah besar…. :(

  106. m.khoiri permalink
    November 27, 2013 2:23 am

    assmlkm…pak sy mw tnya

    klau lulusan s1 ppkn bsa g…bsc ilmu pnddkan dn kguruan.

    terus ijzh smp sy yg asli hlang…tu bgimna pak…sy sdh urus tpi dr dnas pnddkn hnya mmbrikn srat kterangan saja…trmksh

  107. December 19, 2013 5:42 pm

    mohon ijin komandan.. kapan ada lagi recruitment dari sarjana untuk akpol?? kenapa harus kembali recruitment SMA/SLTA padahalkan di negri kita ini kejahatan semakin berkembang, masa penjahat nya sudah s1 s2, perwira polisinya lulusan SMA?? mestinya kebijakan itu harus kembali ke sarjana, saya sangat mendukung apabila akpol akan recruitment sarjana ketimbang SMA/SLTA. terimakasih…

  108. January 10, 2014 8:04 pm

    Salamat Malam Komandan (Admin)
    saya mau bertanya apakah lulusan Fakultas FISIPOL USU jurusan Ilmu kesejahteraan sosial dapat mendaftar menjadi Siswa perwira prajurit karir?
    mohon penjelasan ndan,,,,

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

